Kembali ke halaman Keberlanjutan

Perbankan Berkelanjutan

Menjalankan bisnis yang bertanggungjawab dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)

Total File

0

Total Ukuran File

0

Pembiayaan yang Bertanggung Jawab Kualitas Layanan dan Kepercayaan Konsumen Pengembangan Teknologi dan Digitalisasi Perlindungan Privasi dan Keamanan Data Nasabah Pencegahan Fraud dan Kejahatan Finansial

Pembiayaan yang Bertanggung Jawab


1. Meningkatkan Portofolio Keuangan Berkelanjutan

Portofolio KKUB (Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan) sebesar Rp202,6 triliun atau meningkat 10,6% dibandingkan tahun lalu sebesar Rp183,2 triliun. Pencapaian tersebut lebih tinggi jika dibandingkan target KKUB sebesar 9%. Portofolio kredit KKUB terdiri atas Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) sebesar 42,7% dan UMKM sebesar 57,3%. Total portofolio kredit KKUB setara dengan 24,8% dari total portofolio bank tahun 2023.

BCA juga mengembangkan skema Sustainability Linked Loan (SLL). Pada skema SLL tersebut, BCA dengan debitur menyepakati Key Performance Indicator (KPI) dan Sustainability Performance Target (SPT) yang telah diselaraskan dengan bidang usaha utama debitur. Dengan mekanisme ini, debitur akan mendapatkan insentif apabila memenuhi serangkaian SPT yang telah disepakati. Pada tahun 2023, pembiayaan dengan skema SLL yang telah disalurkan sebesar Rp319 miliar, dan per Desember 2023 outstanding sebesar Rp304,8 miliar.

Pembiayaan untuk KUBL meliputi sektor usaha energi terbarukan, efisiensi energi, pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, produk eco-efficient, transportasi ramah lingkungan serta bangunan berwawasan lingkungan.

Dalam pemberian kredit, BCA telah menerapkan beberapa kebijakan dan prosedur agar kegiatan bisnis berjalan selaras dengan pembiayaan yang bertanggung jawab. Salah satu usaha BCA dalam pembiayaan yang bertanggung jawab adalah dengan menerapkan kebijakan sektoral kredit untuk sektor-sektor yang berpotensi memiliki risiko tinggi terhadap kerusakan lingkungan. BCA juga telah menerbitkan exclusion list sebagai guideline risk appetite dengan tetap memperhatikan aspek risiko tiap sektor.

2. Pembiayaan Proyek Infrastruktur

BCA berkontribusi untuk memberikan dampak ekonomi tidak langsung kepada masyarakat, salah satunya melalui pembiayaan infrastruktur di Indonesia. BCA memberikan pembiayaan untuk proyek jalan tol, kelistrikan, kereta api, menara telekomunikasi, bandara dan pelabuhan, serta air minum dan sanitasi yang bersifat komersial. Pada tahun 2023, total penyaluran kredit untuk infrastruktur (termasuk kredit nontunai) mencapai Rp 58,7 triliun.

3. Pembiayaan untuk Sektor Energi Terbarukan

Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah menuju ekonomi rendah karbon, BCA juga menyalurkan pembiayaan ke proyek-proyek EBT. Pada Tahun 2023, BCA mencatatkan penyaluran pembiayaan untuk proyek EBT sebesar Rp2,1 triliun. Beberapa proyek yang telah dibiayai mencakup proyek pembangkit listrik tenaga surya, air, minihidro, biogas, dan biomassa.

4. Pembiayaan dan Dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia karena mampu menyerap tenaga kerja dan menggerakkan ekonomi lokal. BCA berkomitmen mendukung UMKM dengan menyediakan program pembiayaan dengan bunga khusus. Pada 2023, pembiayaan pada sektor UMKM telah mencapai Rp 116 triliun meningkat 13,4% dibandingkan tahun 2022. BCA juga konsisten mengadakan UMKM Fest untuk mempertemukan UMKM dengan pelaku bisnis, serta membantu memasarkan produk secara online dan offline. Acara ini diikuti oleh ± 1.400 pelaku UMKM lokal.

5. Program ‘Bangga Lokal’

‘Bangga Lokal’ merupakan dukungan BCA untuk membantu UMKM mengembangkan bisnis dan mendapatkan mitra baru. Bagi UMKM yang lolos seleksi, BCA akan membantu promosi, pemasaran, memberikan edukasi dan kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan modal kerja. Bangga Lokal juga memiliki program pengembangan dengan beragam aktivitas seperti webinar dengan topik yang relevan untuk bisnis, kolaborasi UMKM dengan kreator untuk pengembangan produk baru, dan coaching clinic. Per Desember 2023, terdapat 681 UMKM baru yang tergabung di program Bangga Lokal.

6. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pada 2023, BCA menyalurkan KUR sebesar Rp 598 miliar, atau naik 25,2% dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar Rp 478 miliar. BCA membiayai KUR yang memberikan dampak ekonomi langsung kepada masyarakat, yakni mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitas masyarakat di daerah tertinggal. Beberapa jenis usaha rakyat yang didanai di antaranya usaha kerajinan tangan, produk olahan hasil bumi, peternakan, dan pembibitan.

Pengajuan KUR BCA saat ini dapat dilakukan dengan cara datang ke cabang terdekat maupun secara online melalui webform KUR pada bca.co.id. Untuk memudahkan dan menjangkau pelaku usaha kecil lebih luas dalam pengajuan KUR, BCA juga sedang melakukan pengembangan salah satu aplikasi digital yaitu LOUISE (Loan Origination Unified System for Enterprise) yang merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan situs bca.co.id.

7. Risiko Keuangan terkait Iklim

BCA mengelola risiko terkait LST (Lingkungan, Sosial, Tata Kelola) dalam aktivitas pembiayaannya dengan menerapkan serangkaian persyaratan kredit yang ketat untuk semua segmen, termasuk korporasi, komersial, dan UMKM, yang mencakup penilaian aspek tata kelola, legalitas usaha, struktur kepengurusan, dan aspek sosial seperti larangan pekerja anak dan kerja paksa. Untuk segmen korporasi dan komersial, penilaian melibatkan kriteria Environmental & Social Risk Assessment (ESRA) untuk menilai dampak sosial dan lingkungan. BCA juga menerapkan mekanisme eskalasi dalam proses persetujuan kredit yang melibatkan berbagai unit kerja dan komite kredit, hingga Direksi. Sejak 2022, BCA mengklasifikasikan debitur berdasarkan dukungan mereka terhadap perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim, sesuai dengan Taksonomi Hijau Indonesia. Pada tahun 2023, BCA memulai uji coba penilaian risiko LST pada debitur di sektor berisiko tinggi seperti kelapa sawit dan tambang batu bara. Risk Management Division BCA berperan mengidentifikasi dan mengelola risiko yang timbul dari kegiatan usaha, termasuk risiko kredit dan risiko terkait LST dan perubahan iklim.

Kualitas Layanan dan Kepercayaan Konsumen


BCA menjunjung tinggi pelayanan yang adil dan setara kepada seluruh nasabahnya. Pelayanan tersebut diharapkan dapat memberi kepuasan dan kemudahan kepada nasabah, serta memberikan solusi perbankan yang diperlukan nasabah.

  1. Menjaga Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan Nasabah
    BCA selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan nasabah dengan menggali keperluan transaksi agar nasabah mendapatkan solusi perbankan yang tepat. Adapun BCA selalu membekali karyawan yang berhadapan langsung dengan nasabah, terutama untuk frontliner. Pelatihan terkait konsultasi dan komunikasi terus diberikan agar karwayan dapat memberikan solusi yang sesuai dengan situasi setiap nasabah.
  2. Keterjangkauan Akses Perbankan
    Dalam rangka peningkatan akses dan keterjangkauan solusi perbankan bagi seluruh nasabah, digitalisasi perbankan menjadi salah satu strategi BCA. Selain untuk mempermudah nasabah mendapatkan akses di mana pun dan kapan pun, digital perbankan dilengkapi dengan sistem keamanan data yang andal. BCA menerapkan standar ISO 27001 untuk memastikan keamanan data terjaga. BCA terus memperluas jaringan layanan solusi perbankan dengan cara yang inklusif, adil, dan menghormati setiap nasabah. Layanan yang BCA berikan berbasis budaya ‘SMART SOLUTION’ yaitu sigap, menarik, antusias, ramah, teliti, simak, open-minded, lengkap, utamakan kebutuhan nasabah, telling solutions, inisiatif, dan on-time.

Pengembangan Teknologi dan Digitalisasi


Semakin berkembangnya teknonologi informasi dan digitalisasi adalah salah satu kunci keberhasilan penerapan Keuangan Berkelanjutan. Digitalisasi perbankan mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus datang ke cabang, sehingga dapat menyumbang pengurangan emisi karbon kendaraan bermotor dan pengurangan penggunaan kertas. Pada tahun 2023, sebanyak 99,7% dari transaksi BCA dilakukan nasabah secara digital.

Perlindungan Privasi dan Keamanan Data Nasabah


BCA berkomitmen untuk mempertahankan kepercayaan nasabah setianya dengan menjaga keamanan data dan privasi. Komitmen ini menjadi bagian dari upaya BCA dalam menghormati hak asasi manusia (HAM).

  1. Penjagaan Keamanan, Kerahasiaan dan Privasi Nasabah
    Perlindungan privasi nasabah, yang mencakup data pribadi, simpanan dan keamanan finansial merupakan dasar dari bisnis perbankan. BCA terus berupaya menjalankan dan menyempurnakan sistem pengamanan yang mampu melindungi privasi seluruh nasabahnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, BCA juga senantiasa melakukan upaya mitigasi dalam 3 hal : people, process dan technology.
  2. Cybersecurity
    Dengan terus berkembangnya teknologi informasi, risiko kejahatan siber semakin meningkat. BCA selalu memprioritaskan perlindungan data nasabah agar nasabah tetap nyaman bertransaksi di BCA, dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi rutin kepada pekerja. Secara berkala akan dilakukan simulasi insiden keamanan data untuk memastikan semua pekerja waspada terhadap isu keamanan siber. Diharapkan dengan sistem keamanan yang mumpuni dan kesigapan pekerja dapat secara efektif mengantisipasi ancaman kejahatan siber, kelalaian, dan fraud.

  3. Tidak ada kebocoran data
    Selama tahun 2023, BCA tidak menghadapi kasus signifikan terkait pelanggaran maupun penyalahgunaan data dan privasi nasabah. Tidak ada data nasabah yang hilang, serta tidak ada sanksi/denda yang ditanggung Bank maupun pekerja BCA. BCA memiliki mekanisme eskalasi apabila terjadi pelanggaran terhadap privasi nasabah sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Pencegahan Fraud dan Kejahatan Finansial


BCA memiliki unit anti fraud yang berfungsi untuk memantau pelaksanaan/ perkembangan penerapan kebijakan/strategi Anti Fraud secara bankwide. Pemantauan ini meliputi pencegahan, deteksi, dan investigasi. Dalam mendukung pencegahan Korupsi dan Fraud, BCA menerapkan sistem yaitu:

  1. Whistleblowing System
    Sebagai bagian dari transparansi, sistem pengaduan pelanggaran (Whistleblowing System/WBS) diterapkan untuk mendeteksi dan mencegah fraud sedini mungkin. Pihak internal maupun eksternal dapat menyampaikan pengaduan terkait fraud, korupsi, ataupun tindakan yang menyalahi kode etik perbankan. Pelapor dapat menyampaikan pengaduan melalui situs web bca.co.id dengan menyertakan data/informasi yang jelas sesuai dengan prinsip 4W1H (What, Who, When, Where dan How). Laporan akan diterima langsung secara otomatis oleh pengelola Whistleblowing System (WBS) untuk divalidasi.
  2. Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT)
    BCA membangun kesadaran kepada seluruh pekerja untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme. Untuk itu, BCA menjalankan APU PPT bagi seluruh transaksi bernilai besar maupun yang mencurigakan. 100% pekerja tetap sudah mendapatkan sosialisasi terkait APU PPT.

Total File

0

Total Ukuran File

0