Kembali ke Pressroom
01 Feb 2023

Memperoleh Sertifikasi ISO 20000-1:2018 dan TVRA, BCA Semakin Dipercaya sebagai Bank dengan Kualitas Layanan Terbaik


Jakarta, 1 Februari 2023 – Mengawali tahun 2023 ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil dianugerahi 3 sertifikat global yakni ISO 20000:1-2018 terkait service management system of data center dan IT operation management; Threat, Vulnerability and Risk Assessment (TVRA) untuk data center; dan Certified World Class
Help Desk dari Global Contact Center World Awards 2022 (GCCWA).

Sertifikat ISO 20000-1:2018 diserahkan oleh Audit & Certification Director PT BSI Group Indonesia Joko Prayitno kepada SVP IT System Operation BCA Agus Wibawa, sertifikat TVRA diserahkan oleh Managing Director AIP Risk Consulting Pte. Ltd Isaach Choong kepada EVP Grup Infrastructure & IT Operation BCA Indra Tjahaja, Certified World Class kategori Help Desk diserahkan oleh Director 168 Solution and Exclusive Partner of ContactCenterWorld.com Grace Heny kepada Senior EVP IT BCA David Formula, di Menara BCA, Rabu (1/2). Raihan sertifikat ini menandai kepercayaan nasabah kepada perseroan atas kualitas proses layanan yang
bermutu dan sebagai bank yang selalu hadir (always on).

"Kami bangga bahwa di awal tahun 2023 ini BCA berhasil mendapatkan sekaligus 3 pengakuan bertaraf internasional baik untuk perbankan, data center, IT Operation Management maupun help desk. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami untuk terus meningkatkan kapasitas sistem teknologi informasi demi memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan perusahaan anak, seiring dengan kebutuhan mereka yang semakin kompleks juga. Kami berterima kasih atas kerja keras seluruh tim, karena telah mendukung BCA mendapat pengakuan internasional tersebut.” Jelas Senior EVP IT BCA, David Formula.

Layanan TI BCA Memenuhi Standar Internasional Sertifikasi ISO 20000-1:2018

BCA menyadari perlunya meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas proses di IT System Operation BCA sesuai dengan standar internasional demi memberikan layanan terbaik bagi nasabah melalui ISO 20000:1-2018.

Sertifikat ISO 20000-1:2018 sendiri mengatur standar sistem manajemen layanan (service management system) yang mendukung perusahaan mengelola sistem layanannya sesuai standar internasional. Dalam proses meraih sertifikasi ini, BCA menggandeng PT BSI Group Indonesia sebagai auditor untuk menilai kinerja
proses manajemen layanan di operasional IT BCA.

Proses audit telah berlangsung sejak Juli 2022 dan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari penilaian dokumen hingga observasi langsung. Setelah melalui berbagai proses tersebut, dinyatakan bahwa sistem manajemen, dokumentasi layanan, dan data center BCA berhasil memenuhi standard ISO 20000-1:2018.

Data Center BCA sebagai salah satu Data Center pertama di Indonesia yang telah menjalani TVRA, terutama di bidang Perbankan

Sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia, BCA menyadari bahwa kini layanan digital telah sebuah menjadi standar baru bagi operasional perbankan. Karenanya, Data Center menjadi komponen vital yang membutuhkan perlakuan dan pengamanan khusus demi menyediakan layanan jaringan dan internet banking yang aman dan andal bagi nasabah.

Di awal tahun 2023 ini, Data Center milik BCA melakukan penilaian keamanan fisik dan data yang diakui secara internasional melalui Threat, Vulnerability and Risk Assessment (TVRA). TVRA merupakan standar identifikasi risiko dan ancaman pada aset-aset yang bersifat sangat krusial seperti infrastruktur IT yang dikeluarkan oleh Monetary Authority of Singapore (MAS).

Dalam proses assessment-nya, BCA menggandeng AIP Risk Consulting Pte. Ltd. Singapore untuk melakukan penilaian keamanan terhadap dua data center BCA, dengan proses analisis dan observasi dilakukan pada Agustus hingga Desember 2022. Hasilnya, ditemukan bahwa BCA telah merancang dan mengaplikasikan sistem keamanan yang memadai di Data Center dan bangunannya, seperti CCTV system, Access Control system, Fire system, Power system, dan sebagainya. Dengan demikian laporan langkah mitigasi dan sertifikat penyelesaian (Certification of Completion) menyatakan bahwa BCA telah melaksanakan TVRA dan menjadi salah satu bank pertama yang menjalani TVRA.

"BCA berhasil merancang dan mengaplikasikan sistem keamanan yang andal dan memadai di data center serta
bangunannya. Data center BCA tercatat sebagai satu dari sedikit data center milik bank di Indonesia yang
sudah menjalani TVRA," jelas Isaach Choong dari AIP Risk Consulting Pte. Ltd.

Penghargaan Global untuk Layanan Help Desk Contact Center BCA

Komitmen BCA dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya tidak hanya dimatangkan di bagian hulu dengan adanya sertifikasi ISO 20000:1-2018 dan TVRA, tetapi juga di hilir, yakni dengan kesuksesan Help Desk BCA mendapatkan Certified World Class Help Desk dari Global Contact Center World Awards 2022 (GCCWA).

Predikat World Class Help Desk berhasil diraih oleh Help Desk BCA karena prestasi dan konsistensinya mempertahankan medali emas di ajang tersebut selama tiga tahun berturut-turut. GCCWA sendiri merupakan ajang kompetisi yang mempertemukan praktisi contact center dari berbagai negara di dunia, dengan salah satu kategorinya melombakan help desk.

Penghargaan dan dua sertifikasi di atas menandakan bahwa komitmen BCA untuk senantiasa menjadi yang terbaik melayani nasabah sudah berada di level tertinggi internasional. Kendati demikian, BCA bertekad untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan nasabah.

"BCA berterima kasih kepada penghargaan dan sertifikasi yang sudah dipercayakan kepada kami. Tentunya komitmen kami tidak berakhir di sini karena momen ini justru memacu kami untuk terus mengembangkan layanan perbankan yang bermanfaat bagi ekosistem perusahaan dan nasabah," pungkas David.

Perkuat Sistem IT Untuk Meningkatkan Pelayanan – Senior EVP IT BCA David Formula (tengah), bersama SVP IT System Operation BCA Agus Wibawa (kiri), EVP Grup Infrastructure & IT Operation BCA Indra Tjahaja (kedua kiri), EVP Application Management BCA Thomas Lahey (ketiga kiri), EVP Center of Digital BCA Wani Sabu (keempat kiri), Audit & Certification Director PT BSI Group Indonesia Joko Prayitno (kanan), Managing Director AIP Risk Consulting Pte. Ltd Isaach Choong (kedua kanan), dan Director 168Solution and Exclusive Partner ContactCenterWorld Grace Henny (keempat kanan) dalam penyerahan Sertifikat ISO 20000:1-2018 dalam standar sistem manajemen layanan, sertifikat Threat, Vulnerability and Risk Assessment (TVRA); dan Certified Global Contact Center World Awards 2022 (GCCWA) kategori Help Desk untuk BCA. Raihan ini menandai kepercayaan nasabah kepada perseroan atas kualitas proses layanan yang bermutu dan sebagai bank yang senantiasa hadir memenuhi kebutuhan nasabah.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2022, BCA melayani hampir 35 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 66 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.268 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA