2022-10-21 | #AwasModus

Waspada Fake Caller yang Minta Data Pribadi Perbankan

Modus yang digunakan oleh para penipu sudah makin banyak. Mereka menggunakan berbagai cara untuk bisa bisa mengambil harta dari korbannya. Salah satu yang sering dilakukan adalah menggunakan fake caller atau panggilan palsu.

Fake caller adalah modus penipuan yang dilakukan melalui aplikasi khusus untuk memalsukan nomor ponsel atau nama kontak dalam melakukan panggilan telepon. Cara ini dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sendiri. Hingga pada akhirnya fake caller menjadi modus penipuan yang cukup populer hampir di seluruh dunia. 

Dalam aplikasi fake caller terdapat sejumlah fitur mulai dari mengatur nama palsu, nomor palsu, gambar palsu, karakter dll. 

Modus penipuan ini pun juga marak di Indonesia, salah satunya mengatasnamakan bank ternama BCA. Penipu akan mengaku sebagai customer service, marketing, atau petugas dari Halo BCA untuk mencoba mengambil data pribadi perbankan dari korban yang dihubungi.

Baca juga: Ingat Layanan Resmi Halo BCA, Jangan Tertipu Yang Palsu

Ciri-ciri Fake Caller

Fake caller biasanya menggunakan cara yang serupa saat melancarkan aksinya. Karena itu, sudah sewajarnya ciri-ciri penipu bisa dikenali saat kamu memperhatikannya dengan jeli. Berikut ciri-ciri fake caller yang sering muncul.

  • Menggunakan nomor yang mirip dengan nomor resmi. Misalnya Halo BCA 1500888 tapi diawali dengan kode area 021, +62 ataupun awalan lainnya.
  • Berusaha menakut-nakuti hingga membuat kepanikan (misalnya ada transaksi yang mencurigakan), atau penawaran yang membuat gembira seperti hadiah undian yang nilainya fantastis. Terlalu panik atau gembira akan membuat pikiran terkecoh dan gegabah.
  • Meminta data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP, password atau mengirimkan link mencurigakan untuk pengisian data perbankan tersebut.

Apa Yang Dilakukan Saat Terima Panggilan Fake Caller?

Siapa pun bisa mendapatkan modus penipuan ini. Kamu hanya perlu melakukan langkah pencegahan dengan melakukan tindakan yang tepat. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat terima panggilan yang mengatasnamakan BCA:

  • Perhatikan incoming call yang masuk. Jika nomornya 1500888 tetapi ada awalan seperti 021, +62 dll sudah dipastikan itu Halo BCA palsu. 
  • Disarankan jangan menyimpan nomor resmi Halo BCA di smartphone kamu, supaya bisa mengenali apakah nomor telepon yang masuk tersebut dari nomor Halo BCA resmi atau bukan.
  • Jangan panik dan berpikir jernih dalam mencerna setiap kata-kata yang diucapkan oleh fake caller. Terlebih saat memberi penawaran yang terlalu mencurigakan, segera tutup jika dirasa telepon tersebut modus penipuan.
  • Pastikan kamu menjaga kerahasiaan data pribadi bank. Ingat, pihak bank tidak pernah meminta data pribadi yang sifatnya rahasia,seperti nomor kartu ATM, PIN, CVV/CVC, masa berlaku kartu, OTP dll.
  • Sesegera mungkin akhiri percakapan dan blokir nomor ponsel supaya tidak menghubungi kembali.

Jika menemukan aktivitas lain yang mencurigakan pada rekening, segera hubungi Halo BCA di 1500888 atau WhatsApp Bank BCA 08111500998 atau ewat aplikasi haloBCA yang bisa diunduh di Appstore dan Playstore.

Selalu ingatkan keluarga dan orang terdekat supaya lebih waspada dengan tindakan penipuan seperti ini. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi bank yang sifatnya rahasia agar terhindar dari modus penipuan.