14 Apr 2025 | Edukatips

5 Kelebihan Asuransi Digital yang Harus Diketahui!

Perkembangan teknologi terus membawa perubahan yang mempermudah kegiatan kita sehari-hari dengan cara yang lebih cepat dan praktis. Mulai dari belanja, transaksi perbankan hingga layanan kesehatan bisa dilakukan secara online. Tren digitalisasi juga sudah merambah industri asuransi, tentunya dengan tujuan untuk mempermudah proses pembelian atau klaim asuransi.

Dulu, proses pembelian asuransi cukup panjang dan butuh banyak dokumen fisik yang perlu disiapkan. Sekarang, dengan asuransi digital, kita bisa membeli polis, mengelola berbagai keperluan polis asuransi lainnya, hingga mengajukan klaim melalui smartphone.

Selain itu, asuransi digital juga memiliki beberapa keuntungan lainnya dibandingkan dengan asuransi tradisional, di antaranya adalah:

1. Kemudahan Akses

Kita dapat mengakses berbagai produk asuransi kapan saja dan di mana saja melalui perangkat digital. Ini memudahkan proses transaksi saat pembelian atau membayar polis asuransi tanpa perlu mendatangi agen atau cabang perusahaan asuransi. Selain itu, kita juga dapat memastikan harga premi yang dikenakan sesuai dengan usia, gender, Uang Pertanggungan atau Plan asuransi yang akan dipilih serta metode pembayaran premi selanjutnya misalnya dengan autodebet kartu kredit.

2. Tanpa Medical Check Up

Keunggulan asuransi digital lainnya adalah kebanyakan asuransi digital calon nasabah tidak perlu melakukan medical check up dalam proses pengajuan, hal ini memudahkan kita khususnya yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Namun kita tetap perlu mengisi beberapa pertanyaan terkait kesehatan dengan jujur agar memudahkan jika suatu saat kita melakukan klaim asuransi.

3. Kenyamanan dalam Pengelolaan Polis

Melalui aplikasi atau platform online, kita dapat dengan mudah memantau status polis, melakukan pembaruan, atau mengubah data polis kapan saja dan di mana saja. Proses yang sebelumnya memerlukan kunjungan fisik ke kantor perusahaan asuransi kini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik, membuat pengelolaan polis menjadi lebih efisien dan praktis. Selain itu, kita juga dapat mengakses informasi terkait produk asuransi secara transparan, tanpa harus menunggu penjelasan dari agen.

4. Proses Klaim Lebih Praktis

Saat ingin klaim asuransi digital, kita dapat mengajukan klaim secara langsung melalui aplikasi, contact center, email atau website resmi penyedia asuransi. Misalnya, untuk produk MyGuard dari BCA dan BCA Life, kita bisa mengajukan klaim melalui Halo BCA atau email: customer@bcalife.co.id. Cukup dengan mengisi formulir pengajuan klaim secara digital, melengkapi dokumen yang diperlukan, dan mengirimkan softcopy serta hardcopy ke BCA Life. Pastikan dokumen klaim yang diajukan lengkap, maka klaim Anda akan diproses dalam waktu 10 hari kerja*.

5. Personalisasi Produk Sesuai Kebutuhan

Asuransi digital menawarkan keunggulan dengan kemampuan untuk mempersonalisasi produk sesuai kebutuhan individu. Kita bisa memilih jenis perlindungan yang sesuai dengan preferensi, mulai dari perlindungan kesehatan hingga kecelakaan. Selain itu, asuransi digital juga menyediakan fleksibilitas harga, memungkinkan kita menyesuaikan uang pertanggungan sesuai budget. Hal ini membuat asuransi lebih terjangkau dan mudah diakses, memberikan kenyamanan dan keamanan finansial yang lebih baik bagi setiap orang.

BCA bekerja sama dengan BCA Life menghadirkan MyGuard, asuransi digital yang memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Perlindungan jiwa karena Sakit/Penyakit maupun Kecelakaan hingga Rp1 Miliar tanpa medical check up.
  • Biaya premi terjangkau, mulai dari Rp14 ribuan/bulan
  • Perpanjangan masa perlindungan secara otomatis, tanpa perlu mendaftar ulang kembali sepanjang Pemegang Polis membayar Premi
  • Kemudahan pengajuan bagi nasabah BCA melalui fitur Proteksi di MyBCA

*Proses klaim diproses dalam waktu 10 hari kerja, dan jika diperlukan investigasi, waktu pemrosesan akan diperpanjang hingga 60 hari lagi.

Cobain sendiri kemudahannya dengan daftar asuransi MyGuard sekarang!