Back to Pressroom
11 Mar 2017

HUT BCA Ke-60 #MenjadiLebihBaik: BCA Gelar Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta

Yogyakarta, 11 Maret 2017 - Memasuki usia ke-60 tahun, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen #MenjadiLebihBaik tidak hanya dalam memberikan layanan dan solusi perbankan saja, tetapi juga dalam meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia. Kali ini, BCA mewujudnyatakannya dengan menggelar Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta.

Hadir untuk membuka Seminar 60 Desa Wisata, General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, Kepala BCA KCU Yogyakarta Saswito Tjoe, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Setyawan, dan Dewan Pembina Yayasan Desa Wisata Nusantara Bakri di The Sahid Rich Jogja Hotel, Yogyakarta, Sabtu (11/03). Seminar 60 Desa Wisata ini terdiri atas tiga sesi yakni sesi Penerapan Layanan Prima di Desa Binaan BCA, sesi Pemasaran Era Digital oleh Vice President Marketing Communication BCA Duardi Prihandiko, dan sesi Inspiring Story Kreativitas Layanan Wisata oleh Founder Floating Market Perry Tristianto.

“Memasuki HUT BCA ke-60, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta ini merupakan wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat daerah dan pesisir Yogyakarta dengan berupaya menumbuhkembangkan potensi pariwisata yang ada berdasar kepada prinsip geopariwisata yakni pelestarian alam dan pemanfaatan bagi masyarakat,” ujar Inge.

Sebagaimana diketahui, Yogyakarta masih menjadi magnet tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada tahun 2017 ini, Dinas Pariwisata DIY menargetkan 400.000 kunjungan wisatawan mancanegara, meningkat dari target tahun sebelumnya sebanyak 360.000 kunjungan. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik Indonesia, jumlah kunjungan wisata mancanegara regular yang melalui Pintu Masuk Bandara Udara Adi Sucipto, Yogyakarta periode Januari - November 2016 mencapai 101 ribu kunjungan, mengalami kenaikan sebesar 41,77 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 71 ribu kunjungan. Kayanya potensi pariwisata di Yogyakarta membuat BCA tergerak untuk aktif melakukan pendampingan dan pelatihan di beberapa desa wisata, diantaranya Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Wayang Wukirsari, dan Desa Wisata Pentingsari.

“Seminar 60 Desa Wisata ini diharapkan mampu berkontribusi memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal, memberikan ide varian baru dalam atraksi wisata, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pembangunan di tingkat desa yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah. Seminar ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas pelayanan yang unggul kepada wisatawan,” tambah  Inge.

Melalui Seminar 60 Desa Wisata ini, BCA menggelar tiga talkshow dengan tiga fokus yang berbeda, yakni membekali standar layanan prima, memberikan edukasi seputar perkembangan pemasaran di era digital, dan menggali kreativitas penduduk lokal desa wisata dalam pengelolaan objek wisata di Yogyakarta. Seminar ini menghadirkan CEO Perisai Wisata Utama Perry Tristianto yang terbilang sukses mengembangkan beberapa destinasi wisata di Bandung, diantaranya Floating Market Lembang, Rumah Sosis, De’Ranch, dan Tahu Susu Lembang. Diharapkan ketiga talkshow tersebut dapat menginspirasi penduduk lokal di 60 Desa Wisata di Yogyakarta dalam memberikan layanan prima yang berdampak positif bagi kepuasan wisatawan dan peningkatan perekonomian desa wisata.

“Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta ini merupakan bagian dari program Solusi Bisnis Unggul yang berada di bawah naungan program Bakti BCA. Seminar ini merupakan bentuk komitmen BCA sebagai institusi keuangan pilihan utama andalan masyarakat untuk turut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta dan mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia. Diharapkan pelatihan ini dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam upayanya mengembangkan sektor pariwisata yang berkualitas, ramah lingkungan serta senantiasa menjaga kelestarian budaya sebagai ikon pariwisata Indonesia,” tutup Inge.

BCA Selenggarakan Seminar 60 Desa Wisata – General Manager CSR PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Inge Setiawati (keempat kiri) bersama Kepala BCA KCU Yogyakarta Saswito Tjoe (ketiga kiri) menyerahkan apresiasi kepada Dewan Pembina Yayasan Desa Wisata Nusantara Bakri (keempat kanan) di sela penyelenggaraan Seminar 60 Desa Wisata di The Sahid Rich Jogja Hotel, Yogyakarta, Sabtu (11/03). Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta diselenggarakan BCA dalam rangka menumbuhkembangkan potensi pariwisata berdasar kepada prinsip geopariwisata yakni pelestarian alam dan pemanfaatan bagi masyarakat.

General Manager CSR BCA Inge Setiawati (kanan) bersama dengan Kepala BCA KCU Yogyakarta Saswito Tjoe (kiri) menyerahkan tanda mata kepada Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Setyawan (tengah) di sela penyelenggaraan Seminar 60 Desa Wisata, Sabtu (11/03). Seminar 60 Desa Wisata di Yogyakarta ini terdiri atas tiga sesi yakni sesi Penerapan Layanan Prima di Desa Binaan BCA, sesi Pemasaran Era Digital oleh Vice President Marketing Communication BCA Duardi Prihandiko, dan sesi Inspiring Story Kreativitas Layanan Wisata oleh Founder Floating Market Perry Tristianto. 

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2016)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 15 juta rekening nasabah melalui 1.204 cabang, 17.057 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1

Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20

Jakarta Pusat

Telepon : (021) 2358-8000

Fax : (021) 2358-8300

E-mail : humas@bca.co.id

Related Activities

Hubungi Biro Humas BCA