BCA mobile

Semua transaksi perbankan #DibikinSimpel

Mengapa BCA mobile?

Nyaman

Kemudahan transaksi perbankan langsung dari smartphone melalui menu m-BCA tanpa perlu mengganti kartu SIM

Praktis

Fitur layanan transaksi lengkap dan modern tanpa harus datang ke kantor cabang

Mudah

Fasilitas daftar transfer dan pembayaran yang dapat disimpan untuk memudahkan transaksi selanjutnya

BCA mobile

BCA mobile

Kenali Produk Perlu Diketahui Biaya dan Limit Syarat dan Ketentuan Dapatkan Layanan

BCA mobile

Layanan aplikasi mobile banking BCA yang menghadirkan kemudahan transaksi perbankan baik melalui KlikBCA ataupun m-BCA

Keuntungan


QRIS
Bayar dan transfer dengan mudah menggunakan fitur QRIS
Mobile Banking
Cek saldo, mutasi rekening, transfer dana, dan bayar tagihan lebih mudah melalui m-BCA di BCA mobile.
Fitur Lifestyle
Belanja semua kebutuhan hiburan #DibikinSimpel tanpa perlu pindah-pindah aplikasi via fitur Lifestyle di BCA mobile
Launcher KlikBCA
Kemudahan akses KlikBCA versi mobile hanya dengan satu klik
Flazz
Kemudahan cek saldo, top-up, informasi 10 transaksi terakhir Flazz pada smartphone dengan fitur Near Field Communication (NFC)
Tanpa Kartu
Tak perlu khawatir apabila lupa bawa kartu karena transaksi tetap dapat dilakukan menggunakan fitur pada BCA mobile

Perlu Diketahui

Persyaratan


  • Telah mendownload aplikasi BCA mobile
  • Telah melakukan registrasi m-BCA melalui ATM/Cabang BCA untuk non-finansial
  • Telah melakukan aktivasi finansial di Cabang BCA atau Halo BCA untuk transaksi finansial
  • Pengguna smartphone Android atau iPhone
  • Pelanggan operator GSM

Ketentuan m-BCA


Nomor HP nasabah harus terkoneksi dengan kartu ATM BCA melalui proses registrasi m-BCA, di mana:

  • Satu (1) nomor Hp hanya dapat dikoneksikan ke satu (1) kartu ATM BCA
  • Satu (1) kartu ATM BCA dapat dikoneksikan maksimal ke 10 nomor HP

Bukti Transaksi


  • Dari tampilan layar saat transaksi
  • Khusus untuk transaksi finansial dan informasi rekening deposito, nasabah akan menerima bukti transaksi dalam sub menu Inbox yang dapat disalin (copy) untuk diteruskan melalui email, SMS ataupun aplikasi messenger lainnya

Pengamanan BCA mobile


  • Kode Akses untuk pengamanan akses ke menu m-BCA
  • Menggunakan 6 digit kode alfanumerik yang ditentukan nasabah

  • PIN untuk pengamanan validasi transaksi
  • Menggunakan 6 digit kode numerik yang ditentukan nasabah

    Catatan:

    Apabila terjadi gangguan sistem di BCA atau gangguan di Operator GSM, maka untuk sementara waktu layanan BCA mobile tidak dapat diakses oleh nasabah

PENGAKHIRAN m-BCA


  1. m-BCA akan berakhir jika:
    1. Nasabah mengajukan permohonan pengakhiran m-BCA kepada BCA, dikarenakan antara lain:
      • Nasabah mengakhiri penggunaan kartu ATM BCA atau nomor handphone; atau
      • Nasabah mengganti nomor handphone
    2. Nasabah menutup semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA.
  2. BCA berhak mengakhiri pemberian m-BCA kepada Nasabah antara lain apabila:
    1. Nasabah menggunakan m-BCA atau mengizinkan m-BCA dimanfaatkan oleh pihak lain untuk melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum;
    2. Berdasarkan data yang diberikan oleh Operator Seluler kepada BCA, nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA sudah tidak digunakan lagi oleh Nasabah (recycled);
    3. Berdasarkan penilaian BCA Nasabah menggunakan m-BCA di luar batas penggunaan yang wajar;
    4. Nasabah tidak melakukan transaksi apa pun (finansial maupun non-finansial) melalui m-BCA selama 4 (empat) tahun 6 (enam) bulan berturut-turut sejak tanggal transaksi terakhir; atau
    5. Jumlah nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA melebihi jumlah nomor handphone yang ditentukan oleh BCA.

Biaya dan Limit

Biaya BCA mobile


  • Biaya transfer ke bank lain yang dibebankan kepada Nasabah
    • Layanan transfer BI-FAST Rp2.500 (Sudah termasuk PPN). Biaya ini sudah termasuk biaya yang dibebankan oleh Bank Indonesia Rp19 (Belum termasuk PPN).
    • Layanan Transfer Online Rp6.500 (Sudah termasuk PPN)
  • Tidak dikenakan biaya tambahan bila menggunakan paket akses internet
  • Dikenakan biaya akses internet (GPRS/EDGE/3G/4G/WIFI), (untuk m-BCA sekitar 15 KB per transaksi atau sekitar Rp150,-/transaksi), apabila menggunakan paket data normal (non paket)
  • Untuk inisialisasi aplikasi di awal, dikenakan biaya SMS yang dikirim dan diterima nasabah sebesar:
    • Telkomsel: Rp520 s.d. Rp2.020 per SMS
    • Indosat: Rp600 s.d. Rp2.331 per SMS
    • Smartfren: Rp300 s.d. Rp999 per SMS
    • XL & Axis: Rp444 s.d. Rp1.110 per SMS
    • 3 (Tri): Hutchison Rp600 s.d. Rp2.331 per SMS
    • Esia: Rp200 s.d. Rp550 per SMS

Biaya dan Limit m-BCA


LIMIT TRANSAKSI
FITUR Xpresi Paspor Blue (IDR) Paspor Gold / Tapres (IDR) Paspor Platinum (IDR) BCA Dollar (IDR)
1. Transfer antar BCA 50 Juta 100 Juta 125 Juta 150 Juta 100 Juta (ekuivalen)
2. Transfer antar bank 20 juta 30 juta 40 juta 50 juta

Note:

  • Limit Transaksi merupakan limit gabungan dengan limit transfer di ATM, kecuali transfer ke Sakuku dan transfer ke BCA Virtual Account (VA).
  • Untuk limit transfer ke BCA Virtual Account (VA) mengikuti ketentuan Virtual Account yang berlaku di sini
  • Update: 8 Oktober 2021
  • Limit transfer rupiah ke valas, terpisah dengan limit transfer rupiah.

Limit Pembelian Pulsa Isi Ulang Melalui m-BCA


Sebesar Rp2.500.000 perhari. Ini adalah limit gabungan dengan e-channel lain seperti ATM BCA, KlikBCA, dan BCA By Phone*.

*Eff. Date 11 Des 2017


Limit Pembayaran

Sesuai jumlah tagihan

Pembayaran dan Pembelian


Pembayaran

Biaya

Telepon/Telkom Rp3.000 (Efektif per 12 Agustus 2024)
Listrik/PLN Rp3.000
Pajak/PBB Rp2.500 - Rp5.000
PDAM/PAM Rp2.500 – Rp3.500
BPJS Kesehatan Rp2.500
XL Pascabayar* Rp1.500
Telkomsel Pascabayar (Halo)* Rp3.000

*) Berlaku di m-BCA dan KlikBCA Bisnis

Pembelian

Biaya

PLN Prabayar Rp2.500
Pulsa dan Paket Data Telkomsel Rp2.000
Pulsa Isi Ulang Indosat Ooredo Rp1.500
Voucher isi ulang pulsa XL/AXIS Rp2.000
Paket Data XL/AXIS Rp1.500

Limit Transaksi Minimum Limit Transaksi Maksimum
Rp 1/Transaksi Rp 10.000.000/Transaksi

Limit Pembayaran QRIS


Pembayaran Metode Limit Per Transaksi Limit Harian

MPM

Rp10.000.000

Rp25.000.000

CPM

Rp1.000.000

Lintas Negara (cross border)

Rp10.000.000

QRIS Transfer* Metode Limit per Transaksi Limit Harian
Sesama BCA Non BCA

Transfer

Minimal

Maksimal

Minimal

Maksimal

Sesuai Jenis Kartu

Rp1

Rp10.000.000

Rp10.000

Rp10.000.000

Keterangan:

  • Limit per transaksi QRIS Pembayaran dibatasi sebesar Rp10.000.000
  • Limit per transaksi QRIS Transfer dibatasi sebesar Rp10.000.000
  • Limit harian transaksi QRIS Pembayaran menggunakan (Domestik & Lintas Negara) BCA mobile sebesar Rp25.000.000 per hari
  • Limit harian transaksi QRIS Transfer ke sesama BCA menggunakan limit transfer harian ke rekening BCA sesuai jenis kartu, sedangkan untuk ke non-BCA menggunakan limit transfer harian antar bank sesuai jenis kartu

*Kode QR pada QRIS Transfer yang dibuat untuk menerima dana hanya dapat digunakan satu kali transaksi

Syarat dan Ketentuan m-BCA PT Bank Central Asia Tbk

A. DEFINISI

  1. m-BCA (Mobile Banking) adalah layanan produk perbankan PT Bank Central Asia Tbk ("BCA") yang dapat diakses secara langsung oleh Nasabah melalui telepon seluler/handphone, menggunakan menu pada BCA mobile dengan menggunakan media jaringan internet pada handphone dikombinasikan dengan media SMS sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
  2. BCA mobile adalah aplikasi yang dapat di-download dari website resmi BCA maupun media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA yang dimiliki oleh mobile operating system yang terdapat di handphone nasabah untuk melakukan transaksi melalui m-BCA dan KlikBCA atau untuk memperoleh Info BCA.
  3. PIN (Personal Identification Numberm-BCA adalah nomor identifikasi pribadi bagi Nasabah yang menggunakan m-BCA.
  4. Kode Akses adalah kode pribadi bagi Nasabah yang menggunakan m-BCA pada BCA mobile.
  5. Kode Transaksi adalah suatu kode yang dihasilkan oleh m-BCA pada BCA mobile untuk melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai di ATM BCA, atau transaksi di kantor cabang BCA tanpa menggunakan Kartu ATM BCA.
  6. Kartu Kredit BCA adalah segala jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh BCA untuk Nasabah.
  7. KlikBCA adalah layanan KlikBCA yang dapat diakses oleh Nasabah melalui smartphone.
  8. Info BCA adalah layanan informasi mengenai produk dan layanan BCA berikut program promosinya, lokasi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA dan kantor cabang BCA, serta informasi lainnya terkait dengan BCA.
  9. Sakuku adalah uang elektronik dalam mata uang Rupiah dengan menggunakan aplikasi resmi dari BCA dan berbasis server serta menggunakan nomor telepon seluler sebagai nomor rekening.
  10. Kartu ATM BCA adalah kartu ATM yang diterbitkan oleh BCA yang dapat dipergunakan oleh pemegang Kartu ATM BCA untuk melakukan transaksi perbankan tertentu melalui ATM BCA dan/atau sarana lain yang ditentukan oleh BCA.
  11. Quick Response Code atau QR Code adalah kode dua dimensi yang terdiri atas penanda tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas, dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakter, dan simbol.
  12. QR Code Transfer adalah QR Code yang dihasilkan oleh m-BCA pada BCA mobile atau sarana lainnya yang ditentukan oleh BCA yang dapat digunakan oleh Nasabah untuk melakukan Transaksi QRIS Transfer.
  13. QR Code untuk Pembayaran atau QR Code Pembayaran adalah QR Code yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi pembayaran nirsentuh melalui pemindaian.
  14. Standar Nasional QR Code Pembayaran (Quick Response Code Indonesian Standard) atau QRIS adalah standar QR Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.
  15. Operator Seluler adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telepon seluler.
  16. Nomor Handphone e-Banking BCA adalah nomor handphone yang digunakan sebagai sarana otentikasi/otorisasi dalam bertransaksi pada e-Channel BCA.
  17. e-Channel BCA adalah kanal elektronik BCA yang dapat diakses oleh Nasabah maupun non Nasabah untuk melakukan transaksi perbankan dan/atau mendapatkan informasi terkait layanan atau produk yang dipasarkan melalui BCA, yang akan diberitahukan oleh BCA dari waktu ke waktu dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  18. SMS (Short Message Services) adalah layanan penyampaian pesan singkat dalam bentuk teks dan/atau angka yang dapat diterima dan/atau dikirimkan melalui handphone.
  19. OTP (One Time Password) adalah kode sandi yang bersifat unik dan rahasia yang dihasilkan oleh sistem BCA dan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk mengakses m-BCA.
  20. Nasabah adalah pemilik rekening perorangan dalam bentuk tabungan, giro, deposito, Kartu Kredit BCA, dan/atau reksadana di BCA.
  21. Transaksi QRIS adalah transaksi pembayaran yang difasilitasi dengan QR Code Pembayaran berdasarkan QRIS.
  22. Transaksi QR Cross Borderadalah transaksi pembayaran yang difasilitasi dengan QR Code Pembayaran yang dihasilkan oleh pedagang (merchant) di negara yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia.
  23. Transaksi QRIS Transfer adalah transaksi transfer dengan menggunakan QR Code Transfer.
  24. Transaksi QRIS Merchant Presented Mode (MPM) adalah transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code Pembayaran yang ditampilkan oleh Nasabah untuk kemudian dipindai oleh merchant.
  25. Transaksi QRIS Customer Presented Mode (CPM) adalah transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code Pembayaran yang ditampilkan oleh Nasabah untuk kemudian dipindai oleh merchant.
  26. Transaksi BagiBagi adalah transaksi transfer dana dari rekening Nasabah yang terhubung dengan Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA ke satu atau lebih Sakuku dan/atau rekening lain dengan menggunakan unsur gamification, sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan dari waktu ke waktu dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  27. BCA Keyboard adalah on-screen keyboard yang terdapat pada BCA mobile yang memungkinkan pengguna BCA mobile langsung mengakses fitur pada BCA mobile tanpa harus membuka BCA mobile.
  28. Financial Diary adalah fitur yang dapat diakses oleh Pengguna Financial Diary di m-BCA untuk mendapatkan analisis keuangan (antara lain berupa informasi transaksi berdasarkan kategori tertentu) yang bersumber dari data transaksi pada rekening dan Kartu Kredit BCA tertentu yang sudah terkoneksi dengan m-BCA Pengguna Financial Diary.
  29. Pengguna Financial Diary adalah Nasabah yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh BCA untuk dapat menggunakan Financial Diary yang akan diberitahukan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

B. REGISTRASI m-BCA

  1. Setiap Nasabah yang memiliki Kartu ATM BCA berhak untuk memperoleh dan menggunakan m-BCA.
  2. Untuk dapat menggunakan m-BCA, Nasabah harus memiliki nomor handphone yang aktif dan tidak terblokir, meng-install BCA mobile serta memiliki PIN m-BCA yang ditentukan sendiri oleh Nasabah pada saat melakukan registrasi di ATM BCA, mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA, atau melalui sarana lainnya yang ditentukan oleh BCA. Jika Nasabah melakukan registrasi m-BCA di konter kantor cabang BCA, Nasabah wajib menggunakan PIN Kartu ATM BCA Nasabah untuk melakukan aktivasi m-BCA. Selanjutnya Nasabah dapat mengganti PIN m-BCA pada menu m-Admin-Ganti PIN.
  3. BCA berhak untuk menentukan jumlah nomor handphone yang dapat digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA, yang akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. BCA berhak mendaftarkan nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan aktivasi m-BCA ke dalam database Nomor Handphone e-Banking BCA.
  5. Nasabah dapat menambah, mengubah, dan/atau menghapus Nomor Handphone e-Banking BCA melalui mesin ATM BCA atau sarana lainnya yang ditentukan oleh BCA di kemudian hari.

C. KETENTUAN PENGGUNAAN

  1. Nasabah dapat menggunakan m-BCA untuk mendapatkan Info BCA dan/atau melakukan transaksi perbankan yang telah disediakan oleh BCA yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  2. Melalui m-BCA, Nasabah dapat mengakses:
    • rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA;
    • informasi rekening deposito, rekening pinjaman dan rekening reksadana yang menginduk pada nomor customer yang sama dengan rekening utama dari Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA;
    • informasi Kartu Kredit BCA yang sudah dikoneksikan dengan m-BCA.
  3. BCA berhak melakukan verifikasi terhadap Nasabah yang mengakses atau melakukan transaksi pada m-BCA, antara lain dengan melakukan verifikasi data diri Nasabah dan/atau meminta Nasabah untuk memasukkan OTP saat melakukan transaksi tertentu pada m-BCA.
  4. Atas persetujuan Nasabah, BCA berhak mengakses lokasi Nasabah pada saat Nasabah hendak melakukan pembukaan rekening online di m-BCA, melakukan aktivasi BCA mobile dan pada saat melakukan penggantian handphone antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi.
  5. Khusus untuk Transaksi QRIS Transfer, Transaksi QRIS MPM, dan Transaksi QR Cross Border Nasabah dapat memilih tetap menggunakan PIN m-BCA sebagai sarana otorisasi transaksi atau mengaktifkan fitur Transaksi tanpa PIN sampai dengan nominal tertentu sebagaimana akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  6. Khusus untuk Transaksi QRIS CPM, Nasabah wajib:
    1. mengecek dan memastikan kesesuaian nominal transaksi pada terminal terlebih dahulu sebelum menunjukkan QR Code Pembayaran untuk dipindai oleh merchant. Dengan menunjukkan QR Code Pembayaran kepada merchant, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah telah memastikan dan menyetujui nominal transaksi yang ditampilkan pada terminal oleh merchant; dan
    2. menjaga keamanan QR Code Pembayaran dan memastikan QR Code Pembayaran dimaksud hanya ditunjukkan kepada merchant untuk kemudian dipindai oleh merchant.

    Segala akibat dan kerugian yang timbul karena kelalaian Nasabah dalam mengecek dan memastikan kesesuaian/kebenaran nilai transaksi pada terminal yang diinput oleh merchant serta menjaga keamanan QR Code Pembayaran menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya. Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala klaim, gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun dan dari pihak manapun termasuk dari Nasabah sehubungan dengan hal tersebut di atas. Segala perselisihan yang timbul antara Nasabah dengan merchant terkait dengan Transaksi QRIS CPM akan diselesaikan oleh Nasabah dan merchant tanpa melibatkan BCA.

