11 Jul 2024 | Edukatips

Lebih dari Uang Pertanggungan, Manfaat Tersembunyi Asuransi Jiwa

Biasanya, kata “manfaat asuransi jiwa” identik dengan mengamankan finansial keluarga, melindungi keluarga dari warisan hutang, pembagian warisan yang adil, menciptakan aset yang lebih likuid dan bebas pajak serta menciptakan aset besar dari uang kecil.

Selain manfaat-manfaat di atas, BCA Life Heritage Protection sebagai produk asuransi jiwa dari BCA Life yang dibuat khusus untuk Nasabah BCA memiliki beberapa manfaat yang berbeda. Yuk, lihat pembahasannya satu per satu!

1. Manfaat Nilai Pertanggungan Tambahan

Selain Uang Pertanggungan yang nilainya pasti, keluarga yang menjadi penerima manfaat juga akan menerima sejumlah Nilai Pertanggungan Tambahan yang sudah dibukukan saat Tertanggung meninggal dunia. Besarnya Nilai Pertanggungan Tambahan ini tidak dijamin, namun saat sudah dibukukan nilainya menjadi tetap. Besarnya Nilai Pertanggungan Tambahan yang dibukukan akan diinformasikan tiap tahun melalui email atau surat tertulis kepada Pemegang Polis. Dengan Nilai Pertanggungan Tambahan, dampak inflasi terhadap Uang Pertanggungan dapat diminimalisir.

Jadi ketika Tertanggung meninggal dunia, BCA Life akan membayarkan manfaat sebesar Uang Pertanggungan ditambah Nilai Pertanggungan Tambahan yang sudah dibukukan. Dengan demikian nilai manfaat meninggal dunia akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

2. Manfaat Terminal Illness

Selain manfaat meninggal dunia, BCA Life Heritage Protection juga memberikan manfaat saat Tertanggung terdiagnosis terminal illness, yaitu saat Tertanggung terdiagnosis penyakit yang tidak dapat disembuhkan atau diobati secara akurat dan diperkirakan hanya memiliki kesempatan hidup selama 6 bulan. Besarnya manfaat yang dibayarkan adalah sebesar 20% dari Uang Pertanggungan atau maksimal Rp3 miliar.

Dengan adanya manfaat ini, diharapkan keluarga bisa menggunakan santunan tersebut untuk mewujudkan upaya pengobatan maksimal atau impian dari Tertanggung atau memenuhi kebutuhan lainnya karena hilangnya penghasilan dari Tertanggung selama menderita sakit.

3. Manfaat Pinjaman Dana Darurat

Uang Pertanggungan dari asuransi jiwa adalah dana cadangan atau dana warisan yang disiapkan sebagai bantalan finansial yang relatif likuid bagi keluarga apabila Tertanggung berpulang lebih dini. Namun demikian ada “modal” dalam bentuk premi yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Seiring waktu dan perubahan kondisi finansial bisa jadi dana yang sudah dibayarkan tersebut dibutuhkan untuk keperluan lain, semisal untuk tambahan modal kerja anak, tambahan biaya untuk menikahkan anak, melunasi hutang dan lainnya. Oleh karena itu, pada produk BCA Life Heritage Protection dapat mengajukan pinjaman dana darurat dari polis yang dimiliki dengan nilai maksimal 80% dari Nilai Tunai yang dijamin pada saat pengajuan tersebut.

4. Manfaat Penebusan Polis

Salah satu fungsi asuransi adalah untuk berjaga-jaga atas dampak finansial dari risiko tak terduga, terutama saat anak-anak masih belum mandiri atau bisnis yang dibangun belum menjadi bisnis dengan sistem yang meminimalisir tingkat ketergantungan pada Tertanggung.

Namun saat periode tersebut dilewati dan keluarga sudah tidak membutuhkan warisan dari Uang Pertanggungan tersebut dan ingin menikmati dana yang dulu dibayarkan sebagai premi Asuransi, harapannya penutupan polis dapat dilakukan tanpa merasa rugi. Pada produk BCA Life Heritage Protection, saat menutup polis maka premi yang sudah dibayarkan sebesar Nilai Tunai yang Dijamin yang dicantumkan di dalam polis dapat diperoleh kembali. Bukan itu saja, tambahan berupa nilai tunai dari nilai pertanggungan tambahan (jika ada) juga dapat diperoleh.

Satu hal yang harus diingat bahwa dengan menutup polis berarti perlindungan jiwa Tertanggung telah berakhir.

5. Manfaat Akhir Asuransi

Perlindungan yang diberikan produk BCA Life Heritage Protection adalah seumur hidup, sampai Tertanggung berusia 99 tahun. Untuk Tertanggung yang sudah berusia lebih dari 99 tahun, tersedia manfaat akhir asuransi yaitu manfaat sebesar Uang Pertanggungan ditambah dengan Nilai Pertanggungan Tambahan yang sudah dibukukan (jika ada). Manfaat tersebut akan dibayarkan kepada Pemegang Polis.

Itu dia, sejumlah manfaat lain selain Uang Pertanggungan yang bisa didapatkan dengan memiliki produk asuransi jiwa BCA Life Heritage Protection. Yuk, buat portofolio warisan dengan pilihan jangka waktu pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansial, yaitu pembayaran sekaligus (premi tunggal) atau pembayaran premi berkala (5, 10, 15, atau 20 tahun). Tertarik?

Informasi lebih lanjut, kunjungi Cabang BCA terdekat atau klik di sini!