Kembali ke Pressroom
06 Sep 2024

BCA Gelar UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya, Dorong Pelaku Usaha Lokal Masuk Pasar Global

Surabaya, 3 September 2024 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 perdana di Kota Surabaya. Kegiatan di Surabaya ini menyusul program serupa yang sebelumnya digelar di Kota Malang dan Bandung, beberapa pekan lalu. BCA bekerja sama dengan International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia menyediakan wadah bagi pelaku UMKM dari berbagai daerah untuk menguasai strategi menembus pasar internasional.

Sebanyak 21 UMKM mengikuti pelatihan yang digelar di Fairfield by Marriott, Surabaya, 3–7 September 2024. Pembukaan Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 Surabaya dihadiri EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Kepala Kantor Wilayah III BCA Hendrik Sia, serta Direktur Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Horas V. M. Tarihoran.

Workshop ini merupakan bagian rangkaian program UMKM Indonesia Go Export yang dibuka pada 21 Agustus di Malang. Peserta akan mengikuti kurikulum khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan saat hendak melakukan ekspor, seperti halnya program inkubator usaha. Kurikulum tersebut meliputi;

  • pengenalan terkait transaksi perdagangan internasional,
  • peningkatan kualitas produk, packaging, dan branding, serta
  • pelatihan dalam penyusunan laporan

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “BCA meyakini percepatan pengembangan UMKM memerlukan kolaborasi berbagai pihak, termasuk dalam hal mengarahkan pelaku usaha agar berorientasi ekspor. Oleh karena itu, kami menggandeng ICC Indonesia mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjajaki peluang ekspor melalui program UMKM Indonesia Go Export. Kami menghadirkan sejumlah fasilitator berkompeten yang mampu memotivasi dan menginspirasi peserta agar bisa memasuki pasar ekspor. Kami menargetkan ada 60 UMKM dari berbagai daerah yang dapat melakukan ekspor setelah mengikuti pelatihan ini.”

Keberadaan UMKM sangat vital bagi perekonomian Indonesia, karena sektor ini menyumbang 61% dari produk domestik bruto (PDB) atau setara Rp9.580 triliun. UMKM juga menyerap sekitar 117 juta pekerja atau 97% dari total tenaga kerja pada tahun 2023. Sektor ini juga mempunyai potensi besar dalam pengembangan ekspor nasional, dengan kontribusi sekitar 16% dari total ekspor.

Pendampingan terhadap UMKM perlu ditingkatkan agar kontribusinya dalam nilai ekspor nasional terus meningkat. Di bawah program pengembangan berkelanjutan Bakti BCA, perusahaan berupaya mendampingi UMKM agar bisa menemukan peluang ekspor dan melakukan pengiriman barang ke luar negeri.

Selain memberikan pelatihan, peserta program UMKM Indonesia Go Export 2024 akan menerima pendampingan dari BCA dan ICC Indonesia untuk mengakses pasar internasional. Pendampingan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari keterlibatan UMKM dalam ajang bergengsi seperti Trade Expo Indonesia hingga bimbingan dalam proses transaksi dengan calon pembeli dari luar negeri.

Bakti BCA telah melaksanakan program UMKM Indonesia Go Export sejak 2023. Pada tahun 2024, Bakti BCA memperluas cakupan program ke 3 kota baru yaitu Malang, Bandung, dan Surabaya. Dari pelaksanaan di Yogyakarta dan Semarang pada 2023, BCA berhasil membimbing 2 UMKM peserta melakukan ekspor.

Setelah mendampingi Wastraloka mengekspor produk unggulannya ke salah satu negara di Asia pada 2023, Bakti BCA juga mendampingi Prospero Food Realcho mengirimkan produk cocoa powder sebanyak 2 kontainer dengan total 34 metrik ton dan nilai transaksi sebesar US$57.800 (sekitar Rp907 juta), Agustus lalu.

Dukungan berkelanjutan BCA kepada pelaku UMKM juga terwujud melalui penyelenggaraan workshop sertifikasi halal, yang telah membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal sepanjang 2023. BCA juga berupaya mempermudah akses UMKM ke pasar potensial melalui berbagai acara yang mempertemukan UMKM dengan calon pembeli. Terbaru, BCA telah menyelenggarakan BCA UMKM Fest 2024 dengan partisipasi lebih dari 1.200 UMKM yang mempromosikan produk-produk unggulan mereka.

“Kami menyadari bahwa banyak UMKM masih mengalami tantangan dalam memperluas jangkauan bisnis mereka ke pasar internasional. Kami menyelenggarakan kembali Workshop UMKM Indonesia Go Export tahun ini dengan tujuan mencetak lebih banyak UMKM yang mampu berkembang dan bersaing di pasar ekspor. BCA berharap inisiatif ini dapat meningkatkan aktivitas ekspor UMKM dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutup Hera.

Keterangan Foto 1:

Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 Resmi Dibuka - (Dari kiri ke kanan) Kepala Kanwil III BCA Hendrik Sia, EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, dan Direktur Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Horas V. M. Tarihoran membuka Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/9).

Keterangan Foto 2:

Berkolaborasi Demi Menembus Pasar Internasional - Dalam menggelar acara ini, BCA menggandeng International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia dalam menyediakan wadah bagi pelaku UMKM untuk menguasai strategi menembus pasar internasional. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian program UMKM Indonesia Go Export yang telah dibuka pada 21 Agustus di Malang.

Keterangan Foto 3:

Menargetkan 60 UMKM - Produk pada foto ini merupakan kecap organik karya D'Natural, 1 dari 21 UMKM yang mengikuti Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya pada 3-7 September 2024. Puluhan UMKM tersebut akan menjalani pelatihan dengan bimbingan sejumlah fasilitator berkompeten agar dapat memasuki pasar ekspor. Sebanyak 60 UMKM dari berbagai daerah ditargetkan dapat melakukan ekspor setelah mengikuti pelatihan ini.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA