Kembali ke Pressroom
12 Jul 2023

Lima Tahun Berturut-Turut, BCA Menjadi Tempat Kerja Terbaik di Asia Versi HR Asia Award


Jakarta, 12 Juli 2023 – BCA berhasil meraih penghargaan The Best Companies to Work for in Asia versi HR Asia Award selama lima tahun berturut-turut, serta terpilih menjadi perusahaan yang dinilai berhasil melakukan transformasi digital dengan mendapatkan penghargaan Digital Transformation Award 2023 pada ajang HR Asia Award 2023.

Pencapaian tersebut membuktikan upaya PT Bank Central Asia Tbk dalam menyediakan lingkungan kerja terbaik bagi seluruh karyawan, selain rasa empati dan kepedulian. Direktur BCA Lianawaty Suwono menyampaikan, "Menghadirkan lingkungan kerja yang baik tidak hanya tentang mendukung produktivitas, namun juga kenyamanan karyawan. Sebuah kehormatan  bahwa komitmen kami menghadirkan lingkungan kerja seperti itu mendapat apresiasi selama lima tahun beruntun. Kami selalu menanamkan semangat kerja ‘ONE BCA’ yang menerapkan semangat ‘One Goal, One Soul, One Joy’ untuk menumbuhkan produktivitas karyawan dalam rasa kekeluargaan erat."

BCA menyadari bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset berharga yang harus dijaga kualitasnya. Lingkungan kerja yang positif akan memberikan dampak positif bagi kepuasan karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, BCA memiliki Employer Value Proposition (EVP) yaitu Friendly Environment (lingkungan yang ramah dan kekeluargaan) serta Continuous Improvement (perkembangan terus menerus).

Sejalan dengan itu, perseroan juga menatap masa depan dengan berinovasi melalui pendekatan digital guna mengelola kultur dan interaksi yang ada di lingkungan kerja. Salah satunya mempersiapkan otomasi yang memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien serta lebih fokus menyelesaikan hal-hal yang lebih strategis.

Sejumlah aplikasi digital telah dikembangkan oleh BCA untuk karyawannya mulai dari MyDevelopment untuk meningkatkan kapabilitas karyawan, MyGrowth untuk monitoring performa dan penilaian karyawan, MyXperience untuk (media sosial internal, MySolution terkait administrasi karyawan), chatbot Evia, hingga face biometric untuk kebutuhan absensi. Penggunaan aplikasi ini selaras dengan tren transformasi digital yang ada guna menunjang produktivitas dan kenyamanan karyawan.

Dalam mendukung kesejahteraan pekerjanya, BCA mengembangkan program Employee Wellbeing. Sebagai salah satu bentuk perwujudannya, perusahaan menyediakan beragam fasilitas dan komunitas untuk penyaluran hobi karyawan, sebagai bagian dari upaya menciptakan work-life balance: mulai dari komunitas lari Asia Run; Asia Bike bagi yang hobi gowes; Asia Lens untuk fotografi; hingga komunitas penyuka game online. Setiap tahun, tiap cabang olahraga dan seni akan unjuk kebolehan di ajang Porseni BCA. Selain itu, BCA juga memiliki layanan konseling, health talk, dan seminar-seminar kesehatan dengan topik-topik yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

Sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada talenta berprestasi, perusahaan menggelar kegiatan internal seperti BCA Award, BCA Innovation Award, Kaizen Championship, dan kompetisi lainnya untuk mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas karyawan. Pengembangan karyawan juga terus didukung oleh berbagai program pelatihan yang diselenggarakan oleh BCA, baik secara online maupun offline, bahkan BCA memiliki pusat pelatihan khusus, BCA Learning Institute, di Sentul, Bogor.

"Kami berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi keluarga besar BCA maupun masyarakat luas. BCA senantiasa menghadirkan lingkungan kerja yang berorientasi masa depan agar tetap relevan dan sejalan dengan perkembangan teknologi terkini. Penghargaan HR Asia Digital Transformation Awards 2023 mendorong kami untuk melangkah lebih jauh dan percaya diri menghadapi tantangan digital," ucap Executive Vice President (EVP) Human Capital Management BCA Rudi Lim.

(i)

(ii)

Keterangan Foto:

Lima Tahun Tak Pernah Putus - EVP Human Capital Management BCA Rudi Lim (i) dan EVP Learning and Development BCA Claudius Teddy Gunawan (ii) mewakili perusahaan menerima penghargaan The Best Companies to Work for in Asia untuk yang kelima kali dan Digital Transformation Award 2023 pada HR Asia Award 2023. Kedua apresiasi tersebut menunjukkan BCA sebagai perbankan nasional yang memperhatikan kualitas lingkungan kerja dan dapat mengadaptasi teknologi digital terkini demi kenyamanan karyawan.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA