Kembali ke Pressroom
23 Agt 2024

Ada Es Goyang hingga Dawet Ireng! Bakti BCA dan Pasar Kangen Ajak Masyarakat Jajal Puluhan Kuliner Tradisional di Area Prambanan

Jakarta dan Yogyakarta, 20 Agustus 2024 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui payung Bakti BCA berkolaborasi dengan Pasar Kangen dalam acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” yang diselenggarakan pada 22-24 Agustus 2024 di area outdoor Plataran Trimurti, Candi Prambanan, Yogyakarta. Pelibatan Pasar Kangen ini menjadi wujud komitmen #BuktiBaktiBCA untuk mendukung pemberdayaan UMKM lokal sekaligus melestarikan warisan budaya Tanah Air.

Pasar Kangen merupakan sebuah ajang tahunan yang telah diadakan sejak 2007 di Yogyakarta. Acara ini menyuguhkan kehangatan tradisi yang disalurkan melalui kuliner Nusantara dan kerajinan lokal dalam balutan suasana tempo dulu. Harapannya, Pasar Kangen bisa memuaskan rasa rindu pengunjung terhadap cita rasa khas Indonesia. Kali ini, Pasar Kangen turut menyemarakkan “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” dengan menghadirkan sekitar 60 UMKM lokal, seperti es goyang, wedang ronde, kerak telor, sate koyor khas Lumajang, dawet ireng, hingga selendang mayang.

Selain beragam kuliner lokal dari Pasar Kangen, hajatan istimewa ini juga melibatkan UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal untuk turut menjajakan produk-produk unggulan mereka. Tidak kurang dari delapan booth UMKM binaan Bakti BCA yang akan hadir di area Prambanan, antara lain coffee truck Doesoen Kopi Sirap, Wisata Wayang Desa Wukirsari, kecap Djoe Hoa, karya Sekolah Binaan Bakti BCA, hingga Wastra Bakti BCA yang membawa ragam wastra Nusantara dari Kampoeng Batik Gemah Sumilir dan Desa Wisata Sijunjung. Adapun untuk booth Bangga Lokal akan diisi oleh produk-produk dari Agung Ngoro, Bakpiaku, Eddera, Getook, hingga Dagadu Djokdja.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengungkapkan, “Penyelenggaraan ‘Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!’ merupakan salah satu langkah Bakti BCA dalam upaya membangkitkan kembali rasa bangga dan cinta terhadap budaya Indonesia. Ajang ini tidak hanya menampilkan keindahan seni tradisional, tetapi juga memperkenalkan kekayaan kuliner dan hasil kriya khas Nusantara. Kami yakin bahwa pelestarian semangat budaya Indonesia harus dilakukan secara menyeluruh, melibatkan berbagai elemen masyarakat. Demi mewujudkan tujuan ini, kami berkolaborasi dengan Pasar Kangen sekaligus mengajak UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal untuk turut berpartisipasi, dengan harapan para UMKM lokal dapat terus berkembang dan bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional.”

Deretan kejutan menarik dari BCA juga sudah siap menyambut pengunjung Pasar Kangen. Nasabah BCA dapat menikmati berbagai promo, antara lain cashback 30% maksimum Rp15.000, dengan minimum transaksi Rp50.000. Promo ini berlaku untuk pembayaran dengan QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku dengan kuota promo 200 transaksi pertama/hari. Promo juga berlaku khusus untuk transaksi di tenant Pasar Kangen Gebyar BCA Merah Putih, pada tanggal 22-24 Agustus 2024. Untuk mendapatkan promo tersebut, pengunjung juga wajib menukarkan bukti transaksi ke booth redeem point BCA pada hari yang sama dengan tanggal transaksi. Dapatkan juga penawaran menarik dari tenant BCA Bangga Lokal, antara diskon 10% dan clearance sale di Dagadu serta harga spesial 5 bakpia Rp17 ribu dari Bakpiaku dan beragam promo lainnya. Informasi lengkap mengenai Pasar Kangen dapat dilihat di https://bca.id/bcamerahputih.

Selain berburu kudapan tradisional, pengunjung Pasar Kangen dapat bersenandung bersama alunan musik yang memadukan elemen kontemporer dengan kekayaan budaya Indonesia. Ada sejumlah kelompok musik dan penyanyi yang akan tampil di arena ‘Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!’, yakni Jogja Hip Hop Foundation, Angklung Malioboro, dan Ririn Sinden Gemoy. Pasar Kangen kali ini juga menyelenggarakan berbagai lomba 17-an yang bisa diikuti untuk menambah semarak acara dengan nuansa kebersamaan dan keceriaan khas perayaan kemerdekaan. Seluruh rangkaian kegiatan ini dapat ditemukan di area mini stage Pasar Kangen.

“Kami sangat antusias untuk menghadirkan pasar rakyat bersama Pasar Kangen kepada masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menginspirasi kecintaan yang lebih mendalam terhadap produk lokal serta mendorong semangat pelestarian budaya Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia dalam setiap langkah perjalanan mereka menuju kesuksesan,” tutup Hera F. Haryn.

Pada puncak acaranya, “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” juga akan menampilkan pagelaran musikal berjudul “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” di Ramayana Ballet Prambanan. Pertunjukan ini mengangkat kisah pewayangan terinspirasi dari legenda Indonesia melalui tarian-tarian, lagu-lagu, dan musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Pertunjukan ini juga akan dimeriahkan oleh Duta Bakti BCA Nicholas Saputra, Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, dan MALIQ & D'Essentials.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA