Kembali ke Pressroom
07 Okt 2024

Pojok UMKM BCA: Sukses Berdayakan Pelaku Usaha Sumatera Barat

Padang, 4 Oktober 2024 - Pojok UMKM BCA berhasil menuai respons positif dari berbagai pemangku kepentingan atas dampak positif yang dibawa. Sejak diresmikan pada Januari 2024 lalu, kegiatan ini sukses diikuti oleh 56 UMKM lokal dan berhasil membukukan transaksi sebesar Rp151,841,500.

Pojok UMKM BCA merupakan bentuk inisiatif perusahaan untuk memperluas akses pasar bagi UMKM lokal sekaligus wadah promosi kepada nasabah dan masyarakat luas. Selain membuka gerai, Pojok UMKM BCA juga mengadakan sejumlah pelatihan untuk memperkuat kualitas produk-produk karya UMKM. Sumatera Barat menjadi provinsi pertama dijalankannya Pojok UMKM BCA ini.

Kepala KCU BCA Padang Robert Siahaan mengungkapkan, "Sejak dibuka pada Januari lalu, Pojok UMKM BCA di KCU Padang terus menarik minat nasabah. Sambil bertransaksi perbankan, nasabah juga dapat membeli produk UMKM yang ditawarkan. Kami senang bahwa inisiatif ini ternyata tidak hanya bermanfaat bagi pengusaha UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi nasabah kami."

Selama 6 bulan, BCA bersama pelaku usaha mengkurasi produk-produk yang dipamerkan di area Pojok UMKM, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan. Terdapat 30 merek lokal yang dijajakan setiap bulan dan berganti secara berkala dengan produk UMKM lainnya yang ada di wilayah Padang dan sekitarnya. Hal ini untuk memberikan kesempatan yang sama di antara para pelaku usaha dan menyajikan pilihan yang beragam dan berkualitas kepada calon pembeli.

Untuk memastikan kelancaran transaksi dan mendorong edukasi perbankan digital bagi nasabah, BCA menyediakan akses pembayaran berupa QRIS untuk setiap transaksi. Inisiatif ini pun diterima dengan baik oleh UMKM dan nasabah, sehingga penerapan QRIS di gerai Pojok UMKM sangat tinggi.

Selain memberikan wadah dan akses untuk untuk promosi, komitmen BCA dalam memajukan ekonomi rakyat juga ditunjukkan dengan pemberian pelatihan kepada para pelaku usaha. Beberapa pelatihan yang diberikan adalah pelatihan pengemasan bersama Indonesia Design Development Center (IDDC) dari Kementerian Perdagangan, dan sertifikat halal self-declare untuk membuat produk-produk UMKM layak untuk diekspor. Keseluruhan program dukungan kepada UMKM yang dilaksanakan di KCU Padang ini pun mendapatkan apresiasi dari Pemprov Sumatera Barat dan Bank Indonesia Sumatera Barat.

Prisca Maria Pratana, perwakilan pelaku usaha di Pojok UMKM BCA menyatakan, “Kami berterima kasih kepada BCA yang mengundang kami untuk ikut ambil bagian di Pojok UMKM CA. Ini merupakan sebuah kebangaan bagi Lile Chocolate. Tidak hanya diberikan ruang untuk berjualan, kami juga menerima berbagai pelatihan yang membantu kami memproduksi produk yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat luas.”

Rangkaian program Pojok UMKM BCA merupakan bagian dari payung program CSR ‘Bakti BCA’ yang bertujuan mengembangkan usaha kerakyatan atau UMKM agar berkembang secara mandiri. Berbagai inisiatif telah dilakukan BCA, di antaranya adalah memfasilitasi penerbitan 1000 sertifikat halal hingga akhir 2023. Program ini pun masih terus dilanjutkan hingga 2024 dengan target penerbitan 2000 sertifikat kepada UMKM di seluruh Indonesia. BCA juga memberikan pembekalan persiapan ekspor kepada 60 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia hingga September 2024. Selain itu, saat ini BCA juga tercatat telah membina sebanyak 15 Desa Bakti BCA yang tersebar di berbagai provinsi. Komitmen BCA ini juga tercermin dengan pertumbuhan penyaluran kredit UMKM BCA naik sebesar 12,7% YoY hingga menyentuh Rp114,4 triliun.

“Kami sangat senang dengan respon nasabah dan pelaku usaha terhadap kehadiran Pojok UMKM BCA di Padang. Program ini merupakan bentuk nyata komitmen BCA dalam keberpihakannya kepada usaha milik rakyat. Kami berharap gerai Pojok UMKM BCA dapat segera kami hadirkan di cabang-cabang lain, sehingga pelaku UMKM di daerah lain mendapatkan akses dan peluang yang sama untuk mengembangkan usaha mereka,” tutur Freddy Iman EVP Commercial dan SME BCA.

Keterangan Foto 1 & 2:

Pojok UMKM BCA Berdayakan Bisnis Lokal - Prisca Maria Pratana, salah satu pemilik UMKM yang ikut serta memasarkan produknya di Pojok UMKM BCA. Pojok UMKM BCA merupakan bentuk inisiatif BCA untuk memperluas akses pasar bagi UMKM lokal sekaligus wadah promosi kepada nasabah dan masyarakat luas. Sejak diresmikan pada Januari 2024 lalu, kegiatan ini sukses diikuti oleh 56 UMKM lokal dan membukukan transaksi hingga Rp151,841,500.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA