14 Mar 2024 | Edukatips

Mengenal Perubahan Status Nomor Handphone e-Banking BCA

Pernah gagal transaksi saat menggunakan e-Banking? Atau tidak menerima Kode OTP lewat SMS ke nomor handphone yang terhubung e-Banking? Ternyata, bukan hanya dikarenakan jaringan internet yang gangguan atau tidak ada pulsa, tapi bisa jadi karena nomor handphone terkena recycle dari provider telepon dan berstatus tidak aktif. 

Nomor handphone recycled adalah nomor handphone yang dinyatakan sudah tidak aktif oleh provider telekomunikasi, karena telah melewati masa tenggang dan dijual kembali. 

Sedangkan, nomor HP e-Banking dormant adalah nomor handphone yang dinyatakan sudah tidak aktif karena tidak ada aktivitas atau transaksi melalui e-Banking yang terhubung dengan nomor tersebut.

Apabila suatu saat ada penggantian nomor handphone baru, maka nomor yang sebelumnya telah terdaftar dan terkoneksi dengan e-Banking BCA harus ditutup. Hal ini supaya nomor lama tersebut tidak terhubung dengan rekening, apalagi jika nomor tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Perubahan Status Nomor Handphone e-Banking BCA

Untuk meningkatkan keamanan transaksi setiap nasabah BCA yang menggunakan nomor handphone sebagai sarana otentikasi dan otorisasi transaksi e-Banking BCA, sistem BCA secara otomatis akan melakukan perubahan status pada semua nomor handphone e-Banking yang dikategorikan nomor handphone recycled dan dormant ditambah dengan beberapa kriteria tertentu.

Sistem perubahan status untuk nomor handphone e-Banking BCA meliputi pemblokiran dan penghapusan nomor, jika dalam kurun waktu tertentu tidak ada aktivitas atau transaksi dari nomor e-Banking BCA tersebut. 

Hal ini dilakukan oleh BCA sebagai salah satu langkah pencegahan supaya nomor handphone nasabah tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Seperti kita tahu, nomor handphone yang sudah tidak digunakan dan masih terhubung dengan e-Banking atau internet banking berpotensi dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk menguras dana yang tersimpan di rekening BCA. 

Selain itu, perubahan status nomor handphone e-Banking juga bertujuan memastikan nomor handphone e-Banking tidak dapat dimiliki oleh nasabah yang berbeda. 

Tips Agar Nomor Handphone e-Banking BCA Terjaga

Untuk itu keamanan nomor handphone yang terkoneksi dengan e-Banking BCA perlu dijaga supaya transaksi perbankan nyaman dan terlindungi. Mau tau tipsnya? Langsung cek di bawah ini. 

1. Isi Pulsa Secara Berkala

Mengisi pulsa membuat masa aktif kartu lebih panjang. Hal ini juga membuat kartu terhindar dari kadaluarsa atau masa tenggang yang bisa bikin transaksi e-Banking BCA terkendala. 

2. Lakukan Pembaruan Data

Jika ingin ganti nomor handphone, sebaiknya lakukan pembaruan data BCA menggunakan nomor baru yang akan didaftarkan untuk e-Banking. Untuk penghapusan atau perubahan nomor handphone e-banking bisa dilakukan lewat Kantor Cabang BCA, Halo BCA atau mesin ATM BCA.

Cara menghapus Nomor Handphone e-Banking melalui ATM

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat
  2. Pilih Transaksi Lainnya 
  3. Pilih Daftar e-banking
  4. Pilih No. HP e-banking
  5. Pilih nomor handphone yang ingin dihapus
  6. Input angka 0 (nol)
  7. Konfirmasi penghapusan nomor handphone
  8. Mesin ATM mengeluarkan struk sebagai bukti penghapusan nomor handphone e-banking

Cara mengubah Nomor Handphone e-Banking melalui ATM

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat
  2. Pilih Transaksi Lainnya 
  3. Pilih Daftar e-banking
  4. Pilih No. HP e-banking
  5. Pilih nomor handphone yang ingin dihapus
  6. Masukan nomor handphone yang akan menggantikan nomor handphone lama
  7. Konfirmasi nomor handphone yang akan menggantikan nomor HP yang diubah
  8. Mesin ATM mengeluarkan struk sebagai bukti pengubahan nomor handphone e-banking

3. Hindari Membagikan Data Pribadi di Media Sosial

Nomor handphone e-Banking BCA termasuk data pribadi. Karena itu, jangan share nomor handphone di media sosial atau platform apa pun yang bisa mengundang oknum-oknum penipu beraksi ya. Ingat, datamu rahasiamu. 

Itu dia sekilas tentang perubahan status nomor handphone e-Banking BCA beserta tips-tipsnya. 

Share tips-tips bermanfaat ini ke teman-temanmu yuk, GoodFriends.