Kembali ke Pressroom
21 Sep 2024

Direktur BCA Beri Kiat Sukses Arungi Globalisasi ke Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta

 

Yogyakarta, 21 September 2024 - Lebih dari 500 mahasiswa berpartisipasi dalam program “BCA Berbagi Ilmu” yang diadakan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Jumat (20/9). Pada kesempatan ini, Direktur BCA Santoso membawakan kuliah umum bertajuk Digitalization and Its Impact Toward Business.

BCA Berbagi Ilmu merupakan bentuk komitmen BCA dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya mengenai aspek Pendidikan Berkualitas. Melalui program ini, BCA berupaya membentuk generasi muda berkualitas dan berdaya saing, untuk menyambut puncak bonus demografi pada 2030.

BCA Berbagi Ilmu adalah salah satu program Bakti BCA di bidang pendidikan. Kegiatan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini melanjutkan program serupa yang telah digelar di sejumlah kampus di beberapa kota di Indonesia.

Direktur BCA Santoso mengungkapkan, “Arus globalisasi mendorong perkembangan dinamis dalam teknologi, perubahan sosial, dan lanskap bisnis. Menjaga relevansi dengan zaman adalah kunci untuk menavigasi tantangan yang muncul dari perubahan tersebut. Itu sebabnya setiap individu harus adaptif dan jeli dalam mengenali peluang. Setiap perubahan yang terjadi harus dijadikan sebagai motivasi untuk terus maju, memanfaatkan teknologi untuk menciptakan inovasi yang memperbaiki kualitas hidup.”

Melalui kuliah umum ini, para mahasiswa diajak memahami pengaruh teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Santoso juga menitikberatkan pentingnya memiliki soft skill, seperti kreativitas, kemampuan berkolaborasi, dan berpikir kritis, di tengah pesatnya perubahan. Di samping itu, Santoso menjelaskan inovasi yang dilakukan BCA dalam menanggapi perubahan selama ini.

“Teknologi memang semakin cerdas, namun bukan berarti harus menimbulkan kekhawatiran penggantian peran manusia. Sebaliknya, teknologi berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kinerja kita. Di BCA, kami meyakini bahwa inovasi dan adaptasi adalah kunci keberhasilan kami hingga saat ini. Kami percaya bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat. Salah satu bukti dapat dilihat dari transformasi BCA yang awalnya memperluas akses ATM di seluruh Indonesia hingga meluncurkan aplikasi BCA Mobile dan myBCA untuk menyesuaikan dengan era penuh kemajuan teknologi,” ujar Santoso.

Sebelum digelar di Yogyakarta, BCA Berbagi Ilmu diselenggarakan di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Rabu (11/9). Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono membawakan kuliah umum dengan topik Survival Leadership, Facing Uncertainties. Armand memberikan pemahaman mengenai dinamika yang akan dihadapi mahasiswa di dunia kerja, dan pentingnya memiliki jiwa kepemimpinan sebagai fondasi di tengah banyaknya perubahan.

Program BCA Berbagi Ilmu 2024 dimulai pada 3 Mei lalu di Jakarta. Rangkaian program ini juga telah dilaksanakan di berbagai perguruan tinggi, termasuk BINUS University, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Udayana, dengan total peserta mencapai 3.347 mahasiswa.

Selain mengadakan kuliah umum, BCA Berbagi Ilmu juga menghadirkan kegiatan Student Banking Tour yang mengajak sejumlah siswa tingkat SMA & mahasiswa perguruan tinggi belajar mendalami materi perbankan dan literasi keuangan seraya berkunjung langsung ke kantor cabang BCA. Ada pula kegiatan pemberdayaan bagi penyandang difabel yang bertajuk I’m Capable dan The Beauty of Disabilities: Makeup Class with BCA.

Pada 2023, rangkaian kuliah umum BCA Berbagi Ilmu dilaksanakan di 5 universitas dan diikuti lebih dari 3.000 mahasiswa. Kegiatan Student Banking Tour tahun lalu dihadiri lebih dari 900 siswa dari 18 sekolah. Terakhir, bagi penyandang difabel, sekitar 30 orang turut diberdayakan melalui pembekalan keterampilan, bazaar karya, dan tur ke kantor cabang BCA.

Melalui payung Bakti BCA, perseroan berkomitmen terus memberikan manfaat bagi bangsa dan negara dimulai dari level individu, komunitas, dan ekosistem. BCA percaya bahwa individu yang berdaya dapat meningkatkan kualitas komunitasnya. Kemudian, komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem sehingga tercipta sebuah siklus yang saling berpengaruh dan berkaitan.

Selain BCA Berbagi Ilmu, program Bakti Pendidikan lainnya mencakup pelatihan guru di Indonesia bagian timur, dukungan terhadap ekonomi digital berupa SYNRGY Accelerator & Academy, Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI), hingga pengembangan kompetensi penyandang disabilitas.

Keterangan Foto I:

Lebih dari 500 Mahasiswa Padati Program “BCA Berbagi Ilmu” di Universitas Atma Jaya Yogyakarta - Direktur BCA Santoso (kedua dari kanan), Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M (ketiga dari kanan), Kepala KCU BCA Yogyakarta Dovi Kurniawan (paling kanan), Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia Samiaji Sarosa M.I.S., Ph.D. (ketiga dari kiri), Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY Wenefrida Mahestu, N.K., SE., M.Sc., Ph.D. (kedua dari kiri), dan Kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY Dr. Pramudianto, PCC (paling kiri) berfoto dalam kegiatan kuliah umum “BCA Berbagi Ilmu” di UAJY, Jumat (20/9). BCA Berbagi Ilmu adalah salah satu program Bakti BCA di bidang pendidikan. Melalui program ini, BCA berupaya membentuk generasi muda berkualitas dan berdaya saing, untuk menyambut puncak bonus demografi pada 2030.

Keterangan Foto II:

Menjaga Relevansi Menjadi Kunci Kesuksesan di Era Digitalisasi - Direktur BCA Santoso saat membawakan kuliah umum bertemakan Digitalization and Its Impact Toward Business di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jumat (20/9). Dalam sesi kuliah umum ini, para mahasiswa diajak memahami pengaruh teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Pesatnya perkembangan teknologi harus dilihat sebagai instrumen untuk meningkatkan kualitas kinerja manusia. BCA juga percaya bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan masyarakat.

###

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA