21 Mar 2024 | Edukatips

6 Tips Memilih Tempat Liburan Seru

Kalau bahas tentang liburan, setiap orang pasti punya pilihannya masing-masing untuk menentukan tempat liburan yang seru.

Ada yang menyukai tempat kuliner, wisata alam, mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau menghadiri festival. Memilih tempat liburan memerlukan pertimbangan matang agar liburan menjadi seru sekaligus nyaman dilakukan.

Sebelum liburan, cobalah untuk melakukan riset mendalam untuk setiap lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Berikut ini hal-hal penting yang harus direncanakan sebelum pergi berlibur:

1. Lokasi yang sesuai

Memilih lokasi tempat liburan bisa disesuaikan dengan waktu yang dimiliki. Jika waktu liburan panjang, maka bisa memilih lokasi yang jauh seperti ke luar kota maupun ke luar negeri. Namun, jika ingin liburan singkat, memilih lokasi yang tidak terlalu jauh jadi pilihan yang tepat.

Untuk membantu memilih lokasi liburan yang dekat, lakukan riset terlebih dahulu. Pilih tempat wisata rekomendasi dan cek jarak lokasi menuju tempat tersebut. Cari tempat wisata yang ingin dikunjungi lewat fitur Lifestyle di BCA mobile.

Di menu Wisata Indonesia pada fitur Lifestyle di BCA mobile, lebih mudah untuk memilih destinasi tempat wisata sesuai dengan mudah dan informatif.

2. Pilih liburan pribadi atau berkelompok

Tidak semua orang cocok dengan liburan berkelompok atau ikut rombongan tur dengan jadwal yang sudah ditentukan. Menjadi solo traveler atau liburan pribadi punya kelebihan bisa bebas menentukan lokasi serta waktu untuk masing-masing destinasi.

Dengan cara ini dapat waktu berlibur dapat digunakan untuk eksplorasi banyak hal tanpa perlu memikirkan waktu terbatas yang disediakan oleh agensi tur.

Merencanakan liburan pribadi dengan keluarga mungkin akan sedikit merepotkan karena semua akomodasi harus dilakukan sendiri. Namun, liburan seperti ini akan terasa lebih seru setelah selesai karena perasaan puas yang dirasakan.

3. Sesuaikan dengan cuaca

Jika memilih tempat wisata alam atau outdoor pastikan sudah memeriksa perkiraan cuaca dan musim.

Terlebih lagi jika pergi berlibur ke negara yang memiliki musim berbeda dengan Indonesia. Menyesuaikan musim dan cuaca akan penting untuk memberikan persiapan untuk pengalaman yang lebih baik saat liburan.

Saat sudah yakin terkait cuaca dan musim, tentu liburan akan jadi lebih seru tanpa harus khawatir kurang persiapan.

4. Pilih tempat wisata yang edukatif

Jangan asal pilih tempat wisata yang sekadar menawarkan kesenangan saja. Tempat wisata seperti museum atau tempat bersejarah juga bisa menjadi rekomendasi.

Banyaknya museum atau tempat bersejarah di lokasi kunjungan wisata yang akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan tidak kalah seru. Apalagi saat ini sudah ada kemudahan untuk membeli tiket untuk akses masuk secara online.

Di menu TIket Atraksi pada fitur Lifestyle BCA mobile ada berbagai tiket atraksi menarik untuk mengunjungi museum, pameran, dan lokasi tempat wisata edukatif yang wajib dicoba!

5. Pesan seluruh akomodasi dari jauh hari

Hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan akomodasi dari jauh-jauh hari.

Contohnya mempersiapkan tiket transportasi menuju ke sana, hingga penginapan jika memang ingin bermalam. Pastikan sudah menyiapkan urusan akomodasi minimal tujuh hari sebelum keberangkatan.

Untuk lebih mudah memesan seluruh akomodasi wisata, pakai fitur Lifestyle BCA mobile. Bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta, booking hotel dan banyak lagi.

Ada banyak kemudahan yang bisa didapat dengan memanfaatkan Fitur Lifestyle di BCA mobile.

Yuk cobain sendiri kemudahannya!