04 Nov 2022 | Edukatips

Cara Simpel Bayar Pajak Lewat BCA

Kemajuan teknologi memudahkan setiap orang membayar pajak. Dengan sistem e-billing, masyarakat tidak lagi perlu mengisi berbagai formulir secara manual. Cara bayar pajak kini dapat dilakukan secara elektronik dan transaksi secara otomatis tercatat secara real-time sehingga risiko terjadinya kesalahan data dapat diminimalisir.

Cara bayar pajak NPWP kini bisa melalui berbagai macam metode. Salah satu layanan yang memudahkan para Wajib Pajak menunaikan kewajibannya adalah BCA mobile, KlikBCA, dan ATM BCA. Dengan BCA mobile, KlikBCA dan ATM BCA pembayaran pajak dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Alasan Harus Bayar Pajak

Sebelum masuk pembahasan mengenai cara pembayaran pajak, perlu diketahui terlebih dulu mengenai pentingnya pajak sebagai penerimaan negara. Pajak merupakan penerimaan negara terbesar yang dikumpulkan negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Melalui pajak, ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan kembali oleh masyarakat, mulai dari fasilitas Pendidikan, kesehatan, transportasi, hingga infrastruktur.

Membayar pajak juga dapat memperlancar proses bisnis dan meningkatkan kredibilitas bisnis. Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menjadi persyaratan dalam banyak transaksi bisnis. Menjalankan kewajiban perpajakan menjadi bukti bahwa badan usaha merupakan Wajib Pajak yang taat sehingga dapat memperlancar proses bisnis yang dijalankan dan membuat nilai bisnis bertambah baik.

Sebagian besar dari total pendapatan negara adalah pajak. Dengan kata lain, tanpa adanya pajak, penerimaan negara akan lumpuh sehingga negara tidak lagi dapat menjalankan fungsi dengan semestinya. Oleh karena itu, pembayaran pajak merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bagi warga negara, khususnya bagi individu atau usaha yang sudah masuk kategori wajib pajak. Jika terjadi pelanggaran atau ketidakpatuhan, pihaknya akan dikenai hukuman, seperti denda, bunga, hingga kurungan penjara.

Mendapatkan Kode Billing ID Pajak

Sebelum mengetahui cara bayar pajak melalui BCA mobile, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan kode billing ID pajak terlebih dulu. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 115/PMK.05/2017, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan Wajib Pajak.

Kode billing atau ID billing berfungsi sebagai pengganti Surat Setoran Pajak manual. Untuk mendapatkan kode billing, ada beragam cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah melalui Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di Kantor Pelayanan Pajak.

Cara membuat kode billing lainnya yang bisa dipilih adalah melalui teller bank atau kantor pos. Wajib Pajak dapat membuat Surat Setoran Pajak terlebih dulu sebelum membayar. Lalu, pihak teller bank atau petugas pos akan membuatkan kode billing.

BCA adalah salah satu bank persepsi yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan untuk menerima setoran penerimaan negara, salah satunya adalah penerimaan pajak. Oleh karena itu, aktivitas pembayaran pajak dapat dilakukan melalui produk-produk layanan BCA, di antaranya adalah BCA mobile, KlikBCA dan ATM BCA.

Cara Bayar Pajak melalui BCA mobile

Cara bayar NPWP lewat aplikasi mobile banking BCA bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Masuk ke aplikasi BCA mobile melalui perangkat smartphone.
  2. Pilih menu “m-BCA”
  3. Pilih menu “m-Payment”.
  4. Pilih “Pajak” dan tentukan jenis pajak yang akan dibayarkan.
  5. Masukkan Nomor Objek Pajak di “Input No. Objek Pajak”.
  6. Tentukan tahun pembayaran Objek Pajak.
  7. Nominal tagihan akan muncul. Jika sudah benar, klik “OK” lalu masukkan PIN m-BCA.
  8. Akan tampil notifikasi yang memberitahukan bahwa pembayaran pajak telah berhasil dilakukan.

Cara Bayar Pajak melalui KlikBCA

Cara bayar pajak melalui internet banking KlikBCA adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs KlikBCA (https://ibank.klikbca.com) pada desktop (laptop/PC)
  2. Masukkan user ID dan password untuk login.
  3. Pilih “Pembayaran”.
  4. Pilih “Pajak” dan tentukan “Jenis Pajak: Penerimaan Negara”.
  5. Masukkan kode billing pajak lalu klik “Lanjutkan”.
  6. Akan tampil detail mengenai pajak yang akan dibayarkan. Lakukan konfirmasi lalu masukkan respons KeyBCA APPLI 1 dan klik “Kirim”.
  7. Muncul konfirmasi bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.

Cara Bayar Pajak melalui ATM BCA

Cukup kunjungi ATM BCA terdekat di tempat tinggal lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masukkan kartu ATM dan masukkan PIN ATM.
  2. Pilih opsi “Transaksi Lainnya”.
  3. Pilih “Pembayaran”.
  4. Pilih menu “MPN/Pajak”.
  5. Pilih menu “Penerimaan Negara”
  6. Masukkan kode billing pajak.
  7. Lakukan konfirmasi pembayaran. Jika pembayaran telah berhasil, akan tampil struk Bukti Penerimaan Negara (BPN).

Demikian langkah-langkah cara bayar pajak melalui channel-channel BCA. Jangan lupa untuk selalu menjalankan kewajiban bayar pajak kamu ya.