Kembali ke Pressroom
22 Agt 2024

Diikuti Lebih dari 1.200 Peserta, BCA UMKM Fest 2024 Dorong Perluasan Akses Pasar Pengusaha Lokal

Jakarta, 7 Agustus 2024 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menghadirkan BCA UMKM Fest di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, tanggal 7–11 Agustus 2024; dan dilanjutkan secara online pada 12 Agustus–12 September 2024. Pada edisi keempat festival tahunan ini, terdapat lebih dari 50 UMKM terpilih untuk showcase produk-produk andalan mereka; dan lebih dari 1.200 pelaku UMKM pada perhelatan online yang dapat diakses melalui website umkmfest.bca.co.id, berkolaborasi dengan platform e-commerce Blibli dan Grab. Lebih dari 300 pelaku usaha lokal juga memeriahkan penyelenggaraan UMKM Fest di 47 KCU BCA di berbagai daerah.

Pembukaan BCA UMKM Fest 2024 dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dan segenap jajaran direksi BCA. UMKM Fest ini merupakan wujud keberpihakan BCA terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai aktor penting dalam perekonomian Indonesia. Melalui UMKM Fest, BCA menciptakan peluang strategis bagi pelaku usaha memperluas jangkauan pasarnya baik di dalam dan luar negeri.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, “BCA UMKM Fest 2024 merupakan festival ekonomi rakyat yang rutin digelar sejak 2021, sebagai wujud komitmen kami mendukung perkembangan UMKM. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan mendorong agar lebih banyak pelaku UMKM naik kelas. Peran penting UMKM bagi perekonomian Indonesia semakin menguat. Karena itu, kolaborasi antara UMKM dengan berbagai pihak harus semakin intensif dilakukan, disertai pemberian akses lebih baik terhadap pasar, sumber daya, dan jaringan demi meningkatkan daya saing pelaku usaha.”

BCA UMKM Fest 2024 diramaikan dengan beragam produk unggulan mulai dari makanan dan minuman, fesyen, hobi, hingga kesehatan dan kecantikan. Selain itu, hadir juga produk-produk unggulan Desa Binaan BCA, serta BCA Travel Service yang ikut meramaikan acara di Mal Kota Kasablanka.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turut mengapresiasi penyelenggaraan BCA UMKM Fest 2024. Menurutnya, inisiatif untuk mendukung perkembangan pelaku UMKM seperti yang dilakukan BCA harus terus didukung dan disambut baik.

“Sektor UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia selama ini. Per 2023, kontribusi UMKM mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta menyerap sekitar 117 juta pekerja (97%) dari total tenaga kerja. Jumlah UMKM yang terus bertambah setiap tahun mencerminkan semangat masyarakat dalam membangun usaha, dan membuktikan bahwa peran UMKM cukup signifikan bagi kondisi perekonomian nasional. BCA UMKM Fest patut diberikan apresiasi karena tidak hanya memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah, tetapi juga membuka peluang besar bagi masyarakat agar bisa menemukan produk-produk unggulan lokal dan mendukung ekonomi kreatif,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

BCA sebagai lembaga perbankan senantiasa mendampingi perkembangan UMKM dan berusaha menyediakan akses keuangan yang menjangkau pelaku usaha di berbagai daerah. UMKM Fest menjadi salah satu cara BCA membantu pelaku usaha menjangkau pasar lebih luas. Pada UMKM Fest 2023, volume transaksi yang dihasilkan dari kegiatan offline dan online mencapai lebih dari 79.000. Hal ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat menelusuri dan membeli produk-produk lokal.

Selain melalui UMKM Fest, BCA juga memiliki kegiatan lain yang mendukung perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah seperti BCA Bangga Lokal dan BCA UMKM Pride 2024. BCA juga turut memfasilitasi UMKM dengan workshop dan penerbitan sertifikat halal, yang tahun ini ditargetkan menjangkau 2.000 pelaku usaha. Pada 2023 lalu, BCA membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM dan upaya tersebut menempatkan perseroan di peringkat kedua nasional sebagai lembaga dengan kuota sertifikat halal terbanyak. Dalam hal pembiayaan, BCA telah menyalurkan kredit UKM Rp114,4 triliun, naik 12,7% secara YoY (year-on-year) per Juni 2024. Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) BCA mencapai 22,2% per Juni 2024

Pada BCA UMKM Fest 2024, BCA tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan pembayaran dan fasilitator UMKM berjualan, tetapi juga menawarkan berbagai promo menarik untuk pengguna setia produk dan layanan perseroan. Berbagai promo yang bisa dinikmati seperti voucer belanja hingga Rp200 ribu dengan pembelanjaan menggunakan QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku, Paylater BCA, atau Kartu Kredit BCA. Selain itu, terdapat promo 2x voucer belanja dengan menukarkan Reward BCA, serta promo cicilan BCA 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit BCA.

Keterangan Foto 1:

Perluas Akses Pasar UMKM & Pengusaha Lokal Lewat BCA UMKM Fest 2024 - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat memberikan sambutan pada seremoni pembukaan BCA UMKM Fest 2024, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (7/8). BCA UMKM Fest 2024 merupakan wujud keberpihakan BCA terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai aktor penting dalam perekonomian Indonesia. Melalui BCA UMKM Fest 2024, BCA menciptakan peluang strategis bagi pelaku usaha memperluas jangkauan pasarnya baik di dalam dan luar negeri.

Keterangan Foto 2 & 3:

BCA UMKM Fest 2024 Tampilkan Beragam Produk Unggulan Lokal Berkualitas - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kedua dari kiri) bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (ketiga dari kiri), Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah (ketiga dari kanan), Direktur BCA John Kosasih (paling kanan), Direktur BCA Antonius Widodo (kedua dari kanan), dan Puteri Indonesia Pariwisata 2024 (kiri) saat berkunjung ke booth Bakti BCA. Melalui BCA UMKM Fest 2024, BCA ingin mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk unggulan lokal dan mendukung ekonomi kreatif. Di acara ini nasabah BCA dan masyarakat dapat menikmati beragam promo, seperti voucer belanja dan cicilan 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit BCA. Selain di Kota Kasablanka, BCA UMKM Fest 2024 juga dapat diakses secara daring di umkmfest.bca.co.id.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA