Kembali ke Pressroom
24 Jul 2024

Diikuti 120 UMKM Lebih di Malang, BCA Gelar Workshop Sertifikasi Halal untuk Peningkatan Kualitas Produk dan Akses Pasar


Malang, 24 Juli 2024 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar workshop dan memfasilitasi penerbitan sertifikat halal bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Malang, Jawa Timur. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 120 pelaku UMKM itu berlangsung di Savana Hotel & Convention, Malang, Rabu (24/7).

Workshop ini digelar sebagai wujud komitmen BCA mendukung perekonomian halal. Melalui workshop ini, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk mereka sehingga dapat "naik kelas" dan mengembangkan skala usahanya. Bersamaan dengan di Malang, BCA juga mengadakan workshop serupa di beberapa kota di Jawa Timur, yakni Madiun, Gresik, dan Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, BCA juga menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp500 juta kepada salah satu debitur di bidang usaha makanan. Penyerahan KUR dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah VII BCA Malang Hianni dan Staf Ahli Wali Kota Malang Alie Mulyanto kepada debitur. Hingga Mei 2024, BCA telah menyalurkan KUR senilai Rp382 miliar atau tumbuh 57,6% secara tahunan. BCA menargetkan penyaluran KUR mencapai Rp800 miliar atau naik 11% YoY sepanjang 2024.

Kakanwil VII BCA Malang Hianni mengatakan, “UMKM merupakan aktor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Workshop sertifikasi dan penerbitan sertifikat halal ini merupakan wujud dari komitmen BCA mendorong UMKM lokal agar naik kelas dengan memberikan akses serta pemahaman mengenai sertifikasi halal dalam kategori self declare. Kami berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas produk, skala usahanya, serta memahami pentingnya penerapan standar halal dalam membuat produk dan layanan.”

BCA memberikan dukungan pembayaran biaya sertifikasi halal bagi pelaku UMKM, dan penawaran menarik lain seperti pembukaan rekening online, pembuatan kartu kredit BCA online, aktivasi metode pembayaran via QRIS, serta fasilitas pembiayaan usaha (KUR) dan produk konsumtif lainnya.

Menurut survei Kementerian Koperasi dan UKM, omzet rata-rata pelaku usaha meningkat 8,5% setelah mendapatkan sertifikat halal. Hal ini disebabkan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk bersertifikat halal. Melihat hal tersebut, BCA berkomitmen terus melanjutkan program sertifikasi halal bagi UMKM.

Program sertifikasi halal BCA pada 2024 akan berfokus pada akuisisi yang berlanjut dengan penerbitan sertifikat halal bagi 2.000 UMKM di berbagai daerah. Pada 2023 lalu, BCA telah melakukan workshop dan membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM di 10 kota/kabupaten pada 9 provinsi. Peserta pelatihan UMKM tersebut didominasi perempuan. Aksi tersebut menempatkan BCA sebagai lembaga peringkat kedua nasional dengan kuota sertifikat halal terbanyak pada 2023.

“Semangat BCA untuk terus mendukung pengembangan UMKM dan ekonomi halal di Indonesia akan terus ada. Kami berharap semangat ini juga dapat menginspirasi Bapak dan Ibu mengembangkan bisnis serta memperkuat kapasitas UMKM secara berkelanjutan agar dapat unggul di pasar domestik maupun mancanegara," ujar Hianni.

Dukungan BCA terhadap UMKM juga tercermin dari penyaluran kredit UMKM yang tumbuh 12,1% YoY mencapai Rp117,7 triliun per Maret 2024. Dalam rangka terus mendorong penyaluran kredit ke sektor ini, BCA memberikan promo suku bunga kredit bagi debitur komersial dan UMKM yang bergerak dalam Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan.

Keterangan Foto:

Workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA untuk Mendukung Pelaku UMKM di Malang - Kepala Kantor Wilayah VII BCA Malang Hianni (keempat kanan), bersama Staf Ahli Wali Kota Malang Alie Mulyanto (kelima kanan), Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK Veralina Sugiharti Tobing (tengah), Manajer Fungsi Pelaksana Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusi dan Syariah Bank Indonesia Suwandi Suryasaputra (kelima kiri) beserta jajaran manajemen BCA bersama perwakilan peserta Workshop Sertifikasi Halal UMKM Binaan BCA di Malang. Diikuti lebih dari 120 pelaku UMKM di Malang, kegiatan ini memberikan pemahaman mengenai proses serta langkah praktis dalam mendapatkan sertifikat halal. Melibatkan pemerintah pusat dan daerah, Workshop Sertifikasi Halal UMKM BCA diharapkan memberikan manfaat optimal kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Malang.

Komitmen Nyata BCA untuk Mendukung UMKM Berkembang - Kepala Kantor Wilayah VII BCA Malang Hianni (kanan) bersama Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK Veralina Sugiharti Tobing (kiri) melihat produk-produk UMKM yang ikut serta dalam pelatihan Sertifikasi Halal di Kota Malang, Rabu (24/7). Selain menggelar pelatihan, BCA juga menyalurkan KUR senilai Rp500 juta kepada salah satu UMKM di Malang sebagai wujud komitmen perseroan memperluas akses modal kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA