Kembali ke Pressroom
26 Jul 2024

Lanjutkan Sinergi dengan Pasar Modal, BCA Teken Kerja Sama sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran 2024-2029

Jakarta, 20 Juli 2024 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Dalam perjanjian kerja sama tersebut, BCA kembali menjadi Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Bank Pembayaran periode 2024-2029. Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara lembaga perbankan dengan pasar modal, mendukung perkembangan infrastruktur transaksi, serta meningkatkan efisiensi, dan kenyamanan para investor.

Seremoni penandatanganan kerja sama ini dihadiri Direktur BCA John Kosasih, Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi; Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat, Dewan Komisaris dan Direksi KSEI, Dewan Komisaris dan Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI), Dewan Komisaris dan Direksi Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) serta perwakilan 22 bank lain yang ditunjuk sebagai Bank Administrator RDN serta Bank Pembayaran di Jakarta, Jumat (19/7).

Direktur BCA John Kosasih mengatakan, “Kami sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan KSEI kepada BCA sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran periode 2024-2029. Kerja sama ini merupakan wujud komitmen BCA dalam mendukung perkembangan pasar modal di Indonesia. Kami siap memberikan layanan terbaik dengan menghadirkan platform transaksi yang aman dan andal, sekaligus menjadi solusi relevan bagi para investor dan nasabah.”

Kerja sama antara BCA dan KSEI sebagai Bank Pembayaran telah berlangsung sejak tahun 2005. Dalam menjalankan peran sebagai Bank Pembayaran, BCA senantiasa memastikan setiap transaksi di pasar modal berjalan lancar melalui penyediaan sistem pembayaran yang efisien, sehingga transaksi dapat diselesaikan tepat waktu. Kolaborasi dengan KSEI diharapkan dapat memberikan kenyamanan optimal bagi nasabah dan investor dalam bertransaksi di pasar modal.

BCA juga telah menjadi Bank Administrator RDN sejak 2011. Perseroan tidak hanya bertanggung jawab mengadministrasikan rekening dana nasabah, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan nasabah mengakses informasi penting terkait saldo dan mutasi rekening dana nasabah melalui myBCA, BCA Mobile, dan KlikBCA. Selain itu, e-channel BCA juga telah terintegrasi dengan fasilitas Akses KSEI dalam menampilkan saldo efek dan saldo RDN konsolidasi. Peran Bank RDN sangat penting dalam menciptakan iklim investasi yang positif, meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di pasar modal, serta memberikan transparansi guna membangun lingkungan investasi yang aman dan nyaman.

“BCA akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan perbankan untuk memberikan solusi dan service excellence kepada para investor dan nasabah. Kami senantiasa berkomitmen mendukung perkembangan pasar modal melalui kerja sama yang solid dengan KSEI dan kami berharap masyarakat dapat bertransaksi di pasar modal dengan lebih mudah dan nyaman, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan industri pasar modal Indonesia,” tutup John Kosasih.

Keterangan Foto 1:

Memperkuat Sinergi Antara Perbankan dengan Pasar Modal - Direktur BCA John Kosasih (ketiga dari kanan) dalam penandatanganan kerja sama antara PT Bank Central Asia Tbk dan 22 bank lain dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Bank Pembayaran periode 2024-2029 di Bursa Efek Indonesia, Jumat (19/7). Kerja sama ini menandai penguatan sinergi antara lembaga perbankan dan pasar modal.

Keterangan Foto 2:

Konsisten Mendukung Perkembangan Pasar Modal Indonesia - Direktur BCA John Kosasih (tengah belakang) bersama para perwakilan bank dan pasar modal berpose usai seremoni penandatangan kerja sama. Kerja sama BCA dan KSEI sebagai Bank Pembayaran telah berlangsung sejak 2005. BCA juga telah menjadi Bank Administrator RDN sejak 2011.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2024, BCA melayani lebih dari 38 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 90 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.258 kantor cabang, 19.055 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA