02 Agt 2024 | Edukatips

Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Pendapatan bulanan sering kali bertambah jika sedang ada momen THR atau bonus lainnya. Namun tak jarang pengeluaran malah lebih besar dari hari-hari biasanya jika ada acara atau perayaan tertentu. Jika tidak mengatur keuangan dengan baik, kesehatan finansial bisa jadi terganggu.

Kunci mengelola keuangan adalah mengatur kembali pengeluaran dan jumlah tabungan yang terpakai. Cek tipsnya:

1. Hitung ulang kondisi finansial 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengembalikan kembali perhitungan ke awal. Hitung ulang pemasukan rutin yang didapatkan dari gaji bulanan dan pemasukan lainnya. Lalu, sesuaikan dengan pengeluaran wajib yang harus dibayarkan setiap bulannya. Buat skala prioritas dalam pengeluaran dan pastikan untuk mendahulukan pengeluaran penting. 

2. Atur skala prioritas

Mungkin bukan saat yang tepat untuk memikirkan mengganti smartphone atau laptop baru jika pengeluaran di bulan tertentu sedang tinggi-tingginya. Dahulukan kebutuhan penting alih-alih melirik kebutuhan sekunder atau tersier. Kurangi juga pengeluaran konsumtif, seperti jalan-jalan di mal, nongkrong di kafe, atau staycation dalam waktu dekat. 

3. Siapkan pos-pos keuangan khusus

Jika memungkinkan, dana yang biasa dipakai untuk belanja konsumtif mulai disimpan ke dalam tabungan. Cobalah untuk mengembalikan jumlah tabungan ke nilai sebelumnya dengan menambah setorannya. Jangan lupakan tentang dana darurat. Tetap selalu masukkan pengelolaan keuangan rutin setiap bulannya ke dalam pos yang satu ini.

4. Jangan sampai bayar denda

Setiap orang memiliki kebutuhan tertentu yang wajib dibayarkan setiap bulannya. Sebut saja tagihan bulanan, seperti tagihan listrik, telepon, handphone, internet, asuransi atau TV berbayar. Akan ada denda jika terjadi keterlambatan membayar dan hal itu malah membuat pengeluaran lebih besar jadinya. 

Untuk memudahkan bayar tagihan bulanan, gunakan solusi tepat untuk melakukan pembayaran otomatis setiap bulannya dengan Autopay BCA. Dengan sistem pembayaran ini, tagihan yang sudah diatur akan dibayarkan setiap bulannya sehingga membantu ketika lupa atau terlalu sibuk untuk membayar tagihan.

Tagihan akan lebih terorganisir dan dapat dijadwalkan sesuai dengan tanggal sebelum jatuh tempo, sehingga dapat menghindari denda jika terjadi keterlambatan. Selain itu, setiap transaksi terjadwal yang dilakukan lewat Autopay BCA dapat dilihat lewat billing statement tiap bulannya. 

Pakai Autopay BCA membuat transaksi semakin praktis, karena tagihan langsung di debet ke Kartu Kredit BCA. Keuntungan lainnya, setiap transaksi menggunakan Autopay BCA di merchant yang bekerja sama akan memperoleh Reward BCA, cek daftar merchant-nya di sini.

Sangat praktis dan menguntungkan, bukan? Segera pakai Autopay BCA untuk atur pembayaran tagihan bulanan lebih praktis.