Kembali ke Pressroom
14 Des 2023

Target Penurunan Prevalensi Stunting ke 14% di Indonesia, BKKBN Luncurkan Program Kemitraan PASTI

JAKARTA, 14 Desember 2023 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Tanoto Foundation, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan Yayasan Bakti Barito meluncurkan program PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia) pada Kamis (14/12) di Jakarta. Program kemitraan ini diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI).

Kehadiran program PASTI mendukung target Pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024. Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, satu dari lima anak (21,6%) balita mengalami stunting. Anak dengan stunting memiliki risiko perkembangan otak yang dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan kognitif, kesehatan secara keseluruhan, dan produktivitas kerja di masa depan. 

Program kemitraan ini selaras dengan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia yang berada di bawah koordinasi BKKBN. Saat ini, PASTI dilaksanakan di delapan kabupaten di empat provinsi, yaitu Banten (Kab. Tangerang dan Kab. Pandeglang), Jawa Timur (Kab. Ngawi dan Kab. Malang), Kalimantan Barat (Kab. Melawi dan Kab. Sambas), dan Nusa Tenggara Timur (Kab. Kupang dan Kab. Sumba Barat Daya). Hingga akhir program pada tahun 2026 nanti, area implementasi PASTI ditargetkan akan mencapai total 16 kabupaten secara keseluruhan di empat provinsi tersebut.

Kepala BKKBN Dr.(HC). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG.(K) mengungkap bahwa perhatian dari USAID, Tanoto Foundation, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Bank Central Asia Tbk, dan Yayasan Bakti Barito, serta mitra

lainnya seperti WVI menjadi sangat penting di tengah peran pemerintah yang terbatas. “Dalam mengatasi masalah yang mendasar, kemampuan pemerintah hanya 30%. Karena itu kerjasama untuk menurunkan percepatan penurunan stunting dengan para mitra menjadi sangat penting. Kami harap, dengan pendekatan yang strategis, edukasi kepada masyarakat menjadi kunci sukses di tengah kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang stunting yang rendah."

Melalui kemitraan multi-sektor ini, PASTI akan menggunakan tiga pendekatan. “Pertama, melalui intervensi gizi terpadu berbasis konteks lokal yang menyasar keluarga berisiko stunting, terutama keluarga 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Kedua, melalui peningkatan kesadaran terkait stunting bagi remaja dan calon pengantin. Dan ketiga, melalui penguatan kelembagaan antar pemangku kepentingan dalam wadah Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan dan desa,” terang Chief of Party PASTI WVI dr. Maria Adrijanti MKM. Melalui tiga pendekatan tersebut, implementasi PASTI diharapkan dapat berkontribusi dalam menjembatani celah yang signifikan pada upaya percepatan penurunan stunting di provinsi target.

“Kemitraan lintas sektor yang melibatkan dukungan dari berbagai lembaga pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, seperti program PASTI, diperlukan untuk mendukung upaya kita mencegah stunting dan meningkatkan gizi. Kolaborasi adalah kuncinya. Amerika Serikat, melalui USAID, bekerja sama dengan mitra sektor swasta untuk memanfaatkan sumber daya dan menerapkan praktik terbaik berbasis bukti untuk mendukung program penurunan stunting Pemerintah Indonesia,” demikian kata Direktur USAID Indonesia, Jeff Cohen.

Senada dengan itu, Head of Policy and Advocacy Tanoto Foundation, Eddy Henry mengatakan bahwa kemitraan merupakan faktor kunci. “Kolaborasi expertise dan resource dari masing-masing pihak bertujuan agar program lebih tepat sasaran, efektif, dan bisa menghasilkan dampak yang lebih optimal dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia”.

Keterlibatan para mitra dalam percepatan penurunan stunting juga merupakan komitmen untuk memajukan sumber daya manusia Indonesia agar semakin berdaya saing. Vice President Social Impact AMMAN, Priyo Pramono, menyebut bahwa melalui PASTI, AMMAN sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia berharap dapat turut bersinergi secara aktif untuk mengatasi isu mendasar kesehatan seperti stunting secara strategis dan terukur. “Kami berharap dapat memperluas jangkauan dari program intervensi stunting bersama para mitra, juga untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai penerapan strategi yang efektif di berbagai konteks yang berbeda di wilayah lain di Indonesia,” jelas Priyo.

Komitmen serupa juga dinyatakan oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk, Hera F. Haryn. “Melalui program Bakti BCA yang berkontribusi pada PASTI, kami mempertegas komitmen untuk turut meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui edukasi pencegahan stunting dan gizi sehat,” terangnya.

“Saya berharap PASTI dapat mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Indonesia. Pendekatan proaktif dari PASTI merupakan upaya untuk membina sumber daya manusia yang berkualitas secara komprehensif sejak usia dini, di mana mereka nantinya akan berkontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” terang Direktur Yayasan Bakti Barito, Dian A. Purbasari.

***

Tentang Program PASTI

Program PASTI (Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia) adalah program kemitraan antara BKKBN  dengan USAID, Tanoto Foundation, PT Amman

Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PT Bank Central Asia Tbk, dan Yayasan Bakti Barito yang diimplementasikan oleh Wahana Visi Indonesia sebagai implementor utama. Program PASTI mendukung akselerasi percepatan penurunan stunting di empat provinsi di Indonesia (Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur) hingga tahun 2026 melalui berbagai pendekatan strategis di berbagai tingkat mulai dari remaja, calon pengantin, keluarga, hingga pemangku kepentingan terkait.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: http://www.wahanavisi.org/id/proyek-kampanye/pasti atau hubungi:

Media Contact

Drs. Ade Anwar, M.Si Pranata Humas Ahli Madya - BKKBN

M. +6281292594765

Aloysius Brama Adintyo

Communication Specialist PASTI – Wahana Visi Indonesia M. +62 813-2571-7246

E. a_adintyo@wvi.org

Margareth Mawarlestari A.

Media Relations Executive – Wahana Visi Indonesia M. +62 811-1916-6418

E. margareth_andu@wvi.or.id 

Keterangan Foto:

Kontribusi Turunkan Prevalensi Stunting, BCA Terlibat di Program Kemitraan PASTI - EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (tengah), Direktur Yayasan Bakti Barito Dian A. Purbasari (kanan), dan VP Social Impact PT Amman Mineral Nusa Tenggara Priyo Pramono (kiri) dalam Dialog Kemitraaan: Partnership Through PASTI yang diadakan pada Kamis (14/12) di Jakarta. Kehadiran program PASTI mendukung target Pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Keterangan Foto:

Program PASTI, BCA Bersinergi dengan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Lain Turunkan Stunting - Plt. Deputi Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN Ukik Kusuma Kurniawan (kanan), Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN Wahidah (tengah), Deputy Director Health Office USAID Daryl Martyris (kiri), EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn (ketiga kiri), Direktur Yayasan Bakti Barito Dian A. Purbasari (ketiga kanan), Head of Policy and Advocacy Tanoto Foundation Eddy Henry (kedua kiri), dan VP Social Impact PT Amman Mineral Nusa Tenggara Priyo Pramono (kedua kanan) dalam peluncuran program kemitraan PASTI (Partnership To Accelerate Stunting Reduction In Indonesia), di Jakarta, Kamis (14/12). Program kemitraan ini selaras dengan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia yang berada di bawah koordinasi BKKBN. Saat ini, PASTI dilaksanakan di delapan kabupaten di empat provinsi, yaitu Banten (Kab. Tangerang dan Kab. Pandeglang), Jawa Timur (Kab. Ngawi dan Kab. Malang), Kalimantan Barat (Kab. Melawi dan Kab. Sambas), dan Nusa Tenggara Timur (Kab. Kupang dan Kab. Sumba Barat Daya). 

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2023, BCA melayani hampir 39 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 81 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.252 kantor cabang, 18.705 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA