Back to Pressroom
15 Jan 2019

BCA Kerjasama dengan PDAM Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya Hadirkan Kemudahan Pembayaran Tagihan

Jakarta, 15 Januari 2019 – Tumbuh menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus bergerak ke berbagai segmen dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabahnya. Hal ini kembali diimplementasikan BCA dengan memberikan Solusi Cash Management kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya berupa kemudahan pembayaran tagihan air bagi masyarakat melalui ATM BCA.

Hadir dalam seremoni peluncuran kerja sama tersebut, Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Kota Pontianak Hartoyo bersama Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Lajito, Direktur Administrasi & Keuangan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Masitah, Direktur PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya Agung Pandriyo Harwan Munardi, Wakil Walikota Pontianak Bahasan, Bupati Kabupaten Kubu Raya Rusman dan segenap dewan pengawas PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak, Selasa (15/01).

Hartoyo menyampaikan, menyadari bahwa air merupakan kebutuhan sehari-hari yang tak bisa dielakkan dari kehidupan masyarakat, maka sudah selayaknya kami sebagai institusi perbankan memberikan opsi kemudahan dalam hal pembayaran yang tentunya diiringi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan. “Terlebih, menyadari peran digitalisasi yang belakangan sudah meluas ke berbagai bidang dan kalangan, memotivasi kami untuk menjaring dan mengakomodir kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan memberikan fasilitas pembayaran tagihan air melalui e-channel BCA,” tambah Hartoyo.

Kerjasama antara BCA, PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya yang terbentuk merupakan kerjasama penerimaan pembayaran iuran PDAM melalui e-channel BCA yang dilakukan secara bertahap dimana untuk tahap awal telah diimplementasikan pada e-channel ATM BCA. Di ATM, nasabah BCA cukup memilih menu Transaksi Lainnya, pilih Pembayaran, pilih PAM, memasukkan Kode PAM, memasukkan Nomor Bayar, Konfirmasi pembayaran, dan transaksi berhasil.

Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat ini merupakan salah satu kota yang menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Pontianak memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan bisnis baru. “Perkembangan Kota Pontianak sebagai salah satu kota maju di Indonesia ini mendorong BCA untuk turut memandirikan masyarakatnya dalam hal pembayaran, salah satunya pembayaran tagihan air ini. Walaupun berjalan tahap demi tahap, masyarakat Pontianak kini tidak perlu datang ke kantor PDAM untuk membayar tagihan dengan uang tunai, cukup datang ke ATM terdekat, warga Pontianak sudah dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara periodik,” tambah Hartoyo.

Selain bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pelanggan membayar rekening air, kerjasama ini juga diharapkan dapat melanjutkan kontribusi BCA kepada Pemerintah terkait dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). “Kerjasama BCA dan PDAM ini juga merupakan upaya BCA dalam mendorong dan mengarahkan masyarakat untuk menggunakan non-tunai dalam bertransaksi. Upaya ini sejalan dengan program GNNT yang diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI). Untuk jangka panjang, kami berharap, masyarakat Pontianak dapat tersosialisasi dengan baik mengenai kemudahan pembayaran ini, sehingga efisiensi dan efektifitas pembayaran dapat terwujud,” tutup Hartoyo.

  

Kerjasama BCA dan PDAM Kota Pontianak - (kiri-kanan) Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Kota Pontianak Hartoyo bersama Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Lajito dan Direktur Administrasi & Keuangan PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Masitah usai acara Launching Pembayaran Tagihan Air Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya dengan Menggunakan ATM BCA di Pontianak, Selasa (15/01). Kerjasama antara BCA, PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak dan PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya yang terbentuk merupakan kerjasama penerimaan pembayaran iuran PDAM melalui e-channel BCA yang dilakukan secara bertahap dimana untuk tahap awal telah diimplementasikan pada e-channel ATM BCA

 

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2018)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2018, BCA melayani hampir 18,5 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.243 kantor cabang, 17.440 ATM dan lebih dari 500.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi

Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

      BCA Grand Indonesia Lt. 20

      Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA