Jakarta, 15 November 2024 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) diwakili tim e-Channel & Settlement Services - Operational & System Support menyabet juara 1 di kompetisi AI Driven Bot Competition 2024. Dalam kompetisi tingkat nasional itu, tim BCA menampilkan inovasi GestureCam. Teknologi tersebut mengimplementasikan kecerdasan buatan (AI) berbasis face dan gesture recognition di Robot Pintar Indonesia (ROPI), sehingga dapat mempermudah penyandang disabilitas berinteraksi dengan robot.
Tim Operational & System Support dari BCA beranggotakan lima orang dari divisi e-Channel & Settlement Services (CSV). Dalam kompetisi, tim ini berhasil melewati semua tahap mulai dari screening, uji coba daring dan luring, implementasi, dan presentasi. Inovasi tim tersebut menjadi yang terbaik berdasarkan penilaian dewan juri karena dianggap mampu mengatasi tantangan teknis secara efektif, serta menunjukkan kemampuan dalam hal pemrograman, mengatasi kesalahan (troubleshooting), dan memberikan solusi bisnis inovatif.
EVP e-Channel & Settlement Services BCA Reni Septiana mengatakan, "Kami sangat gembira dan bangga atas pencapaian tim Operational & System Support BCA dalam AI Driven Bot Competition 2024. Kemenangan ini menjadi bukti dedikasi, kerja keras, dan kreativitas tim dalam menghadirkan inovasi untuk meningkatkan layanan pelanggan. Solusi yang dikembangkan Tim Operational & System Support BCA kami harap ke depannya bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, khususnya penyandang disabilitas untuk menggunakan teknologi robot dalam mengakses berbagai layanan keuangan dan produk BCA."
GestureCam adalah inovasi yang memanfaatkan AI untuk mendeteksi bahasa isyarat melalui kamera. Dilengkapi kemampuan pengenalan gerakan dan wajah, GestureCam dapat menerjemahkan gestur tangan menjadi perintah yang dipahami robot dan mengidentifikasi profil pengguna seperti gender, umur, dan ekspresinya.
Informasi tersebut digunakan untuk menyesuaikan interaksi robot berdasarkan demografi pengguna, demi memberikan pengalaman yang lebih personal. Fitur-fitur tersebut diharap mempermudah penyandang disabilitas berinteraksi dengan robot. GestureCam membuka peluang baru dalam berbagai aplikasi, mulai dari pendidikan hingga layanan pelanggan.
AI Driven Bot Competition 2024 merupakan perlombaan implementasi AI ke dalam robot pintar yang disediakan Indonesia AI Society (IAIS) dan PT Sari Teknologi Global. Dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan AI and Robotic Innovation Expo 2024, lomba ini diikuti tim peserta dari berbagai perusahaan dan juga perguruan tinggi terkemuka.
Kompetisi ini berfokus pada pengembangan AI dan teknologi di robot untuk menunjang pengembangan bisnis. Kompetisi tersebut berlangsung sepanjang Oktober 2024.
Keikutsertaan BCA dalam kompetisi ini merupakan bukti dari komitmen perseroan untuk terus berinovasi dan mengembangkan kapasitas internal. Selama ini, BCA telah mengimplementasikan automasi ke dalam beberapa produk seperti peningkatan mesin EDC berbasis Android atau APOS melalui implementasi RIA (Robot Inject APOS). Inovasi tersebut baru saja mendapatkan penghargaan Top 3 Global Future Workforce di Qorus-Infosys Finacle Banking Innovation Award 2024, Portugal, akhir Oktober lalu.
BCA juga telah melakukan automasi top up kartu Flazz melalui mesin TOPAZ (Mesin Top Up Flazz), dan Universal UPS Monitoring yang dapat memberikan informasi kondisi UPS secara real-time. Semua inovasi tersebut hadir untuk menjawab kebutuhan operasional yang kian kompleks, dan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah.
“Ke depannya, kami berharap dapat terus menyajikan solusi yang membawa manfaat berkelanjutan bagi nasabah dan memperkuat keunggulan layanan perseroan dengan inovasi-inovasi yang lahir dari insan BCA,” tutup Reni.
Keterangan Foto 1:
Hadirkan Teknologi Solutif Bagi Disabilitas, BCA Sabet Juara 1 di AI Driven Bot Competition 2024 – GestureCam hasil inovasi tim Operational & System Support BCA berhasil meraih juara 1 di kompetisi AI Driven Bot Competition 2024 pada Oktober lalu. GestureCam merupakan teknologi yang memanfaatkan AI berbasis face dan gesture recognition untuk mendeteksi bahasa isyarat melalui kamera, sehingga dapat mempermudah penyandang disabilitas berinteraksi dengan robot. Kemenangan ini menjadi bukti atas dedikasi BCA dalam menghadirkan inovasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan, khususnya penyandang disabilitas dalam mengakses berbagai layanan keuangan dan produk BCA.
Keterangan Foto 2:
GestureCam Milik BCA Permudah Disabilitas Akses Layanan Keuangan - Perwakilan tim Operational & System Support BCA dari divisi e-Channel & Settlement Services (CSV) saat menerima penghargaan dari Indonesia AI Society (IAIS) dan PT Sari Teknologi Global sebagai penyelenggara AI Driven Bot Competition 2024. Inovasi teknologi GestureCam dinilai dewan juri dapat mengatasi tantangan teknis secara efektif dan memberikan solusi bisnis inovatif setelah lolos melewati berbagai tahap mulai dari screening, uji coba daring serta luring, implementasi, hingga presentasi.
*****
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2024)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir September 2024, BCA melayani lebih dari 40 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 97 juta transaksi setiap hari, didukung 1.257 kantor cabang, 19.439 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id