Jakarta, 11 November 2021 – Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan. Terbaru, BCA terpilih sebagai salah satu pemenang dalam Gartner Eye on Innovation Award 2021. Penghargaan ini menjadikan BCA sebagai bank pertama di Indonesia yang masuk dalam jajaran perusahaan papan atas di kawasan Asia Pasifik dalam inovasi dan pemanfaatan teknologi digital untuk menyediakan produk dan layanan perbankan yang komprehensif.
“Kami bangga dapat mewakili Indonesia dalam ajang penghargaan ini. Sebuah kehormatan bagi kami, bahwa BCA dinobatkan sebagai salah satu perusahaan papan atas di Asia Pasifik dalam inovasi. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kami dalam mempertahankan kualitas produk dan layanan yang terbaik bagi nasabah. RODEST atau Integrated Robotic System for Automatic EDC Testing merupakan salah satu inovasi yang mengantarkan BCA mendapatkan penobatan ini,” ujar Direktur BCA Hendra Lembong.
RODEST merupakan inovasi unik dari BCA yang mengintegrasikan Collaborative Robot dengan Robotic Process Automation (RPA) untuk EDC. Robot ini dapat melakukan aktivitas seperti manusia, yaitu menggesek kartu, memilih menu, dan memasukkan PIN. RODEST memungkinkan pengujian EDC lebih cepat, menghasilkan hasil yang lebih akurat, dan menyusun laporan secara real-time.
“Kehadiran RODEST telah menetapkan standar terobosan untuk tenaga kerja BCA di masa depan, dengan mesin dan kecerdasan buatan yang membantu pekerja melakukan tugas-tugas rutin dan sederhana. Hal ini memungkinkan karyawan BCA untuk fokus pada peningkatan kualitas, sambil memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan inovasi perbankan digital BCA. RODEST telah menjadi solusi bagi kami karena mampu menyederhanakan berbagai tugas, misalnya pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan dalam waktu lima hari, kini menjadi satu hari. Tidak hanya itu, kehadiran inovasi ini pun turut menghemat biaya hingga 1 juta USD,” urai Direktur BCA Lianawaty Suwono.
Gartner Eye On Innovation Award for Financial Services 2021 diadakan setiap tahun untuk memberikan pengakuan kepada perusahaan dan institusi keuangan atas penggunaan teknologi mereka yang inovatif untuk mendorong inisiatif terbaik di kelasnya. Acara ini mempertemukan para inovator kelas dunia dari Asia Pasifik, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Pada Rabu (27/10) para finalis mempresentasikan inovasi mereka dan pemenang dipilih dari hasil jajak pendapat para professional di industri keuangan melalui acara virtual. Terpilih sebagai pemenang regional Asia Pasific 2021 adalah Ping An Property & Casualty Insurance Company Of China, Ltd, dan juga dua pemenang lainnya yaitu BCA dan China Construction Bank.
“Kami menyadari bahwa inovasi merupakan kunci dalam menjalankan sebuah bisnis maupun program, adanya penghargaan ini tentunya akan kian memacu BCA dalam menciptakan inovasi terbaik dalam kelasnya. Kami pun akan senantiasa mendengarkan berbagai insight dari pengguna layanan kami untuk terus berkembang menjadi bank yang inovatif,” tutup Hendra.
RODEST mengantarkan BCA menjadi pemenang Gartner Eye on Innovation Award 2021 – Robot RODEST (Inovasi Integrated Robotic System for Automatic EDC Testing) mampu melakukan pengujian mesin EDC dengan lebih cepat, menghasilkan hasil yang lebih akurat, dan menyusun laporan secara real-time. Inovasi ini menjadikan BCA menjadi salah satu perusahaan Asia Pasifik yang diperhitungkan dalam pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam proses bisnis, serta memenangkan Gartner Eye on Innovation Award 2021 pada Rabu (27/10).
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 46 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.237 kantor cabang, 17.913 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : corcom_bca@bca.co.id