Jakarta, 25 Agustus 2021 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian yang erat dari masyarakat terus berupaya memberikan nilai tambah bagi Indonesia, salah satunya mendukung lahirnya talenta-talenta baru di dunia digital. Upaya tersebut diwujudkan melalui program BCA SYNRGY Academy yang tengah berlangsung. Beberapa waktu lalu BCA SYNRGY Academy Batch 2 telah resmi berakhir dan melahirkan 48 siswa-siswi yang siap berkarir di dunia digital. Sebelumnya, BCA telah menciptakan 36 talenta siap bekerja melalui SYNRGY Academy Batch 1.
Perjalanan SYNRGY Academy Batch 2 dimulai sejak Januari 2021 hingga memasuki tahapan akhir pada Juli 2021 lalu. Di akhir perjalanan mereka, siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 2 mempresentasikan proyek akhir yang merupakan hasil dari kerjasama tim. Mengusung tema “Gamification in Banking: How Banks Make Their Apps Engaging”, siswa-siswi mendapatkan tugas untuk membuat prototipe aplikasi perbankan yang mampu menarik perhatian pengguna tanpa menghilangkan esensinya. Pada Batch 2 ini, sebanyak 48 siswa berhasil lulus dari pilihan kelas masing-masing, antara lain kelas Android Engineering, Backend Engineering, Frontend Engineering, Quality Assurance, dan UI/UX Design.
Vice President IT BCA Yohanes Andiyanto mengungkapkan bahwa konsep gaming di aplikasi banking terhitung langka, namun dapat menjadi daya tarik yang tinggi. “Kami mengapresiasi semangat siswa-siswi yang tetap konsisten kelas untuk menggali ilmu sejauh mungkin. Konsep gamification yang ada di dalam platform banking itu sangat minim atau challenging untuk bisa dimasukkan interaksi sosial. Tapi, konsep gaming dilakukan untuk membuat showcase atau achievement yang bisa ditunjukkan (menjadi daya tarik) ke teman-teman, ke komunitas atau siapa pun itu kenalan kita di media sosial,”
Prototipe aplikasi masing-masing tim dipresentasikan di acara Final Showcase yang diadakan pada Juli 2021. Pada kesempatan tersebut, terdapat tiga aplikasi dengan nama Beasy (Banking Can Be Easy), Jalin (Be Pleasure to Your Bankin’) dan Monola (Buat Pengalaman Banking-mu Mudah dan Seru!). Melalui presentasi tersebut dapat terlihat bahwa masing-masing aplikasi memiliki fitur, aspek, dan keunikannya tersendiri. Namun ketiganya sama-sama menekankan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi.
Selain untuk mempresentasikan prototipe aplikasi, Final Showcase juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa berkolaborasi merupakan aspek penting yang perlu untuk diperhatikan dan diasah. Hal tersebut juga ditekankan oleh Co-Founder Binar Academy Seto Lareno yang menjadi juri dalam kegiatan Final Showcase SYNRGY Academy Batch 2. “Di showcase ini kita sama-sama belajar bagaimana caranya kita berinteraksi dan bekerjasama secara tim untuk mengimplementasikan project kompleks, kolaborasi yang dinamakan dengan social learning ini akan terjadi dalam lingkungan profesional. Tidak ada lagi one man stand out atau kerja sendiri, semua kerja tim. Ini akan menjadi sebuah filosofi, bahwa kedepannya tidak ada kerja satu orang, semua harus punya daya kolaborasi yang kuat.”
Seusai menyelenggarakan Final Showcase, siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 2 mengikuti acara terakhir untuk menyatakan kelulusan, yaitu Graduation. Layaknya acara kelulusan pada umumnya, siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 2 mengikuti rangkaian prosesi mulai dari pembukaan, penghormatan panggilan kepada masing-masing lulusan, pemberian penghargaan, hingga penutupan yang dilakukan secara virtual.
SVP Digital Innovation Solutions BCA Adi Prasetyo Susilo mengungkapkan harapannya terkait lulusan SYNRGY Academy Batch 2 “Kami yakin ilmu yang didapatkan selama pelatihan akan menjadi nilai tambah bagi siswa-siswi. Kami berharap apa yang didapatkan siswa-siswi selama program SYNRGY Academy dapat menjadi fondasi untuk mewujudkan impian. Perkembangan teknologi kini kian pesat dan dinamis, jangan pernah berhenti untuk belajar,”
Lulusan SYNRGY Academy Batch 2 mendapatkan kesempatan penyaluran kerja yang langsung diwadahi oleh BCA. Proses penyaluran kerja ini dimulai dari sosialisasi, pengisian form, rekrutmen, dan tahap lanjutan lainnya. Harapannya, lulusan SYNRGY Academy Batch 2 dapat mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang sudah didapatkan selama ini di perusahaan tempat mereka berkarier nantinya. Namun, apabila belum berhasil dalam kesempatan tersebut, maka lulusan SYNRGY Academy Batch 2 akan diberikan penyaluran kerja ke partner Binar Academy lainnya.
Sebagai tambahan informasi, program SYNRGY Academy merupakan salah satu upaya BCA dalam mempercepat realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Saat ini juga tengah berlangsung pelatihan untuk siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 3.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai SYNRGY Academy, kunjungi website SYNRGY di https://synrgy.id/academy atau Instagram @synrgy.id.
Progam BCA SYNRGY Academy Batch 2 Resmi Berakhir – BCA SYNRGY Academy Batch 2 berhasil meluluskan 48 siswa - siswi yang berasal dari pilihan kelasnya masing-masing, diantaranya: Android Engineering, Backend Engineering, Frontend Engineering, Quality Assurance, dan UI/UX Design. Mengusung tema “Gamification in Banking: How Banks Make Their Apps Engaging”, siswa-siswi ditugaskan untuk membuat prototipe aplikasi perbankan yang mampu menarik perhatian pengguna tanpa menghilangkan esensinya.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : humas@bca.co.id