19 Aug 2024 | Edukatips

Yuk Manfaatkan API BCA Individu Bisnis Untuk Kelancaran Usahamu

Halo para pebisnis, sudah pernah dengar API BCA?

API BCA adalah fitur atau layanan dari BCA yang memungkinkan nasabah untuk mengkoneksikan platform pribadi nasabah dengan fasilitas perbankan yang ada di BCA.

Apa itu API Individu Bisnis?

Saat ini API BCA telah tersedia untuk nasabah individu bisnis yang ingin go digital dalam pengelolaan bisnis dan operasional yang semakin berkembang.

Contohnya, nasabah yang memiliki bisnis online seperti F&B, penjual pulsa/paket data, dll. yang transaksi hariannya cukup tinggi sehingga memerlukan solusi API yang memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan termasuk rekonsiliasi pembayaran dengan mudah dan seamless langsung dari aplikasi/platform mereka.

Nasabah yang mendaftar produk API BCA untuk Individu Bisnis ini juga akan dibantu oleh PT ALTO Networks (ALTO) selaku IT Gateway dalam proses integrasi nya.

Apa manfaat dan keuntungannya?

API BCA dapat mempercepat proses bisnis dan operasional nasabah, karena secara seamless nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa perlu membuka KlikBCA Bisnis .

Fitur yang disediakan adalah:

  • API Informasi Saldo
  • API Mutasi Rekening.

Sebagai contoh, apabila nasabah memiliki bisnis online, nasabah dapat melakukan cek mutasi atau saldo secara otomatis untuk tahu apakah dana yang di transfer pembeli benar sudah masuk.

Untuk menikmati manfaat dari API BCA, nasabah harus memiliki fasilitas KlikBCA Bisnis (KBB) terlebih dahulu. Nasabah dapat langsung mengakses fitur API ini melalui platform milik nasabah.

Integrasi API BCA pun semakin dimudahkan dengan adanya ALTO sebagai IT gateway untuk membantu nasabah dalam melakukan integrasi teknis.

Bagaimana cara pengajuan kerjasama API Individu Bisnis?

Berikut cara pengajuan kerja sama API BCA Individu Bisnis.

  1. Nasabah dapat melakukan registrasi pada https://webform.bca.co.id/api/registrasi-api. Untuk data nasabah yang dibutuhkan adalah nomor rekening & corporate ID KBB.
  2. Setelah nasabah melakukan registrasi, Nasabah akan dihubungi oleh ALTO via email untuk melanjutkan proses integrasi API BCA antara lain langkah-langkah mengakses sandbox dari ALTO untuk melakukan uji coba dan testing terkait integrasi API BCA untuk Individu Bisnis. Dokumen teknis juga akan tersedia pada portal sandbox ALTO untuk membantu proses development nasabah.
  3. Setelah nasabah berhasil melakukan development & integrasi teknis, nasabah selanjutnya perlu memasukkan hasil testing pada portal sandbox ALTO,
  4. Apabila hasil testing telah sesuai, nasabah akan diminta untuk memasukkan tanggal implementasi/aktivasi API yang dikehendaki oleh nasabah,
  5. Kemudian BCA akan mengirimkan email yang berisi credential API BCA untuk nantinya dapat digunakan dalam bertransaksi menggunakan API BCA pada hari H tanggal implementasi.

Mudah bukan cara pengajuannya? Kalau masih ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi aja BCA via email support API Individu (apisupport_individu@bca.co.id) atau dapat juga melalui Halo BCA Bisnis di 1500777.

Nah, jangan buang-buang waktu, segeralah mengajukan API BCA Individu Bisnis agar usaha kamu makin jaya jaya jaya!