Kembali ke Pressroom
03 Jan 2025

Terdepan di Inovasi Digital Perbankan, BCA Sabet 15 Penghargaan di TKMPN 2024

Jakarta, 1 Januari 2025 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih 15 penghargaan pada kompetisi Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVIII 2024 di Nusa Dua Convention Center, Bali. Ke-15 penghargaan tersebut diperoleh dari keikutsertaan 9 tim di Divisi e-Channel & Settlement Services (CSV) BCA. Torehan positif itu mencerminkan komitmen BCA dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan berkelanjutan, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada nasabah.

EVP e-Channel & Settlement Services BCA Reni Septiana mengatakan, "Kami sangat bangga BCA kembali meraih pencapaian luar biasa di bidang inovasi teknologi, khususnya layanan perbankan. Perolehan 15 penghargaan ini adalah wujud nyata komitmen perseroan yang senantiasa menghadirkan inovasi dalam peningkatan produktivitas dan kualitas pelayanan kami kepada nasabah.”

TKMPN XXVIII 2024 yang diselenggarakan pada 2-6 Desember 2024, merupakan wadah bagi perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk memamerkan inovasi serta pencapaian terbaiknya. Mengusung tema Mewujudkan Generasi Emas melalui Green Innovation dan Productivity, ajang ini diikuti 2.300 peserta dari 227 perusahaan dan berfokus pada penilaian terhadap inovasi, produktivitas, dan kualitas layanan.

Khusus sektor perbankan, penilaian dilakukan menyeluruh pada layanan konvensional maupun digital. BCA membawa pulang 15 penghargaan dari kompetisi tersebut setelah melewati berbagai tahapan dan penilaian dari para juri ahli. Ke-15 penghargaan tersebut yakni:

  1. Top 3 Diamond (penghargaan spesial untuk perusahaan dengan inovasi terbaik) - Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah atas inovasi REDANA (layanan pembukaan rekening)
  2. Excellent Productivity - CSV Cash Ecosystem Transformation for Sustainable Development Goals
  3. Excellent Innovation - CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  4. Excellent Hi-Tech Application - CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  5. Best Presentation - CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  6. Diamond - Mengurangi Kegagalan Transaksi BI-FAST, Mempercepat Proses Rekonsiliasi dan Penanganan Keluhan atas inovasi PSR, Auto-reverse, OSRA, dan RPA
  7. Platinum - Optimalisasi Manajemen Aset Mesin ATM atas inovasi Sistem OASE (One ATM Solution Ecosystem)
  8. Diamond - Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah atas inovasi REDANA
  9. Best Performance - Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah dengan REDANA atas inovasi REDANA
  10. Diamond - Strategi Proaktif Penyelesaian Transaksi Abnormal atas inovasi Machine Learning & Transformation Process
  11. Most Favorite - Strategi Proaktif Penyelesaian Transaksi Abnormal dengan Machine Learning dan Transformasi Proses atas inovasi Machine Learning & Transformation Process
  12. Diamond - Transformasi Proses End-to-End EDC atas inovasi Integrated System Environment
  13. Diamond - Efisiensi dan Optimalisasi Layanan Pengisian Uang di ATM atas inovasi InCash
  14. Diamond - Transformasi Penyediaan Kartu Debit Instan atas inovasi Magnifico System
  15. Platinum - Mempercepat Proses Transaksi Bulk Transfer Offline atas inovasi Robotic Smart OCR

Deretan Inovasi BCA Berbuah Penghargaan

Deretan inovasi BCA membantu meningkatkan kualitas operasional dan layanan lebih efisien sesuai kebutuhan nasabah. Salah satunya, inovasi Payment Status Request (PSR), Auto-Reverse, One Stop Reconciliation App (OSRA), dan Robotic Process Automation (RPA) yang membantu meminimalkan kegagalan transaksi BI-FAST, mempercepat proses rekonsiliasi, serta mengatasi keluhan nasabah. BCA juga menghadirkan inovasi Magnifico System (Machine Learning & Unified Card Personalization System) yang memungkinkan penyediaan kartu debit secara efisien. Terdapat juga inovasi REDANA yang mempermudah layanan pembukaan rekening bagi nasabah.

Baru-baru ini, BCA juga meraih 4 medali emas di kompetisi International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) 2024 yang digelar di Kolombo, Sri Lanka. Pada Oktober 2024 lalu, BCA juga mendapatkan penghargaan Top 3 Global Future Workforce di Qorus-Infosys Finacle Banking Innovation Award 2024, Portugal. BCA juga menjadi pemenang utama AI Driven Bot Competition 2024 berkat inovasi GestureCam yang memudahkan penyandang disabilitas berinteraksi dengan robot. Selain inovasi tersebut, BCA mendapat penghargaan Galaxy atau anugerah tertinggi atas strategi dan inovasinya mengembangkan SDM handal secara berkelanjutan pada ajang Innovation Management Award (IMA), Oktober lalu.

“Penghargaan yang diterima BCA mengukuhkan komitmen perseroan untuk senantiasa berinovasi dalam memberikan solusi terbaik bagi nasabah. Kami percaya, inovasi yang berkelanjutan adalah kunci untuk memperkuat kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan nasabah kami. Ke depannya, BCA akan senantiasa beradaptasi dengan kebutuhan nasabah serta perkembangan teknologi guna memberikan nilai tambah yang optimal,” tutup Reni.

Keterangan Foto 1 & 2:

Senantiasa Hadirkan Inovasi Perbankan, BCA Raih 15 Penghargaan di TKMPN 2024 - EVP e-Channel & Settlement Services BCA Reni Septiana (tengah, berdiri memegang piala) bersama segenap VP BCA dan tim meraih 15 penghargaan pada kompetisi Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVIII 2024 di Bali, awal Desember 2024. BCA meraih belasan penghargaan spesial atas berbagai inovasinya di sektor perbankan, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan terhadap nasabah.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir September 2024, BCA melayani lebih dari 40 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 97 juta transaksi setiap hari, didukung 1.257 kantor cabang, 19.439 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA