2024-10-04 | #AwasModus

Iming-Iming Tawaran Asuransi Gratis, Padahal Jebakan Penipuan

Kalau pernah terima tawaran asuransi gratis dari pihak bank, harus waspada karena bisa jadi itu modus penipuan. Umumnya, sang penipu menawarkan asuransi gratis, namun meminta syarat khusus seperti meminta data pribadi perbankan yang kemudian disalahgunakan sehingga menyebabkan kerugian finansial.

Modus penipuan tawaran palsu asuransi gratis bisa terjadi lewat beberapa cara, seperti:

  • Dihubungi melalui telepon, SMS atau aplikasi chat yang mengatasnamakan bank. Mereka akan menawarkan asuransi gratis dengan berbagai keuntungan menarik, namun syaratnya meminta data pribadi perbankan
  • Lewat pesan yang dikirim via email yang seolah-olah berasal dari bank. Email ini akan berisi link yang mengarah ke situs palsu yang meminta untuk memasukkan data pribadi.

Tips mencegah penipuan tawaran palsu asuransi gratis

  • Jangan mudah percaya dengan penawaran-penawaran yang tidak masuk akal, biasanya itu adalah trik menipu untuk memancing korban, padahal tujuannya menyebabkan kerugian finansial
  • Selalu cek informasi yang didapatkan, jika ragu konfirmasi ke pihak bank lewat channel resmi untuk memastikan informasi. Hubungi Halo BCA lewat telepon 1500888 atau gunakan aplikasi haloBCA (bebas pulsa, cukup menggunakan koneksi internet)
  • Jangan pernah bagikan data pribadi ke siapa pun lewat sarana apa pun. Data pribadi sifatnya rahasia, data itu adalah kunci untuk akses rekening sehingga dapat berakibat kerugian finansial jika sampai jatuh ke tangan yang salah.
  • Jangan klik link, download file atau mengunjungi situs tidak resmi. Jika mencurigakan atau berpotensi membahayakan data pribadi atau keamanan gadget, jangan sampai terjebak. 

Share informasi ini ke orang terdekatmu, supaya mereka tahu dan terhindar dari modus penipuan yang bisa merugikan ya, GoodFriends!