Kembali ke Pressroom
17 Jul 2024

Apresiasi untuk Para Mitra, BCA Bawa 70 Merchant Menikmati Keindahan Desa Wisata Hijau Bilebante

Lombok, 16 Juli 2024 – Selaras dengan komitmen untuk memperkuat relasi dan mendukung bisnis mitra merchant, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengadakan “Merchant Gathering” di Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok, pada Sabtu (13/7). Dihadiri oleh 70 mitra merchant, acara ini ditujukan sebagai forum untuk menyerap aspirasi merchant, dan memperkenalkan solusi finansial BCA yang dapat meningkatkan efisiensi operasional para merchant.

Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama menyatakan bahwa, "BCA berkomitmen untuk mendukung peningkatan pendapatan mitra merchant melalui produk-produk BCA yang inovatif. Dengan menyelenggarakan gathering ini, kami berharap menciptakan forum yang bermanfaat, termasuk bertukar pikiran serta mendengarkan masukan dari para mitra merchant. Kami berupaya untuk senantiasa menghadirkan solusi bagi kebutuhan mitra merchant yang beragam."

Sepanjang kegiatan ini, mitra merchant memperoleh edukasi mengenai aplikasi Merchant BCA. Aplikasi ini merupakan solusi digital untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejumlah fitur unggulan yang terdapat di Merchant BCA di antaranya layanan “Merchant Care”, Manajemen User, Real-time Notifikasi Transaksi, dan Pengajuan EDC atau QRIS Statis. Melalui aplikasi Merchant BCA, mitra merchant dapat memantau transaksi toko secara mudah, mendapatkan data untuk analisis secara cepat, dan mengetahui peak hour serta tren pembayaran QRIS populer di tokonya.

Selain itu, mitra merchant juga mendapatkan edukasi mengenai Dynamic Currency Conversion (DCC) untuk pembayaran dalam berbagai mata uang, hingga produk-produk lain seperti kredit konsumtif, fitur payroll, dan Klik BCA.

“Merchant Gathering” kali ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan keindahan alam Desa Wisata Hijau Bilebante kepada para mitra merchant. Desa ini merupakan salah satu dari Desa Binaan Bakti BCA yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dikenal dengan keasrian alam yang menyegarkan khas pedesaan, Bilebante menawarkan berbagai kegiatan ekowisata yang dapat dinikmati oleh para peserta.

Terdapat dua inisiatif program pembinaan yang dilakukan oleh Bakti BCA di Desa Wisata Hijau Bilebante, yaitu penambahan daya tarik wisata serta ketahanan pangan desa melalui lumbung pangan hidup. Kegiatan Merchant Gathering ini menampilkan hasil dari kedua program tersebut, di antaranya paket outbound bertemakan permainan yang mempresentasikan kesenian dan kebudayaan khas Bilebante, jelajah kebun herbal organik, menyusuri trek berlatarkan pemandangan persawahan hijau dengan cidomo, hingga menikmati hidangan dari lumbung pangan hidup.

Atas partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam pengelolaan pariwisata, Desa Wisata Hijau Bilebante berhasil meraih penghargaan Best Tourism Village dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada 2023 lalu. Upaya berkelanjutan dalam mempromosikan ekowisata berbasis komunitas telah mengangkat nama Desa Wisata Hijau Bilebante di kancah internasional, menjadikannya contoh inspiratif bagi desa-desa lain di Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat dalam peningkatan layanan dan produk bagi merchant, termasuk membuka peluang kerja sama antara Desa Wisata Hijau Bilebante dan para mitra merchant. Mengingat besarnya potensi wisata yang dimiliki, besar pula kesempatan untuk mengembangkan usaha lokal yang dapat saling menguntungkan,” tutup Indrawanto.

*****

Keterangan Foto I:

BCA Selenggarakan Merchant Gathering di Desa Wisata Hijau Bilebante - Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama (tengah) sedang memberikan sambutan kepada para mitra merchant pada acara “Merchant Gathering”. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu (13/7) di Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan “Merchant Gathering” ditujukan sebagai forum untuk menyerap aspirasi merchant, dan memperkenalkan solusi finansial BCA yang dapat meningkatkan efisiensi operasional para merchant. Tidak hanya itu, mitra merchant juga diajak untuk menikmati keindahan Desa Wisata Hijau Bilebante. Desa ini merupakan salah satu dari Desa Binaan Bakti BCA, dan telah berhasil meraih penghargaan Best Tourism Village dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada 2023 lalu.

Keterangan Foto II:

Kegiatan Merchant Gathering Dihadiri 70 Mitra Merchant BCA – Sebanyak 70 mitra merchant BCA berfoto bersama pada acara “Merchant Gathering” yang diselenggarakan pada hari Sabtu (13/7) di Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sepanjang kegiatan ini, mitra merchant memperoleh edukasi mengenai aplikasi Merchant BCA. Aplikasi ini merupakan solusi digital untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sejumlah fitur unggulan yang terdapat di Merchant BCA di antaranya layanan “Merchant Care”, Manajemen User, Real-time Notifikasi Transaksi, dan Pengajuan EDC atau QRIS Statis. Melalui aplikasi Merchant BCA, mitra merchant dapat memantau transaksi toko secara mudah, mendapatkan data untuk analisis secara cepat, dan mengetahui peak hour serta tren pembayaran QRIS populer di tokonya.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA