Hong Kong, 29 Juni 2017 – Berdiri sejak tahun 1957, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hadir di tengah masyarakat Indonesia dan tak pernah berhenti menawarkan beragam inovasi teknologi yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara praktis, aman, dan nyaman. Kecanggihan layanan dan produk solusi perbankan yang ditawarkan perseroan mendorong loyalitas nasabah yang membuahkan keberhasilan BCA mempertahankan performa kinerja yang positif di tengah persaingan sektor perbankan yang semakin kompetitif. Prestasi BCA menguasai pangsa pasar dan menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat menuai dua penghargaan sekaligus, yakni Bank Terbaik di Indonesia dan Bank Asia Terbaik untuk kedua kalinya dalam ajang FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017 di Hong Kong, Kamis (29/06).
Hadir untuk menerima penghargaan, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan keunggulan sistem pembayaran yang canggih dan inovatif menjadi kunci kesuksesan BCA, yang membuahkan profitabilitas yang tinggi dan biaya pendanaan yang rendah. “Kemudahan bertransaksi sangat penting bagi bisnis, seperti halnya darah di tubuh kita. Kelancaran sistem pembayaran akan mendukung kinerja bisnis,” ujar Jahja.
Penghargaan FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017 ini menandai dua tahun berturut-turut BCA menyabet gelar bank terbaik di Indonesia dan Asia. Menyabet gelar bank Asia terbaik, BCA unggul dari finalis-finalis yang berasal dari 16 negara lainnya, salah satunya berkat net interest margin (NIM) yang mencapai 6%, dua kali lipat rata-rata NIM yang diperoleh semua finalis. Strateginya adalah model bisnis yang sederhana namun efektif: menggenjot penerimaan dana murah (low cost deposit) dan meminjamkan kepada sektor-sektor tertentu untuk imbal balik yang lebih prospektif. Strategi tersebut memungkinkan BCA untuk tumbuh stabil dan bisa membayar dividen yang terus tumbuh selama satu dekade terakhir.
Selain kinerja yang solid, BCA juga menekankan pentingnya mengejar tren teknologi yang sedang berkembang, yakni dengan merangkul financial technology (fintech) untuk mendukung bisnis bank. Baru-baru ini BCA mendirikan Central Capital Ventura, perusahaan modal ventura yang sengaja dibentuk untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan perusahaan fintech yang nantinya diharapkan akan mendukung ekosistem layanan keuangan BCA dan anak usaha.
“BCA menyadari pentingnya merangkul pemain baru di lini bisnis fintech dalam rangka mendorong layanan perbankan berbasis digital yang selalu up-to-date dan terdepan. Kami melihat kecanggihan layanan perbankan yang kami tawarkan mendorong kepuasan dan loyalitas nasabah untuk selalu kembali ke BCA,” tutup Jahja.
BCA Sabet Penghargaan Bank Terbaik di Indonesia dan Asia – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja (kanan) menerima penghargaan Bank Asia Terbaik yang diserahkan oleh Publisher Haymarket Financial Media Jonathan Hirst (kiri) dalam ajang FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017 di Four Seasons, Hong Kong, Kamis (29/06). Dalam ajang tersebut, BCA untuk kedua kalinya dianugerahi dua penghargaan sekaligus yakni Bank Terbaik di Indonesia dan Bank Asia Terbaik berkat kinerja perseroan yang cemerlang di dalam negeri dan di tingkat Asia. BCA dinilai mampu mempertahankan pertumbuhan laba yang solid di tengah persaingan sektor perbankan yang semakin kompetitif.
Menyabet gelar Bank Asia Terbaik dalam ajang FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017, BCA sukses mengalahkan finalis dari 16 negara lain, salah satunya berkat net interest margin (NIM) yang mencapai 6%, dua kali lipat rata-rata NIM yang diperoleh semua finalis.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2017)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2017, BCA melayani hampir 16 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.213 kantor cabang, 17.207 ATM dan lebih dari 400.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id