Banyumas, 17-18 Desember 2022 – Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini turut menjadi tulang punggung bagi pemulihan ekonomi nasional. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai perbankan nasional, senantiasa memberikan nilai tambah kepada masyarakat pelaku UMKM untuk memacu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Terbaru, BCA bersama menghadirkan “Pelatihan Manajemen Keuangan UMKM dan Digital Marketing ” yang digelar di Banyumas pada 17-18 Desember.
Kegiatan pelatihan yang berlangsung secara offline dihadiri oleh Kepala Prioritas BCA KCU Purwokerto dan Perwakilan tim Blibli pada Sabtu dan Minggu (17-18/12). Pelatihan ini melibatkan 25 pelaku UMKM Aisyiyah di Banyumas.
Dalam meningkatkan pemahaman tata kelola keuangan yang baik serta strategi pemasaran melalui pemanfaatan digital, BCA melalui program Corporate Social Responsibility mengadakan pelatihan manajemen keuangan di bawah naungan Bakti BCA. Pelatihan ini merupakan kesekian kalinya yang dilakukan BCA sebagai wujud kepedulian dan tanggungjawab BCA sebagai pelaku industri perbankan dalam mengedukasi masyarakat. Acara dibuka oleh Kepala Prioritas BCA KCU Purwokerto Susanto kemudian dilanjutkan sesi pemaparan materi mengenai tata kelola menajemen keuangan dan teknik digital marketing yang disampaikan oleh tim Blibli.
“Melalui kegiatan ini, BCA ingin memberikan pembekalan bagaimana cara mengelola manajemen keuangan bagi para pengurus UMKM Aisyiah di Banyumas. Kegiatan pembekalan ini juga sebagai wujud komitmen BCA yang hadir di tengah-tengah masyarakat dalam mendorong tingkat literasi keuangan di Indonesia,” ujar Sutanto.
Program pelatihan tidak hanya membahas tata kelola keuangan tetapi juga akan mengajarkan bagaimana memahami cara berjualan secara online melalui sosial media dan marketplace agar dapat meningkatkan kemampuan dalam pemasaran digital. Ada pun sebelumnya, BCA telah memberikan pembekalan yang sama terkait manajemen keuangan kepada UMKM di Jabodetabek dan Belitung.
“Besar harapan saya, semoga ilmu yang akan disampaikan hari ini dapat diserap sebaik mungkin sehingga dapat diimplementasikan dikemudian hari oleh para pelaku UMKM Aisyiyah. Selain itu, saya juga berharap sektor pariwisata dapat segera pulih dan bangkit kembali seiring dengan upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan perekonomian Indonesia,” tutup Sutanto.
Sebagai tambahan informasi, melalui pilar Solusi Bisnis Unggul, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BCA telah membina UMKM, komunitas dan desa yang memiliki potensi pariwisata dan edukasi budaya. Dari BCA Desa Wisata Awards yang diadakan pada tahun lalu, memberikan kesempatan bagi desa wisata di Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. Saat ini terdapat 15 desa wisata binaan Bakti BCA yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat.
“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BCA untuk memacu pertumbuhan UMKM di Indonesia, salah satunya melalui pelatihan peningkatan pemahaman tata kelola manajemen keuangan yang baik serta cara memasarkan produk secara online. Selain itu, berbagai program inisiatif yang dihadirkan oleh BCA merupakan perwujudan dari pilar-pilar Environtmental, Social & Governance (ESG) untuk memacu realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Semoga dengan pelatihan ini dapat turut serta memacu pemulihan ekonomi nasional,” tutup Sutanto.
BCA Bersama Blibli Berikan Pelatihan Bagi 25 Pelaku UMKM Aisyiyah di Banyumas – Dalam meningkatkan pemahaman tata kelola keuangan yang baik serta strategi pemasaran melalui pemanfaatan digital, BCA melalui program Corporate Social Responsibility mengadakan pelatihan manajemen keuangan di bawah naungan Bakti BCA. Pelatihan ini melibatkan 25 pelaku UMKM Aisyiyah di Banyumas. Adapun kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen BCA untuk memacu pertumbuhan UMKM di Indonesia.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2022)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir September 2022, BCA melayani lebih dari 33 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 64 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.161 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id