Jakarta, 14 Desember 2020 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) konsisten berkomitmen terhadap pengelolaan berkelanjutan yang merujuk pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola. Upaya tersebut mendapat apresiasi dengan terpilihnya kembali BCA dalam Daftar Perusahaan Indeks SRI-KEHATI untuk periode Desember 2020 – Mei 2021 seperti yang diumumkan Bursa Efek Indonesia pada Selasa (24/11).
Penilaian yang disampaikan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) menegaskan bahwa masuknya BCA dalam Indeks Sustainable and Responsible Investment (SRI) KEHATI karena perseroan berkomitmen dalam melakukan upaya pengelolaan manajemen berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik. BCA telah masuk dalam indeks SRI-KEHATI sejak tahun 2009.
“Indeks SRI-KEHATI menjadi indikator penting bagi perseroan dalam pengelolaan komitmen perusahaan terhadap manajemen berkelanjutan yang sangat memperhatikan aspek pelestarian lingkungan dan pembangunan Indonesia. Pencapaian ini penting bagi BCA dan segenap pemangku kepentingan, termasuk menjadi tolok ukur pertimbangan penting bagi para investor di pasar modal dalam upaya memberikan dampak positif bagi dunia usaha dan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Vera Eve Lim, Direktur BCA.
Sebagai informasi, indeks SRI-KEHATI senantiasa melakukan pengukuran kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang memiliki kinerja baik dalam Sustainable and Responsible Investment (SRI). Yayasan KEHATI menjalin aliansi strategis dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun dunia usaha untuk merangkul dan menciptakan wadah bagi dunia usaha agar dapat turut serta dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan.
Salah satu kerja sama strategis tersebut adalah mengembangkan penilaian terhadap investasi hijau melalui berbagai inisiatif indeks, seperti Reksadana Kehati Lestari (RDKL), ETF SRI-KEHATI, dan Sustainable and Responsible Investment Index (SRI) KEHATI. Bersama dengan 25 perusahaan lainnya, dalam kerja sama dengan BEJ, BCA dinyatakan masuk dalam Indeks SRI-KEHATI.
“Penilaian yang dilakukan secara periodikal menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi BCA untuk mempertahankan pencapaian tersebut. Hal ini memberikan motivasi bagi perseroan untuk senantiasa meningkatkan kualitas kinerja dengan mengadopsi manajemen pengelolaan berkelanjutan sesuai dengan standar global,” tutup Vera.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2020)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & SME dan konsumer. Pada akhir September 2020, BCA melayani 23,0 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 33 juta transaksi setiap harinya didukung oleh 1.249 kantor cabang, 17.415 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 24.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : humas@bca.co.id