11 Okt 2024 | Edukatips

Dana Darurat: Mengapa Harus Disiapkan dan Bagaimana Caranya?

Dana darurat berfungsi sebagai penyangga keuangan yang penting saat menghadapi situasi darurat yang tidak terduga, seperti penyakit mendadak, kerusakan kendaraan atau keperluan mendesak lainnya. 

Mengingat perannya yang penting agar keadaan keuangan tidak serta merta berantakan saat ada hal mendesak yang dibutuhkan, kenali lebih jauh mengenai dana darurat. 

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat menyiapkan dana darurat:

  1. Tentukan besaran dana darurat yang sesuai dengan kebutuhan individu atau keluarga. Secara umum jika belum menikah disarankan untuk memiliki dana darurat minimal 3 kali biaya hidup atau gaji bulanan dan untuk yang sudah menikah disarankan untuk menyiapkan minimal 6 kali biaya hidup atau gaji bulanan.
  2. Pilih jenis produk yang cocok untuk dana darurat. Contohnya kas dan deposito serta investasi yang sifatnya mudah dicairkan sewaktu-waktu dengan harga wajar seperti Reksa Dana Pasar Uang. 
  3. Pisahkan dana darurat dari investasi jangka panjang yang memiliki risiko lebih tinggi. Hal ini akan memastikan dana darurat tetap aman dan tersedia saat dibutuhkan.
  4. Sebaiknya dana darurat bersifat likuid, aman, tidak volatile (harga lebih stabil) dan dapat dengan mudah dicairkan saat dibutuhkan. 
  5. Meskipun dana darurat sebaiknya tetap aman dan likuid, tetap pertimbangkan untuk memilih investasi yang mampu tumbuh seiring dengan inflasi. Hal ini akan membantu menjaga nilai dana darurat dari penyusutan daya beli akibat inflasi.

Salah satu pilihannya, dana darurat dapat dialokasikan melalui investasi di myBCA yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja serta menyediakan beragam produk dari Deposito hingga Reksa Dana. Di fitur Welma di myBCA juga terdapat pilihan untuk membandingkan produk investasi yang tersedia sehingga memudahkan dalam memilih investasi yang cocok sesuai kebutuhan dan tujuan masing-masing.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, yuk persiapkan dan kelola dana darurat secara lebih efektif dan optimal. Selalu ingat bahwa dana darurat adalah salah satu fondasi utama yang perlu dimiliki dalam perencanaan keuangan yang sehat.

Download myBCA di App Store atau Play Store untuk merasakan #NyamannyaDuniaMyBCA!