19 Oct 2023 | News & Feature

Kebijakan BI: Menatap ujung laras senjata

  • BI mengejutkan para analis dengan menaikkan BI7DRR, setelah jeda selama delapan bulan, menjadi 6.00% meskipun suku bunga kebijakan riil yang sudah tinggi, sebagai respons terhadap tekanan baru terhadap Rupiah.
  • Kondisi ekonomi global telah berubah secara signifikan dengan kembalinya gangguan suplai, konflik adu kekuatan, dan ekspansi fiskal, yang mengarah pada “perekonomian bertekanan tinggi” yang ditandai dengan pertumbuhan yang kuat dan lapangan kerja yang dikombinasikan dengan inflasi yang lebih tinggi.
  • Walaupun kegiatan perekonomian telah melemah pada pertengahan tahun, sekarang sudah mulai meningkat kembali. Disebabkan oleh "new economy", bukan hanya tingkat suku bunga yang tinggi dalam waktu lama – namun juga pertumbuhan dapat bertahan lebih baik meskipun terdapat tingkat suku bunga yang lebih tinggi.
  • Keputusan BI untuk menaikkan suku bunga ditujukan untuk menstabilkan nilai tukar Rupiah dan mencegah para "bonds viligante", namun hal ini mungkin menandai dimulainya siklus kenaikan suku bunga baru, yang bergantung pada dinamika pasar global.
  • Meskipun kenaikan suku bunga dapat menekan permintaan dan menstabilkan Rupiah dalam jangka pendek, hal ini bukan tanpa konsekuensi, dan arah suku bunga BI akan sangat bergantung dengan perkembangan pasar global, sehingga BI pun akan meninjau situasi secara bulan-ke-bulan. Selain itu, BI juga memperkenalkan instrumen mata uang asing baru untuk menambah cadangan devisa, yaitu Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI).