Kembali ke Pressroom
24 Jul 2024

Cetak Sejarah Baru! Juara Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra tiba di Tanah Air Disambut BCA dan YPI

Jakarta, 19 Juli 2024 – Kolaborasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Yayasan Puteri Indonesia (YPI) pada ajang Puteri Indonesia 2024 berhasil menorehkan prestasi bersejarah di ajang internasional. Prestasi bersejarah itu dicapai, setelah pemenang Puteri Indonesia 2024, Harastha Haifa Zahra, berhasil menjadi wakil Indonesia pertama yang dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024. Sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kemenangan Harashta di ajang Miss Supranational 2024, BCA dan YPI menyelenggarakan acara khusus untuk menyambut kedatangannya kembali ke Indonesia pada Kamis (18/7).

Dalam acara bertajuk “Press Conference dan Makan Malam atas Kemenangan Puteri Indonesia 2024” yang diselenggarakan di Hutan Kota by Plataran, sejumlah pemangku kepentingan datang untuk memberikan apresiasi kepada Harashta Haifa Zahra. Para tamu yang hadir antara lain Wakil Gubernur Jawa Timur Periode 2019 – 2024 Emil Dardak, Direktur PT Mustika Ratu Tbk Kusuma Ida Anjani, Presiden Miss Supranational Organization Gerhard Parzutka von Lipinski. Selain itu, hadir juga EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardhani, dan Pendiri Plataran Indonesia Dewi Makes.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menyampaikan “Sebagai perbankan nasional Indonesia yang telah berusia 67 tahun, kebersamaan kita dalam membawa Merah Putih melalui duta- duta yang berbakat dan terdidik menjadi bagian nilai-nilai yang kami pegang. Kami merasa Harastha akan menjadi inspirasi bagi banyak perempuan di Indonesia. Kami juga berharap Miss Supranational terpilih dapat menjadi simbol bagaimana perempuan-perempuan Indonesia Indonesia berdaya serta bukti bahwa proses adalah hal yang penting sehingga hasil tidak akan mengkhianati usaha. Kami 27 ribu karyawan BCA sangat bangga bahwa pencapaian ini membuktikan individu-individu Indonesia layak mendapat tempat di panggung dunia. Dalam istilah market ini adalah all-time high karena pertama kali Indonesia bisa menjadi nomor satu. Sekali lagi selamat kepada Harastha.”

Selama gelaran Puteri Indonesia 2024, BCA turut memfasilitasi pengembangan kapasitas 42 finalis Puteri Indonesia dengan memberikan pembekalan mengenai perkembangan literasi finansial, serta ekonomi dan perbankan nasional yang disampaikan langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. Selain itu, para finalis juga diberikan kesempatan untuk mengikuti banking tour ke kantor cabang BCA guna melihat langsung operasional perbankan, mulai dari transaksi hingga pelayanan kepada para nasabah. BCA juga kerap berkolaborasi dengan pemenang Puteri Indonesia 2023 untuk mempromosikan sejumlah program dari Bakti BCA, seperti desa wisata binaan Bakti BCA, UMKM binaan BCA, hingga pelestarian lingkungan.

Puteri Indonesia 2024 sekaligus Miss Supranational 2024 Harashta Haifa Zahra menuturkan “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan saya meraih Miss Supranational 2024. Saya adalah bukti bahwa mengejar mimpi dengan hati. Saya ingin berbagi kepada semua orang di Indonesia dan juga dunia bahwa mereka bisa memilih untuk bermimpi apa saja dan menjadi apa saja sesuai aspirasi. Yang pasti, lakukan semua dengan kerja keras.”

Miss Supranational merupakan ajang kecantikan internasional yang dikelola World Beauty Association S.A. Kompetisi ini telah diadakan sejak tahun 2009 dan umumnya dilaksanakan di Polandia. Setelah mengirimkan perwakilan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, akhirnya tahun ini perwakilan dari Puteri Indonesia berhasil merebut gelar Miss Supranational. Tidak hanya itu, Harashta juga memenangkan Supra Talent 2024. Penampilannya dalam menampilkan kesenian dan budaya Indonesia berhasil mendapatkan apresiasi tinggi dari para juri dan penonton.

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardhani menambahkan “Sebuah kebanggaan yang luar biasa tidak hanya kepada Yayasan Puteri Indonesia, tapi juga kepada bangsa ini. Sungguh pengalaman luar biasa dapat mengalahkan 67 perwakilan negara lain yang tidak main-main. Semua kandidat begitu luar biasa sehingga perbedaan satu sama lain tidak banyak. Ini membuktikan bahwa perempuan muda Indonesia mampu bersaing di mancanegara dan menunjukkan kelebihannya tanpa ragu.”

Selain dukungan yang diberikan pada Puteri Indonesia 2024, BCA juga secara konsisten mendukung pemberdayaan perempuan di lintas sektor. BCA turut mendukung lingkungan kerja yang inklusif dengan persentase pekerja perempuan di BCA mencapai 60,8% dari total pekerja dan menduduki 61,1% dari total manajer di perusahaan di sepanjang 2023. BCA juga secara aktif meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia dengan menyalurkan pembiayaan kepada UMKM yang dikelola entrepreneur perempuan hingga mencapai Rp14,8 triliun, meningkat 20,2% YoY dengan jumlah 44.465 debitur pada 2023. Selain itu, bersama Perkumpulan Warna Alam Indonesia (Warlami), BCA mendampingi 28 perempuan penenun di TTS untuk menerapkan fesyen yang ramah lingkungan.

Keterangan Foto I:

Menyambut Kemenangan Puteri Indonesia Sebagai Miss Supranational 2024 – (Ki-Ka) Direktur PT Mustika Ratu Tbk Kusuma Ida Anjani, EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Co- Founder Plataran Indonesia Dewi Makes, Anggota Wantimpres yang juga Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia Putri Kus Wisnu Wardani, Puteri Indonesia 2024 sekaligus Miss Supranational 2024 Harashta Haifa Zahra, Presiden Miss Supranational Organization Gerhard Parzutka von Lipinski, Wakil Gubenur Jawa Timur periode 2019–2024 dan Juri Nasional Pemilihan Puteri Indonesia 2024 Emil Dardak berpose Bersama dalam ajang konferensi pers Homecoming Miss Supranational yang digelar di Jakarta, Kamis (18/7).

Keterangan Foto II:

Dukungan BCA untuk Yayasan Puteri Indonesia – EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (kedua dari kiri) dalam sesi konferensi pers penyambutan kepulangan Miss Supranational 2024 Harashta Haifa Zahra di Jakarta, Kamis (18/7). Komitmen dukungan BCA terhadap penyelenggaraan ajang Puteri Indonesia dalam dua tahun terakhir menjadi salah satu fondasi yang berkontribusi terhadap kesuksesan perwakilannya di ajang kecantikan dunia.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA