2024-09-30 | Awas Modus

Hati-hati Tergiur Penipuan Bebas Uang Iuran Kartu Kredit!

Modus penipuan kartu kredit makin beragam dan mengincar korban yang senang diberi iming-iming, salah satunya berupa tawaran bebas uang iuran tahunan (free annual fee) kartu kredit. 

Tanpa disadari, banyak nasabah yang terjebak dalam penipuan ini karena kurangnya informasi dan kewaspadaan.

Mengenal Modus Bebas Uang Iuran Kartu Kredit

Pelaku yang mengaku sebagai Customer Service atau Marketing Bank BCA akan menawarkan tawaran berupa "pembebasan iuran tahunan" untuk kartu kredit, sebuah tawaran yang menggiurkan bagi siapa pun.

Pada skenario umum, pemegang kartu kredit atau Card Holder akan dihubungi melalui telepon oleh pelaku yang menyamar sebagai petugas dari Bank BCA.

Pelaku kemudian menjelaskan bahwa pemegang kartu kredit berhak mendapatkan bebas uang iuran kartu kredit, dengan syarat harus melakukan verifikasi data terlebih dahulu.

Verifikasi ini melibatkan permintaan detail kartu kredit, termasuk nomor kartu, tanggal kadaluarsa, serta kode CVV yang tidak seharusnya dibagikan kepada siapa pun.

Meminta kode OTP

Tidak berhenti sampai di situ, pelaku juga mengarahkan korban untuk memberikan kode OTP (One Time Password) yang biasanya dikirimkan oleh bank melalui SMS ke ponsel pemegang kartu kredit sebagai langkah verifikasi transaksi.

Dalam beberapa kasus, pelaku akan mengirimkan sebuah link kepada pemegang kartu kredit. Link tersebut akan mengarahkan korban ke sebuah halaman yang menyerupai situs resmi BCA, di mana korban diminta untuk mengisi data kartu kredit secara lengkap.

Ketika korban mengisi data tersebut, informasi tersebut langsung jatuh ke tangan pelaku, yang dengan cepat dapat menyalahgunakannya untuk transaksi ilegal.

Modus ini menjadi sangat efektif karena pelaku menggunakan social engineering atau manipulasi psikologi dan kepercayaan sebagai senjata. Pelaku juga memanfaatkan rasa senang yang berlebihan dan ketidakpahaman korban terhadap kebijakan bank terkait pembagian data pribadi.

Tips Mencegah Penipuan ini

Untuk melindungi diri dari modus penipuan ini, beberapa langkah penting yang harus diambil adalah:

  • Data kartu kredit seperti nomor kartu, tanggal kadaluarsa, CVC/CVV, dan OTP adalah informasi rahasia yang tidak boleh dibagikan kepada siapa pun, termasuk pihak yang mengaku sebagai petugas bank, lewat sarana apapun.
  • Jika menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal yang mengaku dari Bank BCA, lakukan verifikasi langsung ke Halo BCA di 1500888 atau via aplikasi haloBCA.
  • Jika menerima link yang tidak dikenal melalui pesan atau email, jangan sekali-kali membukanya. Pastikan selalu mengakses situs resmi Bank BCA melalui www.bca.co.id.
  • Aktifkan notifikasi untuk setiap transaksi kartu kredit sehingga kamu dapat segera mengetahui jika ada transaksi tidak dikenal.

Sebagai nasabah yang cerdas, kamu harus selalu waspada dan tidak mudah tergiur dengan modus bebas uang iuran. Ingat, menjaga keamanan data pribadi adalah langkah pertama dalam melindungi diri dari kejahatan siber yang semakin berkembang.

Sebagai pengguna kartu kredit, sebaiknya kamu baca juga modus-modus penipuan seputar kartu kredit lainnya: 

Jika kamu sedang merasa ada sesuatu yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera menghubungi Halo BCA. Layanan ini siap membantu memberikan informasi dan panduan terkait segala hal yang berhubungan dengan keamanan kartu kredit milikmu.