27 Sep 2024 | News & Features

myBCA x JDF Hadir Lagi lewat “myBCA Mentorship Project”

Jakarta Doodle Fest (JDF), sebuah ajang selebrasi seni visual yang digawangi oleh media TFR News akan hadir kembali pada tahun 2024 dengan tema baru: “Art to Cart”. Acara utama JDF tahun ini akan dilangsungkan pada 1 - 3 November mendatang di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Memasuki tahun kedua, BCA kembali berkolaborasi dengan JDF dengan menghadirkan sebuah program mentorship bagi mahasiswa untuk semakin semangat dalam berkarya.

Kegiatan ini juga sejalan dengan tema JDF “Art to Cart” yang bertujuan mengangkat pentingnya para seniman untuk tidak hanya berkarya, tetapi juga untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari karya mereka. Oleh karena itu, myBCA pun dihadirkan melalui berbagai fiturnya untuk mendukung karya-karya lewat #NyamannyaDuniamyBCA.


Apa itu myBCA Mentorship Project?

BCA bersama Jakarta Doodle Fest (JDF) 2024 memberikan kesempatan buat mahasiswa seni di Jabodetabek untuk mengikuti program mentorship yang menunjang karir mahasiswa menjadi seorang kreator visual. Dalam program ini mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan teknis mengenai dunia branding dan merchandising.


Siapa saja yang terlibat dalam myBCA Mentorship Project?

Program mentorship ini dapat diikuti oleh mahasiswa seni/desain dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) Alam Sutera dan Pradita University. Nantinya, mahasiswa akan dibimbing dan dipandu oleh praktisi yang sudah berpengalaman pada bidangnya yang ditunjuk oleh ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia).


Kapan myBCA Mentorship Project dilaksanakan?

Proses pendaftaran peserta akan dimulai pada minggu ke-4 September 2024. Lalu, event bertajuk “myBCA Mentorship Project” ini akan dilangsungkan pada Selasa, 1 Oktober 2024 di BINUS Alam Sutera dan Selasa, 8 Oktober 2024, di Pradita University. Keduanya akan mengangkat tema “Mastering the Art of Branding & Merchandising.” Nantinya, karya-karya mahasiswa dengan bimbingan para mentor akan ditampilkan pada main event Jakarta Doodle Fest (JDF), yang dilaksanakan pada 1 - 3 November 2024 di Taman Ismail Marzuki.


Apa tujuan myBCA Mentorship Project?

Tujuan utama dari program mentorship ini adalah memberikan ilmu bagi para mahasiswa tentang pembuatan corporate merchandise, dengan kesempatan untuk mengenyam real-life-experience merancang BCA Official Youngster Corporate Merchandise bagi satu tim terpilih. Diharapkan, kolaborasi bersama JDF dan BCA akan membekalkan ilmu serta pengalaman baru bagi para mahasiswa yang terlibat, apalagi dalam mempersiapkan mereka akan real life working experience selepas kuliah.


Bagaimana myBCA Mentorship Project dilaksanakan?

Secara garis besar, program ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu offline workshop bersama para mentor yang terbuka untuk 150 mahasiswa per kampus, dan portfolio submission yang akan memilih 9 kandidat per kelasnya untuk mengikuti workshop lanjutan tentang merchandise production yang lebih intensif.

Kemudian, 9 kandidat dari tiap kampus yang terpilih akan dibentuk menjadi 3 tim, sehingga totalnya program ini akan menaungi 6 tim dari perwakilan 2 kampus. Tiap tim kemudian akan berkolaborasi menghasilkan karya lalu mengumpulkan desain mereka untuk dinilai dan dievaluasi oleh JDF, BCA, dan para mentor. Terakhir, dipilih 1 tim terbaik yang karyanya akan diproduksi menjadi merchandise dan desainnya dipamerkan di booth BCA dalam acara utama Jakarta Doodle Fest. Di luar itu, tim pemenang juga akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp8.000.000,-.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Jakarta Doodle Fest ataupun myBCA Mentorship Project silakan kunjungi laman sosial Instagram @jakartadoodlefest dan instagram @GoodlifeBCA. Ayo dukung terus komunitas seni visual dan karya mereka dengan memeriahkan rangkaian acara Jakarta Doodle Fest 2024!