Jakarta, 26 Mei 2023 - Implementasi nilai-nilai perusahaan ke dalam lingkungan kerja PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil menjawab tantangan dunia kerja yang dinamis. Sebagai hasil budaya kerja itu, BCA pun diganjar penghargaan sebagai “Best Companies to Work for in Asia” serta penghargaan “We Care” dalam HR Asia Awards dari Business Media International (BMI).
Direktur BCA Lianawaty Suwono mengatakan, "Di BCA, kami selalu memberikan kesempatan yang setara bagi setiap Insan dalam menciptakan kolaborasi teamwork untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Kami selalu menanamkan semangat kerja ‘ONE BCA’ yang menerapkan semangat ‘One Goal, One Soul, One Joy’ untuk menumbuhkan produktivitas karyawan dalam rasa kekeluargaan erat, dan yang pasti, kami ingin menjadikan BCA sebagai tempat bekerja pilihan yang senantiasa menyediakan ruang bagi talenta-talenta potensial untuk berkembang.”
BCA menyadari bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset berharga yang harus dijaga kualitasnya. Lingkungan kerja yang positif akan memberikan dampak positif bagi kepuasan karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, BCA memiliki Employer Value Proposition (EVP) yaitu Friendly Environment (lingkungan yang ramah) dan Continuous Improvement (perkembangan terus menerus).
Selain itu, melihat adanya perkembangan industri perbankan yang semakin dinamis, selain perubahan perilaku individu, BCA merespons dengan menyiapkan sejumlah inovasi dan terobosan baru demi menciptakan lingkungan kerja yang makin adaptif, nyaman, dan kolaboratif. Salah satunya dengan menyediakan meja-meja panjang di ruang kerja untuk mendukung kolaborasi antaranggota tim; serta mempersiapkan otomasi yang memungkinkan karyawan untuk lebih fokus menyelesaikan hal-hal yang lebih strategis. Selain itu, dalam mengikuti perkembangan zaman, BCA juga mengabadikan kegiatan karyawan di media sosial seperti Instagram @lifeatbca.
Perusahaan menyediakan berbagai fasilitas dan komunitas sebagai wadah bagi perkembangan karyawan, baik dari sisi hard skill maupun soft skill. Program training di BCA dapat dilakukan secara online maupun offline, bahkan memiliki pusat pelatihan khusus, yakni BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.
BCA pun memiliki wellbeing BCA untuk para karyawan yang terdiri dari empat pilar yakni Career WellCare, Financial WellCare, Mind & Body WellCare dan Social WellCare. Sebagai contoh, di luar jam kerja, perusahaan juga menyediakan berbagai fasilitas dan komunitas yang memungkinkan karyawan menyalurkan hobi, sebagai bagian dari upaya menciptakan work life balance. Bagi karyawan yang menggemari olahraga lari, tersedia komunitas Asia Run; Asia Bike bagi karyawan yang hobi gowes; Asia Lens untuk penyuka fotografi; Asia Dance bagi pecinta tari; hingga komunitas bagi penyuka game online. Setiap tahun, tiap cabang olahraga dan cabang seni akan menunjukkan kebolehannya di ajang Pekan Olahraga Seni (Porseni) BCA, yang dilakukan secara virtual maupun offline.
Tak hanya mendukung kesehatan fisik, perusahaan juga terus memperhatikan kesehatan mental karyawannya melalui penyediaan layanan konseling secara gratis yang bekerja sama dengan tenaga ahli professional. Selain itu, karyawan juga diperkaya dengan informasi-informasi mengenai perkembangan finansial yang diberikan melalui COP/webinar investasi.
Sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada talenta berprestasi, BCA menggelar kegiatan internal seperti BCA Innovation Award, Kaizen Championship, Finhacks, dan kompetisi lainnya untuk mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas karyawan.
Executive Vice President (EVP) Human Capital Management BCA, Rudi Lim menambahkan, "Kami terus berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi keluarga besar BCA maupun masyarakat luas. BCA senantiasa menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bagi segenap karyawan karena kami percaya kenyamanan dan kepuasan mereka dalam bekerja akan berdampak pada pelayanan nasabah serta reputasi dan kapabilitas perusahaan. Oleh karena itu, kami selalu menyediakan fasilitas yang dapat mendukung hal tersebut."
Diganjar Penghargaan
Upaya BCA dalam memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi karyawan pun mendapat pengakuan dari lembaga lain. Sebuah acara bertajuk HR Asia Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Business Media International (BMI) menganugerahkan BCA sebagai “Best Companies to Work for in Asia”. Acara tersebut juga menyerahkan penghargaan "We Care" yang hanya diberikan kepada perusahaan yang memiliki kepedulian dan empati terhadap engagement pekerja serta memberikan tempat kerja terbaik karena dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada. Tahun 2022, merupakan tahun keempat bagi BCA memenangkan HR Asia Award: Best Companies to Work in Asia.
Melalui fasilitas dan program pengembangan diri yang dukung oleh BCA, insan-insan BCA dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara signifikan. "Saya bangga menjadi bagian dari BCA dan senang dapat bekerja di lingkungan yang suportif yang membuat saya memacu diri untuk terus berkembang. Apalagi jika mengingat bahwa BCA adalah salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia, saya merasa apa yang saya kerjakan di kantor juga membawa dampak yang nyata kepada masyarakat luas di luar sana," tutur Felicia Gladys, Karyawan BCA Pemenang BCA Award 2022 kategori Service Ambassador Nasional 2022.
Keterangan Foto:
Budaya Kerja Positif Melalui Work Life Balance - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (tengah) hadir memeriahkan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) BCA 2023, puncak perayaan hari ulang tahun ke-66 PT Bank Central Asia (BCA) Tbk pada awal Maret ini. Porseni BCA merupakan agenda berkala perusahaan yang merupakan cerminan work life balance bagi seluruh karyawan. BCA senantiasa mendorong seluruh karyawan menyalurkan minat dan bakat mereka. Upaya menjaga keseimbangan tersebut membawa BCA meraih “Best Companies to Work for in Asia” serta penghargaan “We Care” dalam HR Asia Awards dari Business Media International (BMI).
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2023)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id