  7. Dengan melakukan Transaksi QRIS Transfer, Transaksi QRIS, dan Transaksi QR Cross Border Nasabah setuju bahwa BCA berhak untuk memberikan data nama dan nomor handphone Nasabah yang terkoneksi dengan m-BCA kepada pihak yang menerima dana hasil Transaksi QRIS Transfer, Transaksi QRIS, dan Transaksi QR Cross Border untuk keperluan identifikasi Transaksi QRIS Transfer, Transaksi QRIS, dan Transaksi QR Cross Border.
  8. Melalui BCA Keyboard Nasabah dapat melakukan transaksi sebagaimana ditentukan dan akan diberitahukan oleh BCA dari waktu ke waktu dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  9. Nasabah setuju bahwa:
    1. BCA berhak untuk menyimpan dan menggunakan data personal Nasabah dan data lainnya yang melekat pada telepon seluler (handphone) yang digunakan Nasabah untuk mengunduh BCA mobile;
    2. BCA dan/atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA dapat memperoleh, mengakses, menyimpan, dan menggunakan data yang melekat pada telepon seluler (handphone) yang digunakan Nasabah untuk mengunduh BCA mobile;
    antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi serta untuk kepentingan promosi produk perbankan BCA dan pihak lain yang bekerja sama dengan BCA
  10. Nasabah yang melakukan pendaftaran Kartu Kredit BCA pada m-BCA secara otomatis dapat mengakses layanan informasi Kartu Kredit BCA pada fasilitas Internet Banking BCA (KlikBCA) sepanjang Nasabah melakukan registrasi layanan dimaksud dengan menggunakan Kartu ATM BCA yang sama dengan Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA.
  11. Perintah/instruksi yang diberikan oleh Nasabah melalui m-BCA hanya dapat dilakukan dengan menggunakan nomor handphone Nasabah yang telah didaftarkan di BCA dan setelah Nasabah melakukan aktivasi m-BCA pada handphone Nasabah.
  12. Nasabah wajib memastikan ketersediaan dana pada rekening Nasabah sebelum melakukan transaksi melalui m-BCA. Nasabah harus mengisi semua data yang dibutuhkan untuk setiap transaksi secara benar dan lengkap.
  13. Sebagai tanda persetujuan, Nasabah wajib memasukkan PIN m-BCA untuk melakukan transaksi finansial dan transaksi lainnya yang ditentukan oleh BCA.
  14. Nasabah wajib melakukan permintaan Kode Transaksi melalui BCA mobile sebelum Nasabah melakukan transaksi tarik tunai dan/atau setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, atau transaksi di kantor cabang BCA tanpa menggunakan Kartu ATM BCA. Kode Transaksi tersebut hanya dapat digunakan oleh Nasabah selama jangka waktu tertentu yang akan diberitahukan oleh BCA pada BCA mobile. Segala akibat yang timbul karena penggunaan Kode Transaksi menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  15. Setiap instruksi dari Nasabah yang tersimpan pada pusat data BCA merupakan data yang benar dan mengikat Nasabah, serta merupakan bukti yang sah atas instruksi dari Nasabah kepada BCA untuk melakukan transaksi yang dimaksud, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
  16. BCA berhak menentukan limit atas transaksi yang dilakukan Nasabah melalui m-BCA yang akan diberitahukan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  17. Limit transaksi tarik tunai dan setor tunai tanpa kartu di ATM BCA mengikuti limit kartu debit Nasabah.
  18. Limit Transaksi QRIS Transfer mengikuti limit transfer Kartu ATM BCA yang terkoneksi dengan m-BCA.
  19. Limit Transaksi QRIS dan Transaksi QR Cross Border per transaksi mengikuti limit yang ditentukan oleh Bank Indonesia, sedangkan limit kumulatif harian Transaksi QRIS dan Transaksi QR Cross Border mengikuti limit harian yang ditentukan oleh BCA yang akan diberitahukan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  20. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi dari Nasabah sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan nomor handphone dan PIN m-BCA dan/atau Kode Transaksi. BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna nomor handphone dan PIN m-BCA dan/atau Kode Transaksi atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud, oleh karena itu instruksi tersebut adalah sah dan mengikat Nasabah secara hukum, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
  21. Segala transaksi yang telah diinstruksikan oleh Nasabah kepada BCA tidak dapat dibatalkan dengan alasan apa pun. Menyimpang dari ketentuan tersebut, Nasabah dapat membatalkan link Transaksi BagiBagi yang dibuat oleh Nasabah melalui m-BCA pada BCA mobile selama link Transaksi BagiBagi belum kedaluwarsa. Segala transaksi yang telah dilakukan dengan menggunakan link Transaksi BagiBagi tersebut sebelum adanya pembatalan link Transaksi BagiBagi menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya. Nasabah juga bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan pembatalan link Transaksi BagiBagi dan membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun dan dari pihak manapun.
  22. Nasabah wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi BCA mobile atas permintaan BCA.
  23. Kelalaian Nasabah dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) BCA mobile mengakibatkan Nasabah tidak dapat menggunakan BCA mobile atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di BCA mobile.
  24. Untuk setiap instruksi dari Nasabah atas transaksi finansial yang berhasil dilakukan oleh BCA, Nasabah akan mendapatkan bukti transaksi berupa nomor referensi yang akan tersimpan di dalam Inbox m-BCA pada BCA mobile milik Nasabah, sebagai bukti bahwa transaksi tersebut telah dijalankan oleh BCA dengan ketentuan:
    • Inbox m-BCA pada BCA mobile Nasabah tidak penuh.
    • Tidak ada gangguan pada jaringan komunikasi dan Operator Seluler.
  25. BCA berhak untuk tidak melaksanakan instruksi dari Nasabah, jika saldo rekening Nasabah di BCA tidak mencukupi untuk melakukan transaksi yang bersangkutan atau rekening Nasabah diblokir.
  26. Nasabah wajib dan bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan instruksi transaksi melalui m-BCA yang dikirim kepada BCA. BCA tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat apa pun yang timbul karena ketidaklengkapan, ketidakjelasan data, atau ketidaktepatan instruksi dari Nasabah.
  27. Kurs yang berlaku untuk setiap transaksi yang berhubungan dengan valuta asing adalah kurs TT (Telegraphic Transfer) yang berlaku untuk transaksi melalui ATM BCA.
  28. Catatan, tape/cartridge, hasil print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain yang terdapat pada BCA merupakan alat bukti yang sah dan mengikat atas instruksi dari Nasabah yang dijalankan oleh BCA.
  29. Nasabah menyetujui dan mengakui keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti instruksi dan komunikasi yang dikirim secara elektronik oleh BCA, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau bukti transaksi yang dijalankan oleh BCA, tape/cartridge, hasil print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain yang terdapat pada BCA. Semua sarana dan/atau dokumen tersebut merupakan satu-satunya alat bukti yang sah dan mengikat atas transaksi-transaksi perbankan yang dilakukan oleh Nasabah melalui m-BCA, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
  30. Dengan melakukan transaksi melalui m-BCA, Nasabah mengakui semua komunikasi dan instruksi dari Nasabah yang diterima BCA akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun dokumen tidak dibuat secara tertulis dan/atau dokumen tidak ditandatangani oleh Nasabah dan BCA.
  31. Limit transaksi transfer dan limit pembelian pulsa melalui m-BCA merupakan limit gabungan dengan limit yang berlaku untuk transaksi yang sama yang dilakukan melalui fasilitas ATM BCA dan sarana perbankan elektronik lainnya. BCA berhak untuk mengubah besarnya limit untuk transaksi tersebut yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  32. Operator Seluler berhak mengenakan biaya kepada Nasabah untuk setiap transaksi, baik yang berhasil maupun yang tidak berhasil dilakukan.
  33. Data transaksi yang dapat dilihat pada menu notifikasi maksimal hanya 15 (lima belas) data transaksi dalam jangka waktu maksimal 7 (tujuh) hari terakhir.
  34. Nasabah dengan ini setuju bahwa BCA berhak untuk menginformasikan nama, nomor rekening, dan/atau data transaksi Nasabah yang dilakukan melalui m-BCA kepada pihak lain yang terkait dengan transaksi yang dilakukan oleh Nasabah.
  35. Saat Nasabah melakukan Transaksi QRIS Transfer, Nasabah wajib memastikan kebenaran nama, nomor rekening tujuan transfer, dan nominal transaksi transfer. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan Transaksi QRIS Transfer yang dilakukan Nasabah, termasuk kerugian yang timbul karena kelalaian Nasabah dalam memastikan kebenaran nama, nomor rekening tujuan transfer, dan nominal transaksi transfer.
  36. Saat Nasabah melakukan Transaksi QRIS, Nasabah wajib memastikan kebenaran nama merchant dan nominal Transaksi QRIS. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan Transaksi QRIS yang dilakukan Nasabah, termasuk kerugian yang timbul karena kelalaian Nasabah dalam memastikan kebenaran nama merchant dan nominal transaksi pembayaran.
  37. Transaksi QR Cross Border dilakukan dalam mata uang rupiah dengan mengikuti kurs transaksi yang ditentukan oleh BCA.
  38. Saat Nasabah melakukan Transaksi QR Cross Border, Nasabah wajib memastikan kebenaran nama merchant, nominal transaksi, dan kurs Transaksi QR Cross Border. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan Transaksi QR Cross Border yang dilakukan Nasabah, termasuk kerugian yang timbul karena kelalaian Nasabah dalam memastikan kebenaran nama merchant, nominal transaksi, dan kurs Transaksi QR Cross Border.
  39. Dalam hal Nasabah melakukan Transaksi BagiBagi, Nasabah menyadari sepenuhnya bahwa link Transaksi BagiBagi yang dihasilkan dari Transaksi BagiBagi yang dilakukan Nasabah dapat diteruskan oleh penerima awal link Transaksi BagiBagi kepada pihak manapun melalui berbagai macam sarana sehingga link Transaksi Bagi-Bagi dapat dimanfaatkan baik oleh penerima awal link Transaksi BagiBagi maupun pihak yang menerima link Transaksi BagiBagi yang diteruskan tersebut. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan link Transaksi BagiBagi yang dibuat oleh Nasabah oleh pihak manapun.
  40. Rekening sumber dana Transaksi BagiBagi akan langsung terdebet setelah link Transaksi BagiBagi ter-create. Dalam hal ada sisa dana yang tidak diambil oleh penerima link Transaksi BagiBagi sampai link Transaksi BagiBagi kedaluwarsa, maka dana akan dikembalikan oleh BCA ke rekening sumber dana pada waktu yang ditentukan oleh BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  41. BCA berhak menutup layanan m-BCA antara lain apabila m-BCA digunakan untuk meng-create QR Code dan/atau digunakan untuk melakukan suatu tindakan melanggar hukum.
  42. Melalui Financial Diary Pengguna Financial Diary dapat, antara lain:
    1. memperoleh informasi transaksi berdasarkan kategori tertentu yang bersumber dari data transaksi selama periode tertentu yang terjadi pada rekening dan Kartu Kredit BCA tertentu yang telah terkoneksi dengan m-BCA Pengguna Financial Diary; dan
    2. memperoleh notifikasi atas transaksi tertentu yang terjadi pada rekening dan Kartu Kredit BCA tertentu yang telah terkoneksi dengan m-BCA Pengguna Financial Diary.
  43. Pengguna Financial Diary memberikan persetujuan kepada BCA untuk melakukan pencatatan, rekapitulasi, dan pengkategorian transaksi secara otomatis atas setiap transaksi yang berasal dari rekening dan Kartu Kredit BCA tertentu yang telah terkoneksi dengan m-BCA Pengguna Financial Diary.
  44. Pengguna Financial Diary setuju bahwa data transaksi yang ditampilkan pada Financial Diary bukan merupakan bukti atas transaksi yang dilakukan melalui rekening dan Kartu Kredit BCA milik Pengguna Financial Diary melainkan hanya bertujuan untuk memudahkan Pengguna Financial Diary dalam memperoleh analisis keuangan atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Financial Diary. Dalam hal terdapat perbedaan antara data transaksi yang ditampilkan pada Financial Diary dengan data transaksi yang tercatat dalam mutasi rekening Pengguna Financial Diary yang disediakan oleh BCA kepada Pengguna Financial Diary melalui sarana selain Financial Diary, antara lain mutasi pada rekening koran, buku tabungan, KlikBCA Individu, m-BCA, dan myBCA, maka data transaksi yang terdapat dalam mutasi rekening Pengguna Financial Diary tersebut yang akan berlaku.

D. PIN m-BCA, OTP, KODE AKSES, KODE TRANSAKSI, DAN KEWAJIBAN NASABAH

  1. PIN m-BCA, Kode Akses dan Kode Transaksi hanya boleh digunakan oleh Nasabah yang bersangkutan.
  2. Nasabah wajib merahasiakan PIN m-BCA, OTP, Kode Akses dan/atau Kode Transaksi dengan cara:
    • Tidak memberitahukan PIN m-BCA, OTP, Kode Akses, dan/atau Kode Transaksi kepada orang lain termasuk kepada anggota keluarga atau orang terdekat Nasabah;
    • Tidak menyimpan PIN m-BCA dan Kode Akses pada handphone, benda-benda lainnya atau sarana apa pun yang memungkinkan PIN m-BCA dan Kode Akses diketahui oleh orang lain;
    • Berhati-hati dalam menggunakan PIN m-BCA, Kode Akses, dan/atau Kode Transaksi agar tidak terlihat oleh orang lain;
    • Tidak menggunakan nomor handphone, PIN m-BCA, dan Kode Akses yang ditentukan atau dipilihkan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya dan nomor telepon.
  3. Segala penyalahgunaan PIN m-BCA, OTP, Kode Akses dan/atau Kode Transaksi merupakan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya. Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan yang timbul, baik dari pihak lain maupun Nasabah sendiri sebagai akibat penyalahgunaan PIN m-BCA, Kode Akses, dan/atau Kode Transaksi.
  4. Penggunaan PIN m-BCA, OTP, Kode Akses, dan/atau Kode Transaksi pada m-BCA mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah.
  5. Nasabah setiap saat dapat mengubah PIN m-BCA dan Kode Akses.
  6. Apabila SIM Card Operator Seluler atau handphone milik Nasabah kedaluwarsa/hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, Nasabah harus memberitahukan hal tersebut kepada kantor cabang BCA terdekat atau Halo BCA untuk dilakukan pemblokiran/penutupan m-BCA. Segala instruksi transaksi berdasarkan penggunaan nomor handphone, PIN m-BCA, OTP, Kode Akses, dan/atau Kode Transaksi yang terjadi sebelum pejabat yang berwenang dari BCA menerima pemberitahuan tersebut dari Nasabah menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  7. Nasabah wajib memastikan bahwa telepon seluler/handphone yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan m-BCA bebas dari virus, malware, dan/atau hal lainnya yang dapat merugikan Nasabah.
  8. Kode Akses dan PIN m-BCA yang digunakan untuk bertransaksi dengan menggunakan BCA Keyboard sama dengan Kode Akses dan PIN m-BCA yang digunakan pada BCA mobile.

E. PEMBLOKIRAN m-BCA, BCA mobile (MENU m-BCA) DAN KODE TRANSAKSI

  1. m-BCA akan diblokir jika:
    • Nasabah salah memasukkan PIN m-BCA atau OTP sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut;
    • Nasabah mengajukan permohonan pemblokiran Kartu ATM BCA karena hilang/dicuri; atau
    • Nasabah mengajukan permohonan pemblokiran m-BCA karena SIM Card Operator Seluler hilang/dicuri
  2. BCA berhak memblokir m-BCA Nasabah apabila:
    1. Nasabah tidak melakukan transaksi apa pun (finansial maupun non-finansial) melalui m-BCA selama 3 (tiga) bulan berturut-turut sejak tanggal transaksi terakhir;
    2. Berdasarkan data yang diberikan oleh Operator Seluler kepada BCA, nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA terindikasi sudah tidak digunakan lagi oleh Nasabah (recycled); atau
    3. Berdasarkan penilaian/analisis BCA, Nasabah melakukan transaksi (finansial maupun non finansial) di luar batas penggunaan yang wajar.
    4. Nasabah diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BCA;
    5. Nasabah menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya; atau
    6. Nasabah memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana.
  3. Kesalahan memasukkan Kode Akses sebanyak tiga kali berturut-turut atau penggantian SIM Card yang terpasang pada handphone dengan SIM Card lain dapat mengakibatkan menu m-BCA pada BCA mobile tidak dapat diakses oleh Nasabah.
  4. Dalam hal m-BCA terblokir atau Nasabah salah memasukkan Kode Transaksi sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut saat bertransaksi di ATM BCA atau di kantor cabang BCA, maka seluruh Kode Transaksi yang aktif, baik yang dihasilkan oleh m-BCA pada BCA mobile atau kode transaksi yang dihasilkan oleh layanan produk perbankan BCA lainnya, tidak dapat digunakan oleh Nasabah.
  5. Nasabah dilarang untuk mengopi BCA mobile pada handphone lainnya. Hasil kopian BCA mobile tersebut tidak dapat digunakan oleh Nasabah.
  6. Nasabah harus meng-install ulang BCA mobile pada handphone apabila menu m-BCA pada BCA mobile terblokir.
  7. Apabila terjadi pemblokiran m-BCA Nasabah harus menghubungi BCA dan melakukan registrasi ulang m-BCA di ATM BCA, mesin EDC BCA atau konter kantor cabang BCA.

F. FORCE MAJEURE

Dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Nasabah, baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, peralatan/sistem/transmisi dalam keadaan tidak berfungsi, terjadinya gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, adanya kebijakan pemerintah yang melarang BCA memberikan layanan m-BCA, serta kejadian-kejadian atau hal-hal lain di luar kekuasaan atau kemampuan BCA, maka Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan dalam bentuk apa pun terkait dengan hal tersebut.

G. PENGAKHIRAN m-BCA

  1. m-BCA akan berakhir jika:
    1. Nasabah mengajukan permohonan pengakhiran m-BCA kepada BCA, dikarenakan antara lain:
      • Nasabah mengakhiri penggunaan kartu ATM BCA atau nomor handphone; atau
      • Nasabah mengganti nomor handphone
    2. Nasabah menutup semua rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA.
  2. BCA berhak mengakhiri pemberian m-BCA kepada Nasabah antara lain apabila:
    1. Nasabah menggunakan m-BCA atau mengizinkan m-BCA dimanfaatkan oleh pihak lain untuk melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum;
    2. Berdasarkan data yang diberikan oleh Operator Seluler kepada BCA, nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA sudah tidak digunakan lagi oleh Nasabah (recycled);
    3. Berdasarkan penilaian BCA Nasabah menggunakan m-BCA di luar batas penggunaan yang wajar;
    4. Nasabah tidak melakukan transaksi apa pun (finansial maupun non-finansial) melalui m-BCA selama jangka waktu yang ditentukan oleh BCA yang akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku; atau
    5. Jumlah nomor handphone yang digunakan Nasabah untuk melakukan registrasi m-BCA melebihi jumlah nomor handphone yang ditentukan oleh BCA.
    6. Nasabah diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BCA;
    7. Nasabah menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya; atau
    8. Nasabah memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana.

H. LAIN-LAIN

  1. Bukti transaksi yang dilakukan oleh Nasabah melalui m-BCA adalah mutasi yang tercatat pada rekening koran atau buku Tahapan (jika dicetak).
  2. Setiap keluhan terkait m-BCA harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA dalam waktu selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal transaksi melalui m-BCA dilakukan.
  3. Nasabah wajib segera melaporkan kepada BCA secara tertulis apabila terjadi perubahan data Nasabah.
  4. Nasabah dapat menghubungi Halo BCA atau kantor cabang BCA atas setiap permasalahan yang berkenaan dengan transaksi, pemblokiran, dan/atau penutupan m-BCA.
  5. Nasabah harus menghubungi Operator Seluler yang bersangkutan untuk penanganan masalah yang berkaitan dengan SIM Card, jaringan Operator Seluler, jaringan internet pada handphone, tagihan penggunaan dari Operator Seluler, biaya SMS, dan value added service Operator Seluler.
  6. Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala klaim, gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun dan dari pihak manapun termasuk dari Nasabah sehubungan dengan pemblokiran m-BCA atau pengakhiran pemberian m-BCA kepada Nasabah berdasarkan data nomor handphone yang sudah tidak digunakan lagi oleh Nasabah (recycled) yang BCA terima dari Operator Seluler sebagaimana dimaksud dalam butir E.2.b dan butir G.2.b Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk ini.
  7. BCA dapat mengubah Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk ini yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  8. Nasabah dengan ini menyatakan tunduk pada Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk serta seluruh ketentuan yang berlaku di BCA yang mengatur mengenai jasa, fasilitas, dan transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu ATM BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

I. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Nasabah setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk ini antara Nasabah dengan BCA akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  2. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Nasabah dengan BCA, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 2 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

J. BAHASA

    Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk ini dibuat dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terdapat perbedaan antara versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maka yang berlaku adalah versi bahasa Indonesia.



Ketentuan m-BCA (Mobile Banking) PT Bank Central Asia Tbk ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Dapatkan Layanan

BCA mobile
Akses produk atau layanan ini secara langsung dan online di mana saja kapan saja
Download Sekarang
img banner
img logo

Buka Tabungan di BCA mobile