2024-10-15 | Awas Modus

Hati-hati Tawaran Pinjol Mengatasnamakan BCA di Tiktok!

Setelah kartu kredit dan Paylater BCA, kini muncul lagi penipuan pinjaman online (pinjol) yang mengatasnamakan BCA. Medianya pun beralih yang tadinya melalui Instagram, kini merambah ke media TikTok yang sedang digemari kalangan muda.

Seperti diketahui, Bank BCA sampai saat ini tidak pernah mengeluarkan produk pinjaman online, apalagi hanya melalui persyaratan mengirimkan foto KTP dan foto selfie KTP.

Kronologi Penipuan

Penipu mencari mangsa korban lewat media sosial TikTok, dimana banyak pengguna TikTok yang secara usia cocok dengan mayoritas usia pengguna pinjol. Berdasarkan Data Statistik Fintech Lending Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2023, mayoritas nasabah pinjol adalah generasi muda, terutama dari kelompok usia 19 sampai 34 tahun. Sedangkan pengguna TikTok di Indonesia  76% berusia 18 hingga 34 tahun (sumber: ginee.com).

Dengan membuat akun yang menyerupai BCA (akun palsu yang profil dan isi kontennya seolah-olah dari akun resmi BCA), penipu membuat postingan-postingan tawaran pinjaman online yang memberikan iming-iming syarat mudah, pencairan cepat dan limit yang menggiurkan.

Lalu di kolom komentarnya, penipu mencantumkan nomor WhatsApp BCA palsu agar calon korban yang berminat bisa menghubunginya lewat WhatsApp.

Di WhatsApp, penipu yang berpura-pura menjadi Customer Service BCA memberikan syarat-syarat untuk mendapatkan pinjaman online, diantaranya foto KTP, foto selfie calon korban dengan memegang KTP, dll.

Padahal, data-data tersebut digunakan oleh si penipu untuk mengajukan pinjaman online ke aplikasi-aplikasi pinjol. Uangnya masuk ke si penipu, tagihannya ditujukan ke para korban!

Simak tips agar terhindar dari penipuan pinjol berkedok BCA

Biar kamu tidak kemakan penipuan pinjol BCA bodong seperti ini, yuk simak satu-satu tips amannya ya.

  • Jangan mudah tergiur iming-iming pinjaman instan dengan syarat mudah, apalagi dari sumber yang tidak jelas.
  • Akun Tiktok resmi BCA adalah @BankBCA dengan centang biru di sebelah nama akun. Cek akun-akun resmi media sosial BCA di sini.
  • Nomor WhatsApp Bank BCA adalah 08111500998 dengan centang biru di kanan nama akun.
  • Teliti dan cermati dulu syarat ketentuannya dan konfirmasikan ke Halo BCA di nomor 1500888 atau via aplikasi haloBCA.
  • BCA tidak pernah menawarkan pinjaman instan, hadiah, atau reward apapun dengan meminta data pribadi kepada nasabah dalam bentuk apapun.
  • Jaga selalu kerahasiaan data pribadimu termasuk data perbankan kamu. Datamu, rahasiamu!

Yuk jadi orang yang selalu awas modus agar tidak mudah tertipu modus-modus penipuan jaman now! Simak modus-modus perbankan terkini di bca.id/awasmodus