10 Jan 2024 | Edukatips

Manfaat Deposito Berjangka untuk Keuangan Pribadi

Deposito berjangka adalah produk simpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Produk deposito berjangka juga memiliki banyak manfaat, misalnya menjadi pilihan untuk investasi karena memiliki suku bunga yang kompetitif.

Pada umumnya, penarikan dana yang disimpan dalam deposito berjangka hanya bisa dilakukan ketika jangka waktu berakhir atau biasa disebut jatuh tempo.

Kelebihan Deposito Berjangka BCA

Deposito Berjangka BCA memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya:

1. Suku bunga kompetitif

Suku bunga deposito umumnya lebih tinggi dari tabungan biasa sehingga bisa menjadi instrumen investasi yang minim risiko. Hal ini bisa mendukung financial plan kamu untuk jangka waktu yang sudah direncanakan.

2. Pilihan Mata Uang

Deposito Berjangka BCA tersedia dalam 9 pilihan mata uang, yaitu jenis mata uang rupiah (IDR) ataupun dalam bentuk valuta asing (valas). Misalnya, United States Dollar (USD), Singapore Dollar (SGD), Hong Kong Dollar (HKD), Australian Dollar (AUD), Japanese Yen (JPY), Great Britain Pound Sterling (GBP), Euro (EUR), dan China Yuan (CNH).

3. Fleksibel

Deposito Berjangka BCA bisa disesuaikan jenis perpanjangan dan jangka waktunya sesuai kebutuhan. Untuk jenis perpanjangan terdapat tiga jenis perpanjangan yaitu, ARO, ARO Plus dan Non ARO. Lalu, untuk jangka waktunya sendiri terdapat 1, 3, 6 atau 12 bulan.

4. Membantu disiplin menabung

Pada deposito berjangka, dana yang disimpan hanya dapat diambil ketika jangka waktu berakhir atau jatuh tempo. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih disiplin menabung untuk mewujudkan tujuan masa depan. Apabila memang diperlukan, dana tetap bisa diambil sebelum jatuh tempo namun bunga berjalan tidak dibayar.

Jenis Deposito Berjangka BCA

Seperti disebutkan sebelumnya, Deposito Berjangka BCA memiliki beberapa pilihan jenis deposito. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenisnya:

1. Perpanjang Pokok (ARO)

Nilai pokok deposito akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu yang sama dengan bunga ditransfer setiap bulan ke rekening yang sudah didaftarkan.

2. Perpanjang Pokok + Bunga (ARO Plus)

Nilai pokok dan bunga deposito akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu yang sama.

3. Non ARO

Pokok dan bunga ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan pada saat jatuh tempo.

Tips Investasi dengan Deposito Berjangka BCA

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kini ketahui juga tips efektif berinvestasi dengan produk deposito berjangka dari BCA. Berikut ini penjelasannya:

1. Tentukan jangka waktu

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan investasi deposito adalah dengan menentukan jangka waktunya.Kamu bisa menyesuaikan jangka waktu dengan tujuan finansial yang dimiliki. Dengan menentukan jangka waktu, kamu bisa lebih fokus dalam mencapai tujuan finansial tersebut.

Selain itu, perhitungkan juga berapa suku bunga dan estimasi jumlah pendapatan yang akan didapatkan ketika masa tenor berakhir.

2. Pilih jenis dan mata uang deposito

Selanjutnya adalah memilih jenis dan mata uang deposito yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi.

Deposito Berjangka BCA memiliki 3 jenis deposito (ARO, ARO Plus dan Non ARO) serta beragam pilihan mata uang, yaitu Deposito Rupiah, Deposito Valas (USD), dan Deposito Valas (Non USD).

Tiap jenis deposito di atas tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Nah, kamu bisa memilih mana jenis dan mata uang deposito yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk info lengkap mengenai Deposito Berjangka BCA dan Simulasi Deposito, kamu bisa cek informasi di sini. Lalu, untuk Deposito Berjangka BCA dalam mata uang rupiah, bisa kamu buka secara online melalui fitur Deposito di myBCA. Cek caranya di sini ya.