11 Apr 2023 | Edukatips

Bancassurance: Pengertian dan Manfaatnya

Sekarang memiliki asuransi sudah lebih mudah. Melalui kerjasama dengan perbankan, sejumlah perusahaan asuransi dapat menyediakan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah bank. 

Kerjasama antara bank dan perusahaan asuransi ini disebut dengan bancassurance. Cari tahu yuk, keuntungan apa yang bisa didapatkan dari pengajuan asuransi via bank di bawah ini!

Apa Itu Bancassurance?

Bancassurance merupakan kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi untuk memenuhi kebutuhan proteksi nasabah. Ada beberapa model bisnis dalam bancassurance, di mana bank bisa berperan sebagai pemberi referral  saja atau sebagai pemasar (Telemarketing/produk integrasi). Pada model bisnis referral in branch, peran bank hanya sebagai pemberi referral, sementara penjelasan terkait produk berikut layanan purna jual menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi.

Apa Manfaat Bancassurance?

Pada saat kamu datang ke kantor cabang, staf bank akan membantu untuk mengenali kebutuhan proteksi kamu dan jika setuju, kamu akan dikenalkan ke tenaga pemasar asuransi (Bancassurance Life Consultant/Financial Advisor). 

Tenaga pemasar asuransi akan membantu kamu untuk memastikan kebutuhan proteksi, merekomendasikan produk dan uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan, menjelaskan secara lengkap benefit, biaya dan risiko dari produk sesuai ilustrasi, dan membantu proses pengajuan asuransi. Selain itu tenaga pemasar juga siap loh menangani segala kebutuhan kamu tentang polis asuransi yang kamu beli.

Dengan adanya sesi konsultasi dan layanan purna jual ini, sudah pasti akan memudahkan kamu untuk mendapatkan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan.

BCA sebagai bank yang senantiasa di sisi Anda, bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi, yaitu AIA untuk memenuhi kebutuhan proteksi jiwa, kesehatan, pendidikan, pensiun, BCA Life untuk asuransi jiwa dan BCA Insurance untuk proteksi berbagai aset serta asuransi perjalanan.

Jadi apapun kebutuhan asuransimu bisa didapatkan di BCA, "one stop shopping". Cek yuk produk bancassurance yang sesuai dengan kebutuhan kamu di sini