24 Sep 2024 | Edukatips

Kenali Tanda-Tanda Renovasi Rumah Diperlukan

Saat ingin renovasi hunian, sering kali terdapat berbagai faktor yang menjadi kendala. Salah satunya adalah kebutuhan dana renovasi, belum menemukan rumah atau tempat sementara untuk pindah selama rumah direnovasi, belum menemukan kontraktor terpercaya, dan menunda karena rumah masih bisa ditinggali saat ini. 

Maka dari itu penting untuk mengetahui tanda-tanda awal untuk merenovasi rumah agar tidak terlambat di kemudian hari. Berikut beberapa indikasi atau tanda bahwa hunian sudah perlu renovasi:

1. Terdapat bagian rumah yang rusak atau menyebabkan risiko bahaya

Pada rumah berumur, biasanya mulai muncul masalah seperti kayu atap yang termakan rayap atau atap yang bocor. Jika tidak segera diperbaiki, hal tersebut bisa merembet ke masalah lainnya seperti air hujan yang masuk ke dalam rumah sehingga banyak barang yang rusak. Bahkan jika atap rapuh bisa membahayakan karena rawan runtuh.

2. Memerlukan ruangan lebih banyak atau menambahkan fungsi rumah

Kehadiran anggota keluarga baru merupakan salah satu alasan perlunya renovasi rumah agar lebih luas dan tetap fungsional. Seperti saat kamar tersendiri untuk anak, kamar mandi tambahan, kebutuhan ruang makan yang lebih luas, atau tambahan mobil yang membutuhkan tempat untuk parkir. Alasan tersebut merupakan indikasi yang tepat untuk merenovasi rumah supaya lebih besar dan fungsional.

3. Rumah terasa tidak nyaman

Rumah seharusnya menjadi tempat nyaman dan betah untuk huni. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan rumah tidak nyaman seperti desain rumah yang kurang ramah untuk lansia, kurang pencahayaan sehingga boros listrik, atau mungkin ventilasi rumah yang tidak baik sehingga sirkulasi udara terganggu. Jika sudah mengalaminya, ini saat yang tepat untuk merenovasi rumah sesuai selera demi kenyamanan keluarga.

Itulah beberapa tanda untuk segera melakukan renovasi rumah. Sudah siapkah untuk level up rumah agar lebih nyaman dihuni? Dapatkan tambahan dana untuk renovasi hunian keluarga bersama KPR BCA Renovasi dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi website Rumahsaya.bca.co.id
  2. Pilih Simulasi KPR
  3. Pilih Renovasi
  4. Pilih pekerjaan dan usia, lalu klik Selanjutnya
  5. Masukkan data Rencana Anggaran Biaya (RAB), dana awal yang tersedia, jangka waktu, dan bunga. Perhitungan angsuran per bulan akan muncul
  6. Pilih Konsultasi KPR untuk dihubungi oleh tim KPR BCA

Yuk, kunjungi Rumahsaya.bca.co.id dan wujudkan hunian impian!