Kembali ke Pressroom
30 Agt 2024

Pesta Rakyat di Prambanan! “Gebyar BCA Merah Putih Indonesia Banget!” Diserbu Lebih dari 10.000 Pengunjung

Yogyakarta, 29 Agustus 2024 - Lebih dari 10.000 pengunjung memadati area Pasar Kangen di acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” selama 22 - 24 Agustus 2024 di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta. Hari terakhir penyelenggaraan pada Sabtu (24/8) menjadi puncak kemeriahan acara, ditandai dengan ramainya antrean pembeli yang membuat kedai-kedai aneka makanan dan minuman sudah ludes diserbu pengunjung sebelum acara selesai.

Kepadatan pengunjung terjadi hampir di setiap kedai Pasar Kangen. Dari total 60 UMKM lokal yang bergabung, kedai-kedai seperti Leker Noto Kangen, Sate Kronyos, Semprong Atri, Es Goyang Jadoel, Dawet Ireng, dan lainnya, padat oleh pengunjung hingga menimbulkan antrean. Hal ini menandai minat serta antusiasme masyarakat terhadap jajanan tradisional.

Tingginya antusiasme pengunjung berbelanja aneka makanan tradisional khas Pasar Kangen, membuat banyak pemilik kedai harus melakukan re-stok untuk menambah barang jualannya. Para pelaku UMKM itu pun mengaku bahagia bisa difasilitasi berjualan oleh BCA di arena acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!”.

Kehadiran Pasar Kangen di rangkaian program “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” persembahan Bakti BCA ini menjadi bentuk nyata BCA dalam merawat dan melestarikan kebudayaan Indonesia, terutama dalam bidang kuliner. Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan kuliner sehingga dapat lebih mengenal dan mencintai produk-produk kebudayaannya sendiri.

Perhelatan “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” digelar untuk pertama kali sebagai bagian dari perayaan HUT kemerdekaan ke-79 Indonesia. Melalui kegiatan ini, BCA menghadirkan berbagai potensi UMKM lokal melalui kolaborasi dengan Pasar Kangen di bawah binaan Ong Hari Wahyu.

“Kami mengapresiasi kolaborasi dengan BCA dan melihat ada keselarasan misi yaitu untuk dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama UMKM lokal. Ini adalah kali kedua kami bekerja sama dengan BCA. Kolaborasi ini juga menjadi bukti bahwa kita menjunjung lebih tinggi rasa bangga buatan Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Pak Ong.

Lonjakan pengunjung khususnya pada puncak acara, Sabtu (24/8), juga dipicu antusiasme untuk menyaksikan penampilan sejumlah seniman lokal yang telah dikenal sebagai bintang panggung. Seperti Ririn Sinden Gemoy, Jogja Hip Hop Foundation, dan Bravesboy.

Pagelaran musikal berjudul “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” di Ramayana Ballet Prambanan juga menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung. Pertunjukan ini menampilkan aneka tarian-tarian, lagu-lagu, dan musik tradisional dari berbagai daerah. Secara spesial, pertunjukan ini juga akan

menampilkan Duta Bakti BCA Nicholas Saputra, Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, dan MALIQ & D'Essentials.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan, “Kegiatan ‘Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!’ ini menggabungkan tiga dari lima pilar Bakti BCA, yaitu Bakti Pendidikan, Bakti Budaya, dan Desa Bakti BCA. Kami berharap acara ini tidak hanya bisa memupuk kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia, tapi juga dapat menciptakan multiplier effect bagi perekonomian pelaku seni, industri kreatif, hingga UMKM lokal.”

Seperti juga animo masyarakat di Pasar Kangen, panggung pertunjukan seni dan pagelaran juga dipadati pengunjung yang setia menyaksikan pertunjukan hingga usai. Mereka ikut bernyanyi dan menari, mengiringi kemeriahan acara yang berlangsung hingga malam hari.

Keterangan Foto 1:

Antrean Mengular di Pasar Kangen, Gebyar BCA Merah Putih - Pengunjung memadati hari terakhir Pasar Kangen di komplek Candi Prambanan, pada Sabtu (24/8). Pasar Kangen sendiri merupakan sebuah ajang tahunan yang telah diadakan sejak 2007 di Yogyakarta. Acara ini menyuguhkan kehangatan tradisi yang disalurkan melalui kuliner Nusantara dan kerajinan lokal dalam balutan suasana tempo dulu.

Keterangan Foto 2:

Lebih dari 10.000 Pengunjung Padati Pasar Kangen - Lebih dari 10.000 pengunjung membanjiri Pasar Kangen, “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” di Outdoor Plaza Trimurti, komplek Candi Prambanan. Antusiasme warga terhadap Pasar Kangen begitu besar sepanjang periode penyelenggaraan pada 22 - 24 Agustus 2024, khususnya di hari terakhir.

Keterangan Foto 3:

Penuh Hiburan dan Kebudayaan Rakyat - Para pengunjung turut menikmati nonton bareng acara utama dari “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” yakni “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa”. Pagelaran musikal tersebut merupakan puncak rangkaian program yang menampilkan 120 pementas berbakat dari berbagai wilayah di Indonesia, Duta Bakti BCA Nicholas Saputra, Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, dan MALIQ & D'Essentials yang dipentaskan di Ramayana Ballet Prambanan.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA