19 Des 2023 | Edukatips

5 Rekomendasi Tempat untuk Solo Traveling Ke Thailand

Thailand merupakan salah satu negara di Asia yang banyak diminati untuk liburan dengan biaya terjangkau. Banyaknya tempat pariwisata menarik, mulai dari wisata budaya, kuliner, belanja hingga pantai yang indah membuat tingginya peminat ke Thailand. Jika ingin melakukan solo traveling untuk menyegarkan pikiran, Thailand dapat menjadi opsi dalam bucket list. Beberapa tempat di bawah ini dapat menjadi referensi, khususnya jika baru pertama kali berlibur ke Thailand.

1. Wisata Budaya

Beberapa wisata budaya yang perlu di-explore adalah Wat Arun, Wat Pho, Wat Phra Kaew, dan Royal Grand Palace. Hal yang menarik adalah destinasi tersebut berlokasi berdekatan dan berada di sekitar Sungai Chao Praya sehingga Anda dapat menggunakan perahu untuk berkunjung ke kuil-kuil tersebut.

Jika berkunjung ke tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk berpakaian rapi dan sopan karena tempat tersebut masih menjadi tempat beribadah bagi penduduk lokal.

2. Menikmati Pantai Cantik

Untuk mencapai Pulau Phi Phi, Anda perlu singgah ke Phuket terlebih dahulu. Meskipun jaraknya jauh dari Bangkok, namun ada beberapa cara untuk sampai di Phuket, yaitu menggunakan pesawat, kereta, atau bus. Di Phuket tersedia jasa Tour and Travel untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Phi Phi. Jasa tersebut sudah termasuk tiket menyebrang, mengunjungi beberapa destinasi, kegiatan snorkeling, hingga makan siang. Jasa tersebut dapat dibeli melalui aplikasi travel

3. Berkuliner di Thailand

Beberapa restauran rumahan di Thailand sudah mendapatkan Michelin Star dan patut dicoba adalah Here Hai dan Jeh O Chula. Here Hai terkenal dengan menu nasi goreng kepitingnya yang bernama Insane Crab Fried Rice dengan harga 340 Baht per porsi. Here Hai buka dari hari Selasa hingga Minggu dari jam 10.00 – 18.00. Yang kedua adalah Jeh O Chula. Menu andalannya adalah Tom Yum dan Salmon Spicy Salad. Karena sangat terkenalnya, traveler bisa menunggu hingga 4 jam untuk mendapatkan tempat duduk. Namun untuk menghindari antrian, reservasi dapat dilakukan melalui aplikasi travel.

4. Berbelanja Baju

Bangkok terkenal sebagai surganya belanja bagi wanita karena harganya yang terjangkau. Jika tertarik dengan produk fashion dari berbagai negara, traveler dapat berkunjung ke Platinum Mall, Pratunam Market, dan MBK Center. MBK Center merupakan mal yang terkenal karena traveler diperbolehkan untuk melakukan tawar menawar harga.

5. Mini Eropa ala Thailand

Jika mencari suasana yang berbeda, berkunjunglah ke Khao Yai yang menawarkan wisata ke taman nasional, taman bunga, dan desa-desa dengan tema Eropa sehingga seringkali disebut sebagai Mini Eropa-nya Thailand. Dengan biaya masuk sebesar 100 Baht per orang, traveler dapat menikmati cafe-cafe dan tempat Instagramable. Cara untuk menuju Khao Yai, yaitu dengan menyewa kendaraan langsung dari Bangkok atau menggunakan Mini Van dari Bangkok menuju Pak Chong dan dilanjut menyewa kendaraan ke Khao Yai.

Beberapa tips yang perlu diketahui ketika melakukan solo traveling di Thailand adalah:

1. Siapkan uang cash (Baht)

Banyak tempat di Bangkok hanya menerima pembayaran secara cash, terutama di pasar malam dan tempat-tempat makan sehingga penting untuk mempersiapkan uang cash sebelum perjalanan dimulai.

2. Pastikan waktu keberangkatan

Jika waktu keberangkatan di bulan Agustus hingga November, siapkan payung karena curah hujan yang tinggi di bulan tersebut.

3. Beli asuransi perjalanan saat memesan tiket pesawat agar meminimalisir risiko perjalanan yang dapat terjadi.

BCA bekerja sama dengan BCAinsurance dalam menyediakan produk asuransi yang memberikan perlindungan dari risiko kerugian yang terjadi selama perjalanan baik perjalanan domestik maupun internasional, seperti kecelakaan, biaya pengobatan darurat, masalah perjalanan (pembatalan, keterlambatan perjalanan hingga kehilangan atau keterlambatan bagasi) serta jasa pelacakan saat terjadi kehilangan bagasi atau dokumen.

Keunggulan lain dari Asuransi Perjalanan BCAinsurance adalah:

  • Premi terjangkau mulai dari Rp24.900 untuk perjalanan domestik
  • Durasi asuransi mulai dari 1 hari
  • Tersedia paket untuk keluarga
  • Jaminan pertanggungan hingga Rp150 juta untuk perjalanan domestik atau USD100,000 untuk perjalanan internasional
  • Santunan tunai rumah sakit untuk perjalanan internasional hingga USD50/hari.

Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini atau hubungi cabang BCA terdekat.