Back to Pressroom
27 Oct 2022

Tingkatkan Kualitas SDM Lokal, BCA Hadirkan Pelatihan Train the Trainer Outbound Wirawisata Goa Pindul

Yogyakarta, 27 Oktober 2022 – Fokus untuk memperkuat komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat dan juga mendukung bangkitnya pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta era new normal, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan program Pelatihan Train the Trainer Outbound Wirawisata Goa Pindul beberapa waktu lalu di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Program Pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Komunitas Wirawisata Ari Purnawan, Trainer PRIMASI Yayu Rahayu, dan melibatkan 16 pemandu outbound Wirawisata. Program ini dilaksanakan guna menjawab tantangan saat ini yaitu peningkatan keterampilan, kreativitas dan kapasitas pemandu dalam menyelenggarakan aktivitas outbound secara professional bagi wisatawan. Selain itu, para pemandu juga dibekali dengan keahlian agar dapat menggunakan sumber daya di sekitar lokasi dengan sebaik-baiknya dalam menciptakan permainan outbound.

“Pelatihan ini bertujuan agar seluruh peserta dapat memahami prinsip-prinsip dalam mengelola wisata Goa Pindul, memberikan nilai tambah bagi destinasi wisata Goa Pindul, serta meningkatkan kualitas setiap pemandu dalam menciptakan suasana outbound yang menarik dan menyenangkan,” ujar Vice President CSR BCA Ira Bachtar.

Sejalan dengan program Corporate Social Resposibility (CSR) Bakti BCA, perseroan terus membina dan mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) desa dan komunitas binaan dengan melaksanakan beragam pelatihan dan pendampingan. BCA menggandeng PRIMASI untuk membantu membekali peserta agar dapat memahami konsep dasar yang benar tentang aktivitas outbound dan unsur penting di dalamnya serta menanamkan  nilai-nilai kerjasama team dan komunikasi.

Hingga saat ini, BCA memiliki 15 desa wisata binaan Bakti BCA yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, BCA telah 10 tahun berkomitmen mendampingi Wirawisata Goa Pindul. Hal ini menjadi wujud komitmen BCA dalam memberikan pendampingan dalam keberlangsungan ekosistem wirawisata di Indonesia.

“Kedepannya, BCA akan terus memperkuat komitmennya dalam membina dan mengembangkan kapasitas SDM Desa dan juga Komunitas Binaan dengan melaksanakan berbagai pelatihan dan pendampingan. Sehingga pariwisata Indonesia dapat maju dan berkembang walaupun di tengah kondisi pasca Pandemi dan proses peralihan new normal. Berbagai program inisiatif akan selalu dihadirkan oleh BCA sebagai perwujudan dari pilar-pilar Environtmental, Social & Governance (ESG) untuk memacu realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” tutup Ira.

BCA Hadirkan Pelatihan Bagi Pemandu Outbond Wirawisata Goa Pindul Berfokus untuk memperkuat komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat dan juga mendukung bangkitnya pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta era new normal, BCA menyelenggarakan program Pelatihan Train the Trainer Outbound Wirawisata Goa Pindul Yogyakarta. BCA mengandeng PRIMASI sebagai trainer acara tersebut dan juga menghadirkan komunitas wirawisata untuk mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen BCA untuk membina dan mengembangkan kapasitas SDM dan juga komunitas binaan.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2022, BCA melayani lebih dari 33 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 64 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.161 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA