Back to Pressroom
11 Mar 2022

Strategi Inovatif BCA untuk Dorong Penyaluran KPR

Jakarta, 11 Maret 2022 – Momentum perayaan HUT PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) ke-65 tahun menjadi peluang yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang sedang mencari hunian impian. Mengusung konsep hybrid, BCA kembali menggelar BCA Expoversary yang digelar secara online dan offline. Salah satu program menarik yang ditawarkan BCA adalah bunga spesial Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Pada perhelatan BCA Expoversary tahun ini, BCA menawarkan berbagai macam suku bunga spesial dengan jangka waktu yang bervariasi, termasuk bunga KPR terendah sepanjang masa sebesar 2,65% eff.p.a fix 1 tahun. Penawaran suku bunga dan jangka waktu beragam tersebut menjadi terobosan BCA untuk mengakomodasi berbagai macam kebutuhan nasabah berdasarkan segmennya masing-masing. 

“Dengan melakukan terobosan itu di 2021, kita melihat ini strategi yang sesuai dengan keinginan pasar, karena masing-masing segmen itu jadi bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan mereka. Misalnya, untuk generasi milenial akan lebih memilih yang jangka waktunya lebih panjang. Penawaran seperti itu kita lanjutkan di BCA Expoversary tahun ini, sehingga semuanya bisa terakomodir lewat acara ulang tahun BCA,” ucap Felicia M. Simon selaku EVP Consumer Loan BCA. 

Selain terobosan dari sisi pricing, BCA juga memberikan kemudahan bagi nasabah dengan menyediakan pencarian informasi secara digital hingga pengajuan melalui e-form yang tersedia di website. Alhasil, perjalanan seorang nasabah dari berniat membeli rumah, mengajukan KPR, hingga selesai pengajuan KPR, seluruhnya dapat dikonversi menjadi digital. 

“Sebagai contoh, informasi terkait pencarian rumah sudah disiapkan melalui BCA Expoversary Online, dengan adanya 300-an developer hingga 800-an rumah second yang siap huni dari kantor property agent. Kemudian apa saja syarat pengajuan KPR juga sudah tersedia di rumahsaya.bca.co.id. Kita juga sudah siapkan simulasi KPR-nya di situs yang sama. Terakhir, kita permudah lagi proses pengajuan aplikasinya secara elektronik melalui e-form. Setelah aplikasi di-submit, kita juga telah menyediakan tracking-nya, sehingga nasabah bisa mengetahui sampai mana proses aplikasi KPR-nya,” jelas Felicia. 

Adanya digitalisasi juga menjadi nilai tambah di tengah pengajuan KPR dalam masa pandemi, misalnya untuk proses screening di tahap awal pengajuan KPR. BCA melakukan pengecekan terhadap nasabah melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan/SLIK (dulu bernama BI Checking) yang sudah terhubung dengan sistem BCA. Pada proses tersebut, sistem akan melakukan pengecekan secara otomatis dan profil nasabah akan terlihat. 

Meski demikian, proses pengecekan otomatis tersebut bukan menjadi satu-satunya faktor untuk menentukan kesuksesan pengajuan KPR. BCA tetap melakukan analisis secara manual, sehingga meskipun sistem menolak sebuah aplikasi KPR, tim BCA masih dapat melakukan pengecekan lebih detail sebelum membuat keputusan. 

“Selain inovasi tersebut, BCA juga akan menghadirkan inovasi digital terbaru bagi nasabah yang akan diluncurkan pada sekitar semester I/2022. Nantikan informasi selanjutnya dari kami. Stay tune!”, tambah Felicia. 

Tidak hanya menyampaikan strategi inovatif BCA, Felicia M. Simon juga memberikan sejumlah tips bagi milenial untuk memilih hunian impian maupun rumah pertama, antara lain:

  1. Pilihlah lokasi hunian yang seusai dengan kebutuhan, misalnya dekat ke kantor atau dekat ke orang tua;
  2. Jika membeli rumah lewat developer, pastikan memilih developer yang memiliki kredibilitas baik. Perlu diperhatikan komitmen developer terkait jangka waktu pengerjaan dan pembangunan rumah, apakah selama ini dipenuhi atau tidak;
  3. Pastikan komitmen developer untuk pengurusan sertifikat kepemilikan;
  4. Desain rumah yang baik untuk kesehatan dapat menjadi pilihan yang bagus, misalnya sirkulasi udara yang baik, ruang terbuka yang cukup, hingga lokasi yang dekat dengan sarana kesehatan;
  5. Jika ada niat untuk berinvestasi, dapat memilih hunian yang memiliki potensi kenaikan harga di masa depan, misalnya di lokasi yang strategis atau memiliki lingkungan yang baik dan kondusif. 

“BCA mengundang seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia yang sedang mencari hunian untuk memanfaatkan kesempatan emas di BCA Expoversary ini. Kami optimis tahun ini merupakan kesempatan yang baik bagi kita semua khususnya dalam sektor properti, terlebih kami menghadirkan suku bunga terendah sepanjang sejarah. Semoga dengan perhelatan ini juga dapat mendorong pemulihan ekonomi khususnya bagi sektor properti yang terus merangkak naik,” tutup Felicia.

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2021)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2021, BCA melayani 29 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 48 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.034 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8339

E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA