Sakuku

Bikin hangout makin all-out

Mengapa Sakuku?

Gratis

Bebas biaya administrasi

Sakuku Plus

Nikmati lebih banyak fitur dengan upgrade ke Sakuku Plus

Promo

Nikmati beragam promo dengan menggunakan Sakuku.

Sakuku

Kenali Produk Perlu Diketahui Syarat dan Ketentuan Biaya, Limit dan Suku Bunga FAQ Dapatkan Produk Layanan API BCA

Sakuku

Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk menunjang gaya hidupmu, mulai dari bayar belanja, isi pulsa hingga berbagai tagihan.

Keuntungan


 

Mudah
Hanya perlu download aplikasi untuk mulai menggunakan Sakuku
Praktis
Nomor handphone sebagai nomor kepemilikan Sakuku

Perlu Diketahui

  • Tampilan Layar Transaksi
    Khusus untuk transaksi finansial, kamu akan menerima bukti transaksi dalam menu Inbox

  • Pengamanan Sakuku
    - Nomor handphone dan smartphone pribadi
    - PIN Sakuku (6 digit numerik)

Tips Transaksi Sakuku

  • Jaga selalu kerahasiaan PIN Sakuku untuk keamanan transaksi
  • Selalu memperhatikan layar konfirmasi sebelum melakukan otoritas/menyutujui transaksi
  • Apabila terjadi gangguan transaksi Sakuku, perhatikan beberapa hal berikut:
  • 1. Pastikan nomor handphone memiliki pulsa untuk pengiriman SMS saat melakukan registrasi
    2. Pastikan smartphone mendapatkan jaringan internet yang memadai untuk bertransaksi
    3. Pastikan terdapat saldo yang cukup dalam Sakuku dan tidak dalam keadaan terblokir saat transaksi
    4. Lakukan pengecekan bukti transaksi untuk memastikan keberhasilan transaksi
    5. Hubungi Halo BCA melalui 1500888 jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut
  • Saat penggantian SIM Card atau nomor handphone atau smartphone yang digunakan registrasi Sakuku, maka nasabah harus melakukan hapus, dan download kembali serta registrasi ulang aplikasi Sakuku. Saldo yang masih tersisa akan tetap tersedia pada Sakuku selama nasabah menggunakan nomor handphone serta menginput informasi data diri yang sama dengan registrasi sebelumnya.

Pemblokiran Sakuku

  • Jika handphone kamu hilang atau terjadi kejadian lainnya sehingga tidak dapat mengakses Sakuku, kamu dapat menghubungi Halo BCA
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran data kamu sesuai dengan prosedur yang berlaku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses pemblokiran Sakuku

Penutupan Sakuku

  • Kamu dapat melakukan penutupan Sakuku dengan menghubungi Halo BCA
  • Halo BCA akan melakukan verifikasi kebenaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian (refund) sisa saldo Sakuku
  • Jika verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku
  • Khusus Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan Pemilik Sakuku atau kamu dapat melakukan tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan

    Catatan:
    Apabila terjadi gangguan sistem di BCA atau gangguan di Operator Selular, maka untuk sementara waktu layanan Sakuku tidak dapat diakses
    Produk dan/atau layanan Sakuku telah mendapat otorisasi dari dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Penanganan Keluhan

  • Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku dapat disampaikan oleh Nasabah kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Nasabah untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya
  • BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku
  • Setiap keluhan terkait pengguna Sakuku harus disampaikan oleh Nasabah kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi

Pemberitahuan

Mulai 22 Oktober 2024, Pengguna dapat melakukan registrasi akun baru Sakuku Plus dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di fasilitas m-BCA pada BCA mobile Pengguna.

KETENTUAN SAKUKU PLUS
PT BANK CENTRAL ASIA Tbk (“BCA”)


A. DEFINISI

  1. Sakuku adalah uang elektronik berbasis server dalam mata uang rupiah yang menggunakan nomor telepon seluler (ponsel) sebagai nomor akun.
  2. Sakuku Plus adalah Sakuku yang data identitas Penggunanya terdaftar dan tercatat di BCA (registered).
  3. Pengguna adalah perorangan yang telah melakukan registrasi sebagai pengguna Sakuku Plus.
  4. Operator Seluler adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telepon seluler.
  5. SMS (Short Message Service) adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dapat diterima dan/atau dikirimkan Pengguna melalui ponsel dan terlihat di layar ponsel.
  6. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna dengan menggunakan Sakuku Plus seperti pembayaran transaksi belanja, transfer, tarik tunai, inquiry (info) saldo, inquiry (info) mutasi, isi pulsa, permintaan isi pulsa, dan transaksi lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  7. Co-Partner adalah pihak yang telah melakukan kerja sama dengan BCA untuk keperluan koneksi akun Pengguna di Platform Co-Partner dengan akun Sakuku Pengguna.
  8. Platform Co-Partner adalah website atau aplikasi yang dimiliki dan/atau dikelola oleh Co-Partner atau pihak lain yang ditunjuk oleh Co-Partner atas tanggung jawab Co-Partner.
  9. Ketentuan adalah Ketentuan Sakuku Plus PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”) ini.
  10. Kode Transaksi adalah suatu kode yang dihasilkan oleh Sakuku yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan Transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA atau melalui sarana yang disediakan BCA atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan kepada Pengguna dari waktu ke waktu dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  11. Kartu ATM BCA adalah kartu ATM yang diterbitkan oleh BCA yang dapat dipergunakan oleh pemegang Kartu ATM BCA untuk melakukan transaksi perbankan tertentu melalui ATM BCA dan/atau sarana lain yang ditentukan oleh BCA.
  12. m-BCA (Mobile Banking) adalah layanan produk perbankan BCA yang dapat diakses secara langsung oleh nasabah BCA melalui ponsel menggunakan menu pada BCA mobile dengan menggunakan media jaringan internet pada ponsel dikombinasikan dengan media SMS sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
  13. BCA mobile adalah aplikasi yang dapat di-download dari website resmi BCA maupun media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA yang dimiliki oleh mobile operating system yang terdapat di ponsel nasabah BCA untuk melakukan transaksi melalui m-BCA dan KlikBCA atau untuk memperoleh Info BCA.

B. REGISTRASI DAN AKTIVASI SAKUKU PLUS

  1. Pengguna dapat memperoleh aplikasi Sakuku dengan mengunduh (download) aplikasi Sakuku melalui:
    1. website resmi BCA;
    2. media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA yang dimiliki oleh mobile operating system yang terdapat di ponsel Pengguna.
  2. Pengguna dapat melakukan registrasi Sakuku Plus dengan memasukkan data yang diperlukan pada aplikasi Sakuku antara lain nama, tanggal lahir, alamat email, dan nomor Kartu ATM BCA Pengguna, serta menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di fasilitas m-BCA pada BCA mobile Pengguna.
  3. Dalam hal Pengguna sebelumnya telah memiliki akun Sakuku Plus dan Pengguna hendak menggunakan nomor ponsel yang sama untuk menggunakan Sakuku Plus pada Platform Co-Partner, Pengguna dapat melakukan aktivasi akun Sakuku Plus pada Platform Co-Partner dengan memasukkan data diri yang sama dengan data diri yang telah didaftarkan Pengguna pada saat melakukan registrasi akun Sakuku Plus yang telah dimiliki Pengguna sebelumnya.
  4. Apabila Pengguna telah memiliki akun Sakuku, Pengguna dapat memperoleh Sakuku Plus:
    1. dengan mengajukan permohonan ke kantor cabang BCA terdekat; atau
    2. melalui aplikasi Sakuku:
      1. dengan menyetujui pilihan upgrade Sakuku Plus pada saat melakukan log in ke aplikasi Sakuku. Ketentuan ini hanya berlaku bagi Pengguna yang telah memiliki fasilitas
        m-BCA pada BCA mobile; atau
      2. dengan mengakses menu Aktivasi Sakuku Plus pada menu "Setting".
  5. Untuk bertransaksi menggunakan Sakuku Plus, Pengguna dapat terlebih dahulu melakukan transfer atau top up (mengisi uang) ke Sakuku melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA, KlikBCA Individu, myBCA, atau channel BCA lainnya atau channel non-BCA yang ditentukan oleh BCA.

C. KETENTUAN PENGGUNAAN

  1. Nomor Sakuku Plus adalah nomor ponsel yang digunakan Pengguna untuk melakukan registrasi atau aktivasi Sakuku pada aplikasi Sakuku atau Platform Co-Partner. Selanjutnya nomor ponsel Pengguna tersebut akan digunakan sebagai sarana otorisasi Transaksi.
  2. Pengguna wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik Pengguna sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya dan Pengguna dengan ini membebaskan BCA dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak mana pun.
  3. Satu nomor ponsel hanya dapat digunakan untuk registrasi atau aktivasi 1 (satu) akun Sakuku Plus pada aplikasi Sakuku dan/atau 1 (satu) akun pada Platform Co-Partner yang sama.
  4. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor Sakuku Plus, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas nomor Sakuku Plus tersebut.
  5. Transaksi dapat dilakukan Pengguna melalui aplikasi Sakuku pada ponsel Pengguna, Platform Co-Partner, dan/atau melalui sarana lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA yang akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  6. Pengguna wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku dan/atau Platform Co-Partner setiap kali terdapat kebutuhan upgrade pada aplikasi Sakuku dan/atau Platform Co-Partner.
  7. Kelalaian Pengguna dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Sakuku dan/atau Platform Co-Partner mengakibatkan Pengguna tidak dapat menggunakan fitur tertentu pada aplikasi Sakuku dan/atau Platform Co-Partner.
  8. Pengguna akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi terkait Sakuku yang memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan yang ditentukan oleh Operator Seluler.
  9. Dalam hal SIM Card dari nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor Sakuku Plus dicuri atau hilang, maka Pengguna wajib untuk secepatnya menghubungi Halo BCA.
  10. Dana di Sakuku Plus tidak mendapatkan bunga dan tidak dikenakan pajak.
  11. Apabila terdapat perbedaan antara saldo pada Sakuku Plus dengan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, maka sebagai acuan dipergunakan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BCA, kecuali dapat dibuktikan bahwa terdapat kekeliruan pada saldo atau catatan yang tercatat pada BCA.
  12. Pengguna dapat melakukan perubahan data Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA.
  13. Dalam hal Pengguna menggunakan Sakuku Plus pada Platform Co-Partner, Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada BCA untuk memberikan data Pengguna, data akun Sakuku Plus Pengguna (termasuk nomor dan saldo Sakuku Plus), dan data Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna kepada Co-Partner.
  14. BCA berhak melakukan koreksi atas saldo Pengguna jika terjadi kesalahan yang dilakukan oleh BCA.
  15. Penutupan akun Sakuku Plus dapat dilakukan oleh Pengguna melalui Halo BCA.
  16. Dana yang ada di Sakuku Plus bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai perbankan sehingga dana yang tersimpan pada Sakuku Plus tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  17. Pengguna dengan ini setuju bahwa BCA berhak untuk menginformasikan nama, nomor Sakuku Plus, dan/atau data Transaksi Pengguna kepada pihak lain yang terkait dengan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna.
  18. Pengguna setuju bahwa:
    • BCA berhak untuk menyimpan dan menggunakan data personal Pengguna dan data lainnya yang melekat pada ponsel yang digunakan Pengguna untuk mengunduh Sakuku;
    • BCA dan/atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA dapat memperoleh, mengakses, menyimpan, dan menggunakan data yang melekat pada ponsel yang digunakan Pengguna untuk mengunduh Sakuku;
    antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Pengguna dalam melakukan Transaksi.
  19. BCA berhak melakukan verifikasi terhadap Pengguna yang mengakses aplikasi Sakuku atau melakukan Transaksi, antara lain dengan melakukan verifikasi identitas Pengguna, meminta Pengguna untuk mengirimkan SMS ke nomor dan dengan isi yang ditentukan oleh BCA, dan/atau memasukkan OTP saat mengakses aplikasi Sakuku atau melakukan Transaksi.
  20. BCA berhak melakukan pemblokiran akun Sakuku Plus, menolak transaksi terhadap akun Sakuku Plus, dan/atau menutup hubungan usaha dengan Pengguna dalam hal:
    1. Pengguna tidak memenuhi ketentuan hukum yang berlaku;
    2. Pengguna tidak memberikan informasi dan dokumen pendukung sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
    3. Pengguna diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar kepada BCA;
    4. Pengguna menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya;
    5. Pengguna memiliki sumber dana Transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari hasil tindak pidana; dan/atau
    6. Pengguna melakukan Transaksi di luar batas kewajaran.
  21. Apabila diperlukan, BCA berhak untuk melakukan pendebetan atas saldo pada akun Sakuku Plus Pengguna dalam hal terdapat indikasi kecurangan, penyalahgunaan Sakuku Plus, pelanggaran Ketentuan ini, adanya tindak pidana atau tindakan yang melanggar hukum lainnya yang menimbulkan kerugian bagi BCA atau pihak lain.
  22. Dengan membuka dan menggunakan Sakuku Plus, maka Pengguna tunduk dan menyetujui Ketentuan ini dan ketentuan lainnya yang mengatur mengenai Transaksi. BCA berhak untuk mengubah Ketentuan ini dan ketentuan terkait Transaksi yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Dalam hal Pengguna melakukan registrasi dan Transaksi pada Platform Co-Partner, maka Pengguna setuju untuk terikat pada dan mengikuti ketentuan yang berlaku pada Co-Partner.

D. PIN DAN OTP SAKUKU PLUS SERTA KEWAJIBAN PENGGUNA

  1. PIN (Personal Identification Number) hanya boleh digunakan oleh Pengguna yang bersangkutan.
  2. Setiap kali Pengguna melakukan aktivitas atau Transaksi yang membutuhkan otorisasi, Pengguna harus memasukkan PIN sebagai sarana otorisasi aktivitas atau Transaksi.
  3. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan OTP (One Time Password). Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN dan OTP, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan PIN dan OTP.
  4. Pengguna wajib merahasiakan PIN dan OTP dengan cara:
    • tidak memberitahukan PIN dan OTP kepada orang lain termasuk kepada anggota keluarga atau orang terdekat Pengguna;
    • tidak menyimpan PIN dan OTP pada ponsel, benda-benda lainnya, atau sarana apa pun yang memungkinkan PIN dan OTP diketahui oleh orang lain;
    • berhati-hati dalam menggunakan PIN dan OTP agar tidak terlihat oleh orang lain; dan/atau
    • tidak menggunakan PIN yang ditentukan atau dipilihkan oleh orang lain, atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya dan nomor telepon.
  5. Segala penyalahgunaan PIN atau OTP merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya. Pengguna dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau tindakan hukum lainnya yang timbul, baik Pengguna sendiri maupun pihak lain mana pun sebagai akibat penyalahgunaan PIN atau OTP.
  6. Penggunaan PIN dan OTP pada Sakuku mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Pengguna.
  7. Pengguna wajib memastikan bahwa ponsel yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan Sakuku bebas dari virus, malware, dan/atau hal lainnya yang dapat merugikan Pengguna. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan hal tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

E. BIAYA DAN LIMIT

  1. Pengguna wajib menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan Transaksi serta biaya lainnya yang berlaku di BCA atau Co-Partner.
  2. BCA berhak untuk menentukan:
    1. saldo minimum dan maksimum Sakuku Plus;
    2. pembatasan atas nominal top up (pengisian saldo) ke dalam akun Sakuku Plus;
    3. pembatasan jumlah akun Sakuku Plus yang dapat dimiliki oleh Pengguna;
    4. pembatasan atas Transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pembatasan frekuensi dan/atau nominal Transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui aplikasi Sakuku pada ponsel Pengguna, Platform Co-Partner, dan/atau melalui sarana lain sesuai ketentuan yang berlaku di BCA.
  3. BCA berhak untuk sewaktu-waktu mengubah ketentuan terkait biaya Transaksi dan biaya lainnya terkait Transaksi sebagaimana dimaksud pada butir E.1 di atas serta ketentuan terkait saldo minimum dan maksimum Sakuku Plus, pembatasan jumlah akun Sakuku Plus yang dapat dimiliki oleh Pengguna, dan pembatasan atas Transaksi sebagaimana dimaksud pada butir E.2 di atas berdasarkan kebijakan yang berlaku di BCA.
  4. Pemberitahuan mengenai biaya dan pembatasan sebagaimana dimaksud dalam butir E.1, E.2, dan E.3 di atas akan diberitahukan oleh BCA kepada Pengguna dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

F. PEMBLOKIRAN DAN PENUTUPAN AKUN SAKUKU PLUS

  1. Akun Sakuku Plus akan diblokir jika:
    • Pengguna salah memasukkan PIN Sakuku sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut;
    • Pengguna mengajukan permohonan pemblokiran akun Sakuku Plus karena SIM Card dari nomor Sakuku Plus Pengguna kedaluwarsa/hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain.
  2. Akun Sakuku Plus akan ditutup jika Pengguna salah memasukkan data diri pada saat aktivasi atau aktivasi ulang akun Sakuku Plus. Pengguna dapat melakukan registrasi ulang akun Sakuku Plus dalam jangka waktu yang ditentukan oleh BCA dan apabila terdapat saldo pada akun Sakuku Plus yang ditutup tersebut, Pengguna dapat menghubungi Halo BCA untuk pengkreditan saldo Sakuku Plus ke rekening Pengguna.
  3. Dalam hal akun Sakuku Plus terblokir disebabkan oleh hal-hal sebagaimana dimaksud pada butir F.1 di atas, maka Pengguna dapat melakukan aktivasi ulang akun Sakuku Plus pada aplikasi Sakuku atau Platform Co-Partner.
  4. Apabila SIM Card dari nomor Sakuku Plus atau ponsel milik Pengguna kedaluwarsa/hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, Pengguna harus memberitahukan hal tersebut kepada Halo BCA untuk dilakukan pemblokiran akun Sakuku Plus. Segala instruksi Transaksi berdasarkan penggunaan nomor ponsel, PIN, dan OTP yang terjadi sebelum BCA menerima pemberitahuan tersebut dari Pengguna menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
  5. Dalam hal akun Sakuku Plus terblokir atau Pengguna salah memasukkan Kode Transaksi sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut saat melakukan Transaksi, maka seluruh Kode Transaksi yang aktif, baik yang dihasilkan oleh Sakuku Plus atau kode transaksi yang dihasilkan oleh layanan produk perbankan BCA lainnya dengan menggunakan nomor ponsel yang sama, tidak dapat digunakan oleh Pengguna.

G. FORCE MAJEURE

Pengguna dengan ini membebaskan BCA dari segala gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan BCA dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan Sakuku Plus apabila keterlambatan dan/atau kegagalan dimaksud disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah.

H. PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

  1. Keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan Sakuku Plus dapat disampaikan oleh Pengguna kepada Halo BCA. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BCA berhak meminta Pengguna untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna dan dokumen pendukung lainnya.
  2. BCA akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Setiap keluhan terkait penggunaan Sakuku Plus harus disampaikan oleh Pengguna kepada BCA selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan sejak tanggal Transaksi.
  4. Keluhan/pengaduan sehubungan dengan Transaksi Sakuku Plus pada Platform Co-Partner wajib disampaikan oleh Pengguna kepada Co-Partner. Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, Co-Partner berhak meminta Pengguna untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna dan dokumen pendukung lainnya.
  5. Pengguna setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan ini antara Pengguna dengan BCA akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
  6. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Pengguna dengan BCA, akan diselesaikan melalui fasilitasi perbankan di Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan atau mediasi yang dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tercantum dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan.
  7. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah, fasilitasi perbankan, dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 6 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak BCA untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.

KETENTUAN SAKUKU BCA INI TELAH DISESUAIKAN DENGAN KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERMASUK KETENTUAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN

Biaya, Limit dan Suku Bunga

Biaya


Keterangan

Biaya

Biaya registrasi Sakuku  Biaya SMS OTP sesuai jenis operator
Biaya pembelian isi pulsa/paket data Sesuai jenis operator
Biaya Top Up dari channel sumber dana bank lain Sesuai biaya transfer ke BCA VA dengan sumber dana bank lain

Limit


Keterangan

Limit

Top Up Maksimum (per akun Sakuku per bulan)

Sakuku Rp 20.000.000

Sakuku Plus Rp 40.000.000

Saldo Maksimum

Sakuku Rp 2.000.000

Sakuku Plus Rp 20.000.000

Pembayaran Belanja Merchant Toko/e-Commerce

Minimum Rp 1 per transaksi Maksimum Sesuai maksimal saldo Sakuku

Limit Pembayaran Belanja QRIS

Minimum Rp 1/transaksi

Maksimum Rp10.000.000/transaksi

Limit Isi Pulsa dan Paket Data

Rp 2.500.000/hari

Limit Pembelian Voucher Game

Rp 1.000.000/hari

Tarik Tunai di ATM BCA

Minimum Rp 50.000/transaksi

Maksimum Rp 1.250.000/transaksi

Top Up/Setoran ke Sakuku/Sakuku Plus

Rp 20.000.000/hari

Split Bill

Transaksi Split Bill Minimum Rp 5.000/transaksi dan Maksimum sesuai dengan tagihan

Transfer / Permintaan transfer

Minimal Rp5.000

Maksimum sesuai saldo Sakuku

Catatan : Transaksi hanya dapat dilakukan oleh Sakuku Plus

Apakah Sakuku hanya untuk nasabah BCA saja?

Bagi kamu yang ingin menggunakan Sakuku, kamu tidak harus mempunyai Rekening di BCA. Dikarenakan Sakuku dapat dipakai oleh semua kalangan, baik nasabah BCA maupun non-nasabah BCA.

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari Sakuku?

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna, sbb:

  • Mudah, hanya perlu download aplikasi Sakuku atau aplikasi perusahaan kerjasama Sakuku di appstore/playstore untuk buka akun
  • Praktis, nomor handphone sebagai nomor akun
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan

Bagaimana dengan keamanan dalam menggunakan Sakuku?

Berikut faktor pengamanan bagi pengguna Sakuku, yakni:

  • No handphone dan smartphone milik pribadi pengguna.
  • Password (6 digit numerik) dibutuhkan pada saat log in aplikasi Sakuku dan setiap transaksi yang dilakukan.

Apakah bisa mengakses layanan Sakuku di luar negeri?

Kamu dapat mengakses layanan Sakuku di luar negeri sepanjang smartphone-mudapat mengakses jaringan internet dan roaming SMS telah aktif (khusus diperlukan untuk registrasi awal Sakuku).

Apakah bisa memiliki lebih dari satu rekening Sakuku?

Bisa, namun harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda.

Apa saja penyebab bila tidak dapat melakukan registrasi Sakuku?

Penyebabnya antara lain:

  • Smartphone kamu tidak support Sakuku.
  • SMS-Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.

Apakah pengguna akan dikenakan biaya transaksi pada saat registrasi Sakuku?

Pengguna dikenakan biaya SMS (tergantung jenis operator) pada saat registrasi melalui aplikasi Sakuku. Untuk nasabah yang melakukan registrasi melalui aplikasi perusahaan kerjasama Sakuku (co-branding) tidak dikenakan biaya SMS. Biaya SMS akan memotong pulsa (prabayar) atau masuk ke tagihan bulanan (pascabayar).

Apakah akun Sakuku dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening BCA lainnya?

Sakuku merupakan uang elektronik. Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.

Bagaimana jika lupa Password/Password Sakuku terblokir?

Jika pengguna lupa Password, nasabah dapat menghapus, mengunduh ulang aplikasi Sakuku, dan melakukan registrasi ulang menggunakan data diri yang sama dengan data diri yang sebelumnya. Maka saldo Sakuku pada akun yang sebelumnya akan aktif kembali.

Bagaimana melakukan pengisian saldo (Top up) Sakuku?

Pengguna dapat melakukan pengisian saldo Sakuku melalui:

Via BCA mobile

  • m-BCA
  • m-Transfer
  • Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • PIN m-BCA

Via KlikBCA

  • Transfer Dana
  • Transfer ke Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • Input keyBCA appli 2
  • Input keyBCA appli 1

Via myBCA

  • Transfer
  • Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • Input nominal uang
  • PIN myBCA

Via ATM BCA

  • Transaksi Lainnya
  • Transfer
  • Transfer ke Sakuku
  • Input no Sakuku (no HP)
  • INput nominal uang

Cabang BCA

  • Setoran Tunai di Teller

Kartu ATM Bank Lain

  • Transaksi Lainnya
  • Transfer
  • Transfer ke Rek BCA Virtual Account
  • Input 88000 + no Sakuku (880000812xxx)
  • Input nominal uang

Via e-channel bank lain

  • Pilih transfer ke bank lain
  • Pilih BCA
  • Pilih jenis transfer kliring/LLG/online
  • Masukkan no. rekening (88000 + no HP)
  • Masukkan jumlah nominal
  • Masukkan PIN

Bagaimana cara melihat informasi apakah transaksi berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tampil transaksi berhasil dan dikirimkan notifikasi transaksi berhasil ke dalam inbox aplikasi Sakuku.

Apa yang harus dilakukan apabila akun Sakuku terdebet namun transaksi gagal/terdebet 2x atas transaksi yang sama/nasabah lebih bayar (salah memasukan nominal bayar)?

Pengguna dapat datang ke cabang BCA terdekat atau menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti. Pihak BCA akan melakukan verifikasi data diri dan transaksi Nasabah dan proses lebih lanjut penyelesaiannya.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone kamu yang terdapat aplikasi Sakuku hilang atau dicuri?

Kamu dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan Halo BCA di 1500888 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila kamu ingin menggunakan Sakuku kembali, nasabah dengan no handphone yang sama dapat kembali download dan registrasi ulang Sakuku dengan data diri yang sama sebelumnya.

Apakah kamu akan kehilangan uang di Sakuku jika SIM Card/handphone-mu hilang atau dicuri?

Tidak, uang nasabah aman di Sakuku, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Sakuku nasabah.

Bagaimana melakukan upgrade akun Sakuku menjadi Sakuku Plus?

  • Untuk pengguna Sakuku yang juga memiliki rekening BCA dan aktif menggunakan m-BCA, maka proses upgrade menjadi Sakuku Plus akan ditawarkan secara otomatis oleh sistem pada saat registrasi Sakuku pertama kali telah selesai dilakukan atau melalui menu “Pengaturan” kemudian pilih “Aktivasi Sakuku Plus” di aplikasi Sakuku.
  • Pengguna dapat datang kecabang BCA terdekat untuk melakukan upgrade Sakuku Plus dengan mengisi Formulir Upgrade Sakuku Plus dan melampirkan identitas kepemilikan (KTP/Paspor/KITAS).

Bagaimana caranya jika belum mempunyai Rekening di BCA, namun ingin menggunakan fitur Sakuku Plus?

Kamu dapat datang ke Kantor Cabang BCA terdekat.

Apakah saldo akan hilang, jika melakukan aktivasi Sakuku Plus?

Tidak, saldo Sakuku akan tetap aman dan tersimpan.

Apakah data diri akan berubah, jika melakukan aktivasi Sakuku menjadi Sakuku Plus?

Setelah aktivasi Sakuku Plus, nama & tanggal lahir akan disesuaikan pada data dan Rekening BCA kamu, dan tidak dapat diubah melalui aplikasi Sakuku.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup akun Sakuku?

Pengguna dapat menghubungi Halo BCA di 1500888. Halo BCA akan melakukan verifikasi data diri pengguna sesuai prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening BCA untuk pengembalian sisa saldo Sakuku. Apabila verifikasi sesuai, Halo BCA akan memproses penutupan Sakuku.

Untuk Sakuku Plus, pengembalian sisa saldo Sakuku dapat dilakukan hanya ke rekening BCA dengan nama yang sama dengan pemilik Sakuku atau pengguna dapat melakukan Tarik tunai terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan.

Bagaimana cara untuk claim/refund dana terhadap akun Sakuku yang telah dilakukan penutupan?

Pengguna dapat menghubungi Halo BCA dan melakukan proses refund dana apabila berhasil membuktikan bahwa pengguna yang bersangkutan adalah nasabah Sakuku yang benar, serta menginformasikan nomor rekening tujuan pengembalian dana.

Bagaimana jika akun Sakuku sudah dilakukan penutupan, namun ingin menggunakan Sakuku kembali?

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sakuku dan melakukan registrasi Sakuku dengan menginput data diri yang diperlukan kembali dengan masa tunggu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal registrasi terakhir.

Dapatkan Layanan

Download Sakuku
Download untuk akses produk atau layanan ini secara langsung di handphone
Download Sekarang
API BCA
Satu Kemudahan untuk Kembangkan Bisnismu.
Selengkapnya

Fasilitas Sakuku

img logo

Download sakuku