Jakarta, 26 September 2024 – BCA UMKM Fest 2024 resmi ditutup pada Kamis (12/9) setelah digelar secara offline pada 7–11 Agustus 2024, dan online pada 12 Agustus–12 September 2024. Pada tahun keempat perhelatannya, nilai dan frekuensi transaksi UMKM Fest 2024 tumbuh seiring positifnya respons masyarakat terhadap produk-produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Kesuksesan acara ini menjadi bukti nyata tingginya komitmen BCA dalam mendukung pertumbuhan UMKM sebagai salah satu pilar penting perekonomian Indonesia.
Dari pelaksanaan offline selama 5 hari di Kota Kasablanka, Jakarta, BCA mencatat total nilai penjualan pada UMKM Fest 2024 sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24% secara tahunan, dengan jumlah transaksi sebanyak 18.841, tumbuh 39% dibanding tahun lalu. Perhelatan UMKM Fest online mencatat nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.
EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, "Antusiasme pengunjung yang luar biasa di BCA UMKM Fest 2024, ditambah dengan berbagai promo dari BCA, mendorong jumlah transaksi yang melampaui ekspektasi. Capaian ini adalah bukti nyata kuatnya daya tarik produk lokal, dan besarnya potensi pelaku UMKM untuk bersaing di pasar. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan UMKM patut kita jaga dan menjadi pendorong untuk terus berkembang."
Ada tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung UMKM Fest 2024, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Dari event offline, QRIS menjadi pilihan utama metode pembayaran yang digunakan pengunjung, frekuensi penggunaannya mencapai 62% dari total transaksi.
Secara keseluruhan, BCA UMKM Fest 2024 diramaikan 1.753 tenant yang merupakan pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal. Acara ini juga diselenggarakan di 49 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah. BCA juga secara khusus menghadirkan booth Bakti BCA yang menjajakan berbagai produk karya desa-desa binaan perseroan di berbagai daerah.
Dalam pelaksanaan BCA UMKM Fest 2024 online, BCA menggandeng Grab Indonesia untuk mempromosikan produk kuliner, dan Blibli.com sebagai mitra penjual produk fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk semakin memperluas pasar pelaku UMKM, dan mendorong mereka agar lebih memanfaatkan teknologi serta meningkatkan visibilitas produk.
BCA UMKM Fest merupakan satu dari sekian program perseroan dalam mendukung pengembangan UMKM. Hingga Juni 2024, BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor UMKM sebesar Rp121 triliun, dengan pertumbuhan mencapai 10,3% yoy. BCA percaya dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing, sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
“Kami berterima kasih atas respons positif yang diberikan oleh para pelaku UMKM dan pengunjung. BCA UMKM Fest 2024 menjadi bukti nyata dukungan BCA terhadap pengembangan UMKM, memberikan platform bagi para pelaku usaha untuk memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing. Kami berharap, inisiatif ini dapat menjadi dorongan bagi UMKM untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya.” tutup Hera.
Keterangan Foto 1:
BCA UMKM Fest 2024 Jadi Wadah Bagi 1.753 UMKM Lokal Perluas Pasar - Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kedua dari kanan) bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (keempat dari kiri), Direktur BCA John Kosasih (kedua dari kiri), EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya (ketiga dari kanan), dan SVP Marketing Communication BCA Norisa Saifudin (ketiga dari kiri) berkunjung ke salah satu booth di acara BCA UMKM Fest 2024, Rabu (7/8). BCA UMKM Fest 2024 yang dilaksanakan secara hybrid diramaikan 1.753 tenant pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal.
Keterangan Foto 2:
Selesai Digelar, BCA UMKM Fest 2024 Sukses Raih Kenaikan Transaksi hingga 39% YoY - BCA UMKM Fest 2024 resmi ditutup setelah digelar secara offline selama 5 hari pada 7–11 Agustus 2024, dan online pada 12 Agustus–12 September 2024. BCA UMKM Fest 2024 secara offline berhasil mencatatkan total nilai penjualan sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24% secara tahunan, dengan jumlah transaksi sebanyak 18.841, tumbuh 39% dibanding tahun lalu. Sedangkan, secara online meraih nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.
*****
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2024)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Per akhir Juni 2024, BCA melayani lebih dari 37 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 95 juta transaksi setiap hari, didukung 1.259 kantor cabang, 19.163 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id