Jakarta, 3 September 2021 – Indonesia terdiri dari ribuan pulau hingga ribuan suku bangsa yang menyimpan banyak potensi wisata yang dapat eksplorasi lebih lanjut. Melihat potensi tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program corporate social responsibility mengembangkan pilar solusi bisnis unggul yang memiliki program desa wisata. Di tengah pandemi COVID-19, untuk mengajak desa wisata tetap bersemangat dan berinovasi BCA mengadakan BCA Desa Wisata Awards 2021 yang saat ini memasuki tahapan akhir.
Rangkaian kegiatan BCA Desa Wisata Award 2021 sudah dimulai sejak bulan April dan selama itu pula para peserta mendapatkan berbagai pelatihan dan rangkaian seleksi. Hari ini (03/09) diadakan seremoni penganugerahan bagi desa wisata yang dinyatakan menang dalam kompetisi ini. Seremoni ini dihadiri Komisaris BCA Cyrillus Harinowo, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, EVP CSR BCA Inge Setiawati, Pengamat & Ahli, Deputy Bidang Pengembangan Destinasi & Infrastruktur Tahun 2020 – 2021 Hari Sungkari, Direktur Tata Kelola Destinasi & Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua dan Ketua Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran Dr. Evi Novianti, M.Si.
“Penyelenggaraan ajang BCA Desa Wisata Awards 2021 menjadi sebuah sarana yang memberikan kesempatan untuk desa wisata mempromosikan kekayaan potensi yang dimiliki. Di tengah kondisi seperti ini, penting sekali untuk melakukan sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif demi pemulihan ekonomi yang lebih baik. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami BCA melihat antusiasme yang tinggi dari seluruh pengurus desa wisata di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkap Jahja Setiaatmadja.
Kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 465 desa wisata yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia hingga akhirnya menyisakan 20 finalis yang masuk ke tahap penjurian. Pada penyelenggaraannya, BCA Desa Wisata Award 2021 membuka kompetisi yang dibagi menjadi empat kategori yaitu Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, Desa Wisata Kategori Kreatif & Desa Wisata Kategori Digital. Mulai dari tahap seleksi hingga proses penjurian ini, seluruh finalis telah mendapatkan berbagai pelatihan seperti Komunikasi dan Kepemimpinan, Teknik Foto Menggunakan Smart Phone, Social Media Branding, Perkembangan Pariwisata Indonesia, Masa Depan Desa Wisata, Teknik Presentasi & Layanan Prima 4.0.
Pada kesempatan berbahagia ini, BCA mengumumkan 3 Desa Wisata sebagai pemenang kategori Desa Wisata Kategori Alam. Lalu, untuk kategori Desa Wisata Kategori Budaya dimenangi oleh 3 Desa Wisata Kategori Desa Wisata Kategori Kreatif berhasil dimenangi oleh 3 Desa Wisata dan kategori Desa Wisata Kategori Digital didapatkan 1 Desa Wisata terfavorit.
Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA mengatakan “Kami bangga melihat seluruh antusias yang dilakukan oleh para finalis untuk menciptakan inovasi dan mengikuti seluruh rangkaian kompetisi ini. Meskipun dengan keterbatasan dan tantangan yang ada, namun saya yakin ini tidak menyurutkan para finalis untuk berjuang memperebutkan gelar pemenang,”
Sebagai tambahan informasi, BCA melalui program Bakti Komunitas dan pilar Solusi Bisnis Unggul ini mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Pendampingan terus dilakukan bagi 12 desa binaan dan pelatihan yang diberikan oleh BCA pun beragam diantaranya adalah pelatihan digital branding, pelatihan pemandu wisata, pelatihan standarisasi homestay, benchmarking dan pengembangan paket wisata. Untuk mendukung penyelenggaraan ajang ini, BCA telah menyiapkan total hadiah mencapai 600 juta beserta pendampingan bagi pemenang kompetisi ini.
“Semoga penganugerahan ini dapat menjadi awal yang baik untuk seluruh desa wisata di Indonesia untuk menggali potensi dari desanya. Tentunya Kami berharap kegiatan positif seperti ini dapat menginspirasi banyak pihak dan membantu pemulihan ekonomi di Indonesia khususnya bagi sektor pariwisata,” tutup Inge.
Penganugerahan BCA Desa Wisata Award 2021 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (kiri), dan Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja (kanan) memberikan sambutan dalam acara Penganugerahan BCA Desa Wisata Award 2021 pada Jumat (03/09). BCA melalui program corporate social responsibility berupaya untuk mengajak desa wisata berinovasi dan mengembangkan potensi.
Penganugerahan BCA Desa Wisata Award 2021 - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja (kiri) memberikan penghargaan kepada perwakilan pemenang Juara 1 Desa Wisata Kategori Alam yaitu Desa Wisata Taro, Bali, secara virtual.
Penganugerahan BCA Desa Wisata Award 2021 - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja (kiri) menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Dewan Juri yaitu, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo (kiri kedua), EVP CSR BCA Inge Setiawati (tengah), Pengamat & Ahli, Deputy Bidang Pengembangan Destinasi & Infrastruktur Tahun 2020 – 2021 Hari Sungkari (tengah kedua), Ketua Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran Dr. Evi Novianti, M.Si. (kanan), Direktur Tata Kelola Destinasi & Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf Indra Ni Tua (kanan kedua).
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : humas@bca.co.id