Kembali ke Pressroom
15 Jul 2024

Siap Kerja, 10 Sahabat Disabilitas Raih Sertifikasi BNSP Make Up Artist Usai Pelatihan di Bakti BCA

Jakarta, 12 Juli 2024 – Sepuluh Sahabat Disabilitas peserta program "The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” dinyatakan lulus dalam acara apresiasi di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta pada Kamis (11/7). Acara ini merupakan puncak program MUA Bakti BCA, yang dirancang untuk mempersiapkan peserta menjadi penata rias (make up artist/MUA) profesional. Program ini diadakan oleh Bakti BCA, bekerja sama dengan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), untuk mendukung pemberdayaan Sahabat Disabilitas (Teman Tuli).

Sebelumnya, para peserta telah menyelesaikan rangkaian program selama lebih dari sebulan, termasuk mengikuti ujian kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini untuk mengevaluasi kemampuan dan pemahaman peserta terhadap materi pembekalan, serta memastikan peserta memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di industri make up artist. Sertifikasi ini diharapkan dapat membuka peluang lebih luas bagi para peserta program yang telah lulus, yang selanjutnya akan disebut sebagai MUA Bakti BCA, dalam menjalani karier sebagai make up artist profesional.

Pada acara kelulusan, MUA Bakti BCA mempraktikkan demo makeup kepada Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan Melati Tedja dan beberapa jajaran manajemen dan perwakilan BCA di atas panggung. Di belakang panggung, MUA Bakti BCA juga turut merias wajah MC, penari, dan para penampil pada acara kelulusan. Momen ini menjadi kesempatan dan pengalaman bagi MUA Bakti BCA untuk terjun langsung dalam mempraktikkan keterampilan makeup yang telah mereka pelajari.

Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono mengatakan, “Program ‘The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA’ adalah bagian dari komitmen Bakti BCA dalam memberikan ruang inklusif bagi Sahabat Disabilitas. Kami berharap teman-teman mendapatkan bekal yang dibutuhkan dalam meraih cita-cita sebagai make up artist profesional di masa depan. Kami percaya bahwa individu yang berdaya akan dapat memberdayakan komunitasnya dan ini adalah salah satu bentuk nyata komitmen BCA untuk mendukung peningkatan daya saing individu di Indonesia.”

Selain demo makeup, acara kelulusan juga dimeriahkan dengan peragaan busana untuk memamerkan hasil riasan Sahabat Disabilitas. Para model, termasuk Puteri Kebudayaan dan Pendidikan Indonesia, menampilkan hasil makeup di atas panggung sembari mengenakan pakaian dari mitra perancang busana yang menonjolkan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia.

Ester Meyana, MUA Bakti BCA, membagikan pengalamannya setelah mengikuti program, “Memiliki banyak pengalaman makeup itu penting untuk melanjutkan profesi sebagai make up artist. Selama program, banyak sekali ilmu dan teknik-teknik yang saya pelajari, hingga saya merasa ada kesetaraan antara teman dengar dan Teman Tuli. Terima kasih kepada BCA dan PTI yang atas dukungannya.”

Sejak dimulainya program "The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” pada bulan Mei, para peserta telah mendapatkan berbagai pembekalan, seperti workshop MUA professional dan praktik demo makeup, untuk mempersiapkan karier sebagai MUA profesional. Sahabat Disabilitas mendapatkan bimbingan langsung dari para profesional ternama di industri, seperti Irwan Riady, Asmara Wreksono, Anda Arrusa, dan tim LT PRO. Selain itu, peserta juga mengikuti sesi kelas pengelolaan media sosial dan manajemen keuangan untuk menjalankan bisnis jasa make up artist di kemudian hari.

Dapat diketahui, BCA secara konsisten mendukung penyandang disabilitas melalui berbagai program, termasuk melalui rangkaian program BCA Berbagi Ilmu “I’m Capable”. Pada 2023, BCA menggelar Bazar Karya Penyandang Disabilitas yang menjual produk dari komunitas Dewijaya Care, Precious One, dan Precious Family. Produk yang dipamerkan pun beragam, mulai makanan, mainan, produk kecantikan, kerajinan tangan, hingga fashion. Selain itu, BCA juga menggelar Banking Tour bagi 40 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk memberikan edukasi mengenai pelayanan perbankan serta literasi keuangan. "Kami berharap keterampilan dan pengalaman yang mereka peroleh selama program ini dapat menjadi bekal berharga untuk bersaing di industri make up artist. Ini adalah salah satu bentuk nyata dari #BuktiBaktiBCA dalam mendukung dan memberdayakan Sahabat Disabilitas agar dapat mandiri secara finansial." tutup Antonius.

Keterangan Foto I:

Lewat Pelatihan Bakti BCA, 10 Sahabat Disabilitas Siap Kerja Jadi Make Up Artist - Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono (kedelapan dari kanan atas) bersama Senior Vice President Corporate Communication BCA Susanti Nurmalawati (keenam dari kanan atas), Ketua Umum Perempuan Tangguh Indonesia Myra Winarko (ketujuh dari kanan atas), Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas RI Deka Kurniawan (keempat dari kanan atas), Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024 Melati Tedja (kesembilan dari kanan atas), serta 10 MUA Bakti BCA berfoto dalam acara kelulusan program “The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” yang diselenggarakan Bakti BCA bekerja sama dengan Perempuan Tangguh Indonesia, Jakarta, Kamis (11/07). BCA, melalui Bakti BCA, menggelar program ini untuk mendukung pemberdayaan Sahabat Disabilitas (Teman Tuli) serta memberikan ruang bagi mereka untuk mengasah keterampilan merias wajah secara profesional.

Keterangan Foto II:

BCA Lahirkan Sahabat Disabilitas Berdaya Saing Lewat Pelatihan Make Up Artist - Peserta program “The Beauty of Disabilities: Make Up Class with BCA” mempraktikkan langsung keterampilan makeup yang telah dipelajari selama pelatihan di seremoni kelulusan yang diselenggarakan pada Kamis (11/7) di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Setelah mendapatkan pelatihan selama lebih dari sebulan, sepuluh Sahabat Disabilitas memperoleh sertifikasi BNSP yang harapannya dapat membuka peluang lebih luas bagi peserta program (MUA Bakti BCA) dalam menjalani karier sebagai make up artist profesional.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id


Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA