12 Jul 2024 | Edukatips

Solusi Pengiriman SMS Verifikasi

Di era digital sekarang ini, SMS verifikasi atau One Time Password (OTP) merupakan salah satu metode keamanan yang digunakan untuk melakukan verifikasi identitas pengguna. Khususnya, saat menggunakan aplikasi perbankan untuk transaksi, SMS verifikasi seringkali menjadi langkah awal untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah dari akun tersebut.

Namun, tidak jarang banyak orang yang mengalami kendala ketika SMS verifikasi tidak diterima. Hal ini bisa menjadi kendala, terutama ketika kita ingin segera menyelesaikan suatu transaksi atau masuk ke akun mobile banking. Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam, mulai dari masalah teknis hingga faktor-faktor lainnya.

Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah nomor telepon yang digunakan mungkin terblokir atau perlu dilakukan penyesuaian dengan pengaturan akun Anda. Lakukan pengecekan pada pengaturan SMS Premium dan pastikan untuk aktifkan pengaturan penerimaan SMS premium pada perangkat. Berikut ini caranya:

Cara Pengaturan SMS Premium (Android)

  1. Buka Settings
  2. Search premium
  3. Pilih Premium SMS Access
  4. Klik Message, pilih Allow all time

Ada penyebab umum lainnya ketika terjadi kendala SMS verifikasi. Berikut ini solusinya:

  1. Pulsa Tidak Cukup: Pastikan pulsa Anda mencukupi atau paket operator bisa menerima SMS premium.
  2. Jaringan Bermasalah: Periksa koneksi jaringan provider Anda. Sinyal yang lemah atau tidak stabil dapat menghambat pengiriman SMS.
  3. Pemblokiran SMS Premium: Pastikan Anda tidak memblokir nomor pengirim SMS verifikasi.
  4. Kartu SIM Tidak Aktif: Periksa masa aktif kartu SIM Anda. Masa aktif yang habis dapat menghambat penerimaan SMS.
  5. Pengubahan Konten SMS: Hindari mengubah isi SMS verifikasi.
  6. Keterlambatan Memasukkan OTP: Segera masukkan OTP yang Anda terima. Kadaluarsa waktu dapat menyebabkan OTP tidak valid.

Jika mengalami kendala SMS verifikasi, cek terlebih dahulu permasalahan yang dialami. Jika sudah melakukan berbagai cara namun tidak menemukan solusi, hubungi Halo BCA 1500888 atau via aplikasi haloBCA.

Nah, informasi di myBCA makin lengkap aja kan? Makanya, yuk buruan download myBCA di smartphone kamu